December 3, 2016

Ciri-Ciri Morfologi Ikan Mas Terlengkap

Ciri-Ciri Ikan Mas InfoIkan.com Pengen membeli ikan mas, namun kurang tau kualitas yang bagus? atau mengoleksi ikan mas indukan untuk di budidayakan? Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang mampu mengecoh yang melihatnya. Selain memiliki khasiat yang bagus buat dikonsumsi, juga menambah keindahan halaman rumah dengan meletakkannya sebagai ikan hias. 
  
Sobat seorang pemula yang kurang tau akan ciri-ciri ikan mas? masih takut keliru dan tak se-selera kehendak hati? Untuk ksempatan kali ini, info ikan akan menjelaskan berdasarkan penelitian dan pengambilan gambar bagaimana menghasilkan ikan mas yang bagus dan berkualitas. Berikut beberapa ciri-ciri ikan mas yang harus sobat tau:
Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi Terlengkap Beserta Gambarnya

ciri-ciri ikan mas


Ciri Morfologi Ikan Mas  

Pada umumnya ikan mas memiliki bentu tubuh panjang dan pipih tegak (comprossed) Mulutnya terletak di bagian tengah ujung kepala (terminal) dan dapat disembulkan (protaktil). Terdapat dua pasang sungut di bagian anterior mulut . Terdapat gigi kerongkongan (pharyngeal teeth) yang terbentuk atas tiga baris gigi geraham Di ujung dalam mulut.
 
Ciri-ciri ikan mas


Berdasarkan Ciri Klasifikasinya:
 
1. Bernapas menggunakan insang
2. Sisik nya berwarna merah keemasan
3. Gerakan nya gesit
4. Badannya gendut
 

Ciri-Ciri Anatomi Ikan Mas Secara Umum

Ciri-ciri ikan mas secara umum memiliki sisik yang tebal serta membentuk lingkaran (sikloid), sekaligus terlihat berbentuk membulat yang menutupi seluruh tubuhnya, dan sidikit sekali yang mempunyai sisik sedikit. 
Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi Terlengkap Beserta Gambarnya


Ciri-ciri ikan mas


  • Sirip punggungnya (dorsal) memanjang dengan bagian belakang berjari keras, sedangkan di bagian akhir (sirip ketiga dan keempat) seperti bergerigi. 
  • Letak sirip punggung berseberangan dengan permukaan sisip perut (ventral).
  • Sirip duburnya (anal) mempunyai ciri seperti sirip punggung, yaitu berjari keras dan bagian akhirnya bergerigi.  
  • Garis rusuknya yang berada di pertengahan tubuhnya (linea lateralis atau gurat sisi) tergolong lengkap, bentuk melintang dari tutup insang sampai ke ujung belakang pangkal ekor.
Demikian sobat sedikit ulasan tentang ciri-ciri ikan mas terlengkap ini, semoga beramnfaat dan menambahkan wawasan seta pengetahuan kita pada jenjang pembelian berikutnya dengan bibit indukan berkualitas. 

Baca juga:  
- Jenis Ikan Mas Terlengkap Beserta Gambarnya
- Jenis Ikan Mas Koki Terbaik dan Terbesar serta Termahal
- BUDIDAYA IKAN MAS Secara Lengkap Beserta Gambarnya