November 30, 2016

Mengenal Arwana Brazil Silver (Osteoglossum bicirrhosussum) yang Cantik dan unik

Mengenal Arwana Brazil Silver (Osteoglossum bicirrhosussum) Infoikan.com Sudah menemukan ikan arwana kusakaan anda? Atau masih ingin mengetahui lebih detai ikan arwana? ikan arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Ikan arwana disebut juga ikan naga karena ukuran badan dan sisik ikan yang tersebar di Guyana dan sekitar Amazona, Amerika Selatan, ini sangat besar. 

Pada kesempatan kali ini kita akan menguraikan dan mengenal arwana brazil silver yang umum dipanggil "ikan naga". Sangat cocok sekali dirawat dengan perlengkapan aquarium yang komplet serta dengan pemeliharaan yang maksimal. Berikut jika sobat ingin lebih mengenal arwana brazil silver secara detail:  Baca juga: Ini Dia Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik Serta Termahal Harganya


mengenal arwana brazil silver



Cara Merawat Arwana Brazil Silver dalam Aquarium

Jika dipelihara di akuarium, ukurantubuhnya hanya sekitar 60 cm. Secara alamiah, ukuran tubuh silver arwana mencapai 90 cm. Namun, jika sobat menginginkan agar tubuhnya dapat tumbuh besar, alangkah baiknya jika dipelihara dalam kolam saja.  

Baca juga: Ini Dia Tips Termudah Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina

Mengenal Arwana Brazil Silver


Morfologi Arwana Brazil Silver 

Baru mengenal arwana silver brazil? baca lanjut lagi..berdasarkan klasifikasi dan morfologi ikan arwana yang di survey ketika dalam masa kecil ketika baru keluar. 
  • Badan burayak silver arwana berwarna kehitaman, 
  • Sedangkan sirip ekor, punggung, dan anus berwarna kecokelatan. 
  • Pada matanya terdapat garis melintang vertikal. 
  • Sementara di belakang tutup insangnya terdapat bintik.  
  • Anal, warna badannya yang kehitaman akan berubah menjadi keperakan dan warna kehijauan yang samar. 
  • Garis melintang pada mata dan bintik di belakang tutup insang pun semakin terlihat jelas. 
  • Adapun sirip dada, sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor menjadi lebih bening dan pada akhirnya menjadi putih perak seperti warna tubuhnya. 
  • Sementara pada batas sirip dada terlihat adanya garis berwarna kuning emas.
 Selain memiliki bentuk tubuh memanjang, arwana brazil silver memiliki potongan tubuh melintang yang pipih ke samping. Ukuran tubuh bagian depan yang lebar diimbangi dengan bentuk badannya yang semakin meruncing ke arah belakang. Pada Bagian Sirip punggung dan anus arwana silver sangat panjang hingga setengah panjang badannya. Kedua ujung sirip tersebut meruncing sehingga sepintas terlihat menyatu dengan sirip ekor. Sebagaimana ciri arwana pada umumnya, arwana ini memiliki sepasang sungut yang memanjang dan menghadap ke depan.

Baca juga: Cara yang Benar Merawat Serta Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium

Ikan Arwana Silver Brazil


Perawatan Arwana Brazil Silver yang Baik

Mengenal arwana brazil selver berasal dari impor, maka berikut cara merawat ikan arwana yang baik. Pada umumnya arwana Silver menyukai air bersuhu antara 24—25o C dengan tingkat keasaman (pH) sedikit asam hingga sedang. Oleh sebab itu, hobiis perlu memperhatikan kondisi air di dalam akuarium agar tidak mengalami perubahan drastis yang menyebabkan arwana menjadi stres.

Bisa saja ketika masih kecil sobat dapat mencampurkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Namun ketika menjelang tumbuh besar besar, sobat bisa mengambil dan menaruhnya pada wadah tersendiri yang lebih besar lagi. Mengapa demikian? Tak lain jika masih tetep dalam satu wadah dengan ikan hias lainnya yang berukuran kecil, maka bisa dipastikan jenis ikan kecil-kecil tadi akan di mangsanya. Untuk mencapai ukuran dewasa, jenis ini membutuhkan waktu sekitar dua setengah tahun.

Perbedaan ikan arwana silver jantan dan betina hanya terlihat pada ukuran sirip dadnya saja. Sirip dada pada jantan lebih panjang bila dibandingkan dengan sirip dada pada betina. Untuk bagian ekor, silver jantan memiliki warna kehitaman, sedangkan sang betina mempunyai warna merah terang. 

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang mengenal arwana brazil silver ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita akan pemeliharaan pada jenjang berikutnya.

Baca juga:
Harga Ikan Arwana Irian (Arwana Jardini) Sekarang Ini dan Cara Merawatnya