November 27, 2016

Ikan Sepat Siam? Ini Dia Klasifikasi dan Ciri Morfologinya

Klasifikasi Morfologi Ikan sepat Siam Infoikan.com hoby mencari ikan sepat buat konsumsi? atau ingin mengenal ikan sepat sebagai koleksi? ikan sepat masih termasuk jenis ikan air tawar yang mudah dipelihara. Nama lain dari ikan sepat ini adalah ikan rawa dan termasuk dari genus Trichogaster dengan famili osphronemidae yaitu ( ikan gurami ). Siamese gouram merupakan sebutan dalam bahasa inggrisnya, sedangkan snake – skin gourami sebutan thalaind.

Jika sobat pernah menjumpainya baik itu di danau, sungai-sungai, parit, dan rawa-rawa, pasti mudah sekali mengetahui klasifikasi ikan sepat siam ini. Para penghoby ikan hias yang berhasil menemukan dan mengukurnya dengan penggaris mengatakan kalau panjang rata-rata ikan sepat ini sekitar 20-25 cm bisa lebih. Memiliki bentuk mulut runcing, dan badan berbentuk pipih. Berikut merupakan klasifikasi morfologi ikan sepat siam:
Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Sepat Hias Serta Mudahnya Dicampur dengan Ikan Lainnya

Ikan Sepat Siam
 

Klasifikasi dan Ciri Morfologi Ikan Sepat Siam

Berdasarkan analisa dan pengelompokan spesies di habitat aslinya dimana ikan ini berkumpul.
Kingdom   : Animalia
Filum         : Chordata
Kelas        : Actinopterygii
Ordo         : Perciformes
Famili       : Osphronemidae
Genus     : Trichogaster
Spesies   : Trichogaster pectoralis 


Baca juga: Ikan Sepat Biru Hias? Ini Dia Cara Budidaya dan Merawatnya

Ikan Sepat Siam

Ciri Morfologi Ikan sepat Siam

Sobat dapat mengetahui ikan sepat ini dengan tanda memiliki ukuran sedang, yaitu panjang sekitar 20 - 25 cm bahkan bisa lebih dan itu tergantung varietesnya, badan berbentuk melebar dan pipih, pada bagian mulut lebih meruncing. 

Pada bagian sirip punggung, sirip pada bagian ekor, dan sirip pada bagian dubur untuk ikan sepat dewasa mempunyai warna gelap. Pada perutnya terdapat alat peraba seperti sirip bentuknya dapat menyerupai cabuk atau pecut, ukurannya memanjang sampai ekor, pada umumnya di hiasi dengan sepasang duri, serta terdapat 2-3 jumbai yang memiliki ukuran lebih pendek.

Ikan Sepat Rawa, sepat Siam
Sepat Rawa
 
Untuk klasifikasi ikan sepat siam liar, pada umumnya berwarna hitam kusam sampai kehijauan pada seluruh tubuhnya. Dan pada bagian tubuh yang belakang terdapat pula bintik-bintik belang miring sejalur dengan bintik-bintik hitam. Jika di lihat dari belakang mata sampai di kepangkal ekornya, terdapat juga pada bagian yang lain berwarna terang.

Banyak sekali ikan sepat ini ditemukan daerah Asia Tenggara pada sungai mekong, laos, Thailand, Vetnam, dan khususnya Indonesia. Yang lebih banyak biasanya terdapat di rawa-rawa, sungai, parit, dan danau yang di tumbuhi dengan jenis tanaman air.

Demikian sobat sedikit berbagi tentang klasifikasi ikan sepat siam ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan kita wawasan serta pengetahuan untuk pemeleiharaan pada jenjang berikutnya.

Baca juga: 
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara