November 27, 2016

Ikan Sepat Biru Hias? Ini Dia Cara Budidaya dan Merawatnya

Ikan Sepat Biru Hias Infoikan.com Suka memelihara dan mengoleksi ikan sepat? Atau ingin budidaya ikan sepat sebagai usaha ikan hias? Ikan sepat merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Dahulu ikan ini hanya dijadikan sebagai jenis ikan konsumsi oleh penduduk setempat. Tapi kini sudah bisa sobat jadikan sebagai koleksi dalam aquarium.

Jenis ikan sepat sendiri sangat banyak dan beragam, salah satu yang membedakan antara ikan sepat siam dan ikan sepat biru hias adalah pada bagian warnanya saja. Untuk sepat biru hanya memiliki warna biru saja, dan dapat tumbuh besar hingga 12 cm. 

Pada umumnya memelihara dan merawat ikan sepat ini sangatlah mudah. Pasalnya bisa mencari pakan sendiri, contohnya lumut yang ada dalam aquarium. Akan tetapi pakan pellet juga bisa d kasih untuk menjaga kesehatannya. Jika sobat ingin membudidayakan ikan sepat biru hias ini, berikut langkah-langkahnya. 
Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Sepat Hias Serta Mudahnya Dicampur dengan Ikan Lainnya

Ikan Sepat Biru Hias

Budidaya Ikan Sepat Biru-Memilih Indukan

Membedakan indukan jantan dan betina ikan sepat biru dapat sobat lakukan dengan cara melihat pada warnanya. Indukan jantan akan memiliki warna lebih terang, mempunyai bentuk tubuh yang ramping, serta relatif lebih panjang dan tinggi. untuk indukan sepat betina biasanya memiliki bentuk perut yang lebih gemuk dan berwarna kusam. 

Syarat utama memilih indukan ini setidaknya sudah berumur 7 bulanan dan keadaan sehat. Sebelum pemijahan dilakukan, usahakan untuk memisahkan dengan dikasih pakan jentik nyamuk. Hal ini untuk menjaga fitur tubuh agar sehat selalu.

Ikan Sepat Hias


Tempat Pemijahan
Ikan sepat biru hias jika sebelum hari hanya, akan disediakan aquarium yang ukaran panjangnya sekitar 60 cm dan lebar 30 cm, serta tinggi 35 cm. 
  • Pilihlah air ledeng yang bersih
  • Endapkan dulu selama kurang lebih 24 jam sebelum digunakan.
  • Lengkapi aquarium tersebut dengan eceng gondok yang berakar rimbun untuk bercumbunya ikan sepat hias ini.
  • Sediakan aerasi dengan tekanan rendah, hal ini untuk menyuplay oksigen dalam air.

Budidaya Ikan sepat Biru Hias-proses Pemijahan

Sobat bisa memasukkan kedua ikan sepat ini pada waktu pag hari. Tanda jika keduanya cocok, maka indukan betina akan membuat sarang busa di dalam aquarium, dan sang janta akan mengajak bercumbu di dalam busa tersebut.

Jika keduanya dirasa sudah berkumpul saling mengadu kasih, indukan betina akan mengeluarkan telur dan segera mungkin sang jantan akan membuahi dengan sepermanya. Kemudian indukan jantan tersebut akan memindahkan telur tadi pada sarang busa yang telah dibuatnya. 

Seperti pada ikan hias lainnya, sobat harus memindahkan indukan betina pada tempat yang berbeda. Hal ini untuk mengantisipasi telur tersebut dapat dimakan indukan betina. sedangkan sang jantan biarkan saja, dia yang bertanggung jawab untuk menjaga semua telur-telur tadi. 

Cara Merawat Ikan sepat Biru Hias

Biasanya dalam waktu 24 jam telur tersebut akan menetas, pada masa sekitar 3 harian sobat tidak perlu memberi makan anakan ini. Pada hari k3 4, dapat sediakan pakan infusoria, sedangkan jika sudah tumbuh 10 hari, sobat bisa menyediakan pakan kutu air yang bersih. 

Pada saat seperti inilah sobat bisa mengganti air aquarium, yaitu dengan cara hanya 20% saja yang dibuang. Dengan cara menyifon menggunakan selang kecil. Biasanya air pada dasar aquarium yang lebih banyak dibuang, karena kotoran sisa makanan pellet atdi.

Ikan Sepat Hias


Masa Pendederan Ikan Sepat Biru Hias
Dalam hal ini biasanya para pembudidaya menyediakan tempat berupa kolam agak besar, tergantung jumlah ikan sepat juga sih. Yaitu ukuran panjangnya  200 cm lebar 200 cm, dan tingginya hanya 40 cm saja. dan dapat sobat isi air setinggi 30 cm saja. 

Ikan sepat biru hias dalam kolam biasanya diberi pakan berupa kutu air sampai benih ini mencapai umur 1 bulanan. Pakan selanjutnya bisa sobat sediakan berupa cacing sutera agar pertumbuhannya bisa terlihat cepat. Setiap 1 minggu sekali, usahakan sebanyak 30% air kolam pada bagian yang dalam dapat di buang dan diganti dengan yang jernih. hal ini untuk menjaga kesehatan serta pertumbuhan ikan sepat. 

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang ikan sepat biru hias ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang budidaya dan merawatnya berikut.

 Baca juga: 
- Ini Dia 40 Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya