November 30, 2016

Ikan Arwana? Ini Dia Arwana Silver Sebagai Pilihan Alternatif Untuk Dipelihara

Merawat Arwana Silver Infoikan.com Sudah memelihara ikan arwana dalam aquarium? Atau ingin mencari jenis ikan arwana yang bagus dengan harga terjangkau? ikan arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Salah satu ikan arwana yang sedang populer saat ini adalah arwana golden red. 

Melihat harga arwana super red yang lumayan mahal, menjadikan para pemula mengalihkan pandangannya untuk merawat arwana silver. Meskipun dari sisi keindahan warna masih cantik arwana golden red, namun arwana silver tak kalah jauh unik dan indahnya jika dalam aquarium terdapat semua pelengkap. Beikut cara merawat arwana silver yang super mengagumkan:

Belum memiliki dana untuk memelihara arwana golden red? Jangan khawatir, sobat masih tetap bisa memelihara ikan arwana dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu ikan Arwana Silver.

Baca juga: Mengenal Arwana Brazil Silver (Osteoglossum bicirrhosussum) yang Cantik dan unik

Arwana Silver



Perkenalan Arwana Silver

Ikan arwana silver merupakan sebagai pilihan alternatif untuk dipelihara bagi sobat yang minim akan modal, sekaligus harganya yang terjangkau dan selalu tersedia dipasaran. Dari sinilah banyak sekali ditemukan arwana silver di berbagai tempat. Karena yang lebih mempertimbangkan dari segi dana.

Karena arwana silver juga memiliki pesona yang tidak kalah dengan yang lain. Oleh sebsb itu Ikan arwana jenis silver juga termasuk ikan yang tidak dapat dibandingkan dengan jenis arwana lainnya,

Arwana silver berasal dari amerika selatan dan menghuni daerah diwilayah sungai amazon. Osteoglossum bicirrhosum adalah status yang pertamakali diberikan pada tahun 1829 di francis oleh seorang ahli ilmu hewan George cuvier. 
Baca juga: Ini Dia Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik Serta Termahal Harganya


Arwana Silver


Cara merawat arwana silver cukup mudah. Dilihat dari penyebarannya ikan arwana silver tidak menyebar melalui air dengan arus yang deras. Ikan tersebut menghuni rawa dan perairan dangkal yang tergenangi oleh air.  Sebagai penghuni permukaan, makanan arwana silver di alam liar mengkonsumsi ikan, serangga, laba-laba, burung, dan bahkan kelelawar.
 

Ciri Fisik Ikan Arwana Silver

Ikan jenis ini termasuk ikan primitif dan ikan prasejarah. Seperti ikan arwana Asia lainnya, ciri fisik yang paling menonjol adalah pada bagian sungutnya.  Selain sungut mereka, juga pada bagian dagunya ikan arwana silver memiliki karakteristik yang sama dengan arwana asia lainnya .

Sirip belakang ikan arwana silver hampir terhubung dengan sirip ekor mereka. Mereka memiliki penampilan meruncing lebih memanjang dari sepupu mereka di Asia, dan sirip mereka jauh lebih panjang.

Arwna silver jantan memiliki rahang yang lebih memanjang dibandingkan dengan arwana betina. Sedangkan bentuk tubuhnya, rwana slver betina cenderung memiliki bentuk yang lebih dalam dibandingkan yang jantan.

Arwana Silver
 


Morfilogi Ikan Arwana Silver
 
Meskipun mereka dapat tumbuh sampai 36 inci. Dalam penangkaran, pada umumnya besar tubuhnya kisaran antara 24 - 30 inci. Sedangkan untuk di alam liar, arwana silver dapat tumbuh sebesar 4 kaki .

Memang untuk warna ikan arwana silver terlihat seperti hanya satu jenis saja yaitu "silver", akan tetapi jika sobat mau memperhatikan dengan seksama, pasti akan menemukan beragam warna. Tak hanya itu, penghoby ikan arwana malah ada yang membuat warna baru yaitu dengan cara diet makanan pada arwana ini.  
Baca juga: Cara yang Benar Merawat Serta Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium

Arwana Silver


Banyak sekali yang sudah merawat arwana silver ini dengan beragam jenis warna seperti keperakan, abu-abu terang, atau warna putih yang mencolok. Atau akan terlihat metalik dengan kemilaunya, atau juga dengan warna yang monoton.

Sirip dan ekor arwana silver bisa merah atau biru sepanjang tepi atau secara keseluruhan. Ada juga arwana silver dengan bintik biru, merah, atau hijau dalam skala opalescent pada tubuhnya. Kebanyakan memiliki warna biru khas di belakang insang. 

Arwana Silver


Merawat arwana Silver denga Mengetahui Sifat Ikan Arwana

Ikan arwana sendiri masih dalam jenis ikan predator, baik itu jenis silver, maupun golden red, dan lainnya, masih memiliki sifat yang sama. Seringkita jumpai kalau arwana ini ditempatkan tersendiri dengan kelompoknya, dan jarang sekali disatukan dalam satu aquarium dengan jenis ikan hias kecil. 

Mengapa demikian? Ikan arwana akan mengkonsumsi segala makanan yang muat di mulutnya, jadi jangan ada ikan lain yang kira-kira akan bisa dilahapnya menjadi satu dalam akuarium, kecuali untuk pakan saja.

Agar ikan arwana dapat berengan dengan bebas, kesamping kebawah dan ke atas permukaan, a sobat bisa menyediakan wadah aquarium yang ukurannya 3/4 dari ukuran tubuhnya. Hal ini sangat cocok dengan gaya berenang si ikan arwana ini. Banyak hobiis yang mengatakan ikan arwana silver sedikit lebih aktif dibandingkan ikan arwana jenis lainnya, selain itu juga ikan arwana silver lebih mudah dijinakan.

Kelebihan lain dari ikan ini yaitu, arwana silver dapat dilatih untuk mengambil makanan langsung dari tangan kita, tanpa merasa takut, sedangkan arwana jenis lain tidak mudah.

Arwana Silver


Merawat Arwana Silver

Untuk merawat arwana silver, hal utama yang harus diperhatikan yaitu masalah dengan airnya. Jika airnya tetap bersih, bisa dipastikan akan berumur panjang dan sehat. Ikan arwana silver dan arwana jenis lainnya memiliki kesamaan dalam hal habitat dan cara perawatannya. Ikan arwana memerlukan akuarium yang besar, serta makanan yang berkualitas.

Selalu memperhatikan kebersihan akuarium arwana dapat mencegah penyakit yang sering menyerangnya. Mata juling adalah hal yang paling sering diderita ikan arwana silver, tapi mata juling pada ikan arwana dapat di obati, berikut adalah cara mengobati mata juling pada ikan arwana dan pencegahannya.

Salah satu yang harus kita pertimbangkan ketika akan membeli ikan arwana jika dari tangkapan liar jangan dibeli, agar keberlangsungan hidupnya tidak terancam di alam liar.

Arwana Silver


Hal ini dilakukan supaya ikan arwana silver tetap terjaga di alam liar, dan menjaga agar harganya tidak melambung seperti harga ikan arwana super red ataupun golden red. Akhir kata, selamat memelihara arwana silver dan dirawat baik-baik ya ikannya.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang merawat arwana silver ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada pemeliharaan jenjang berikutnya.
Baca juga:  
- Ini Dia Tips Termudah Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina