January 20, 2017

Ikan Fasciata (Giant Gourami) Ikan Hias Terbesar dari Kelompoknya

Budidaya Ikan Fasciata (Giant Gourami) Infoikan.com Ikan hias gurami ini merupakan salah satu jenis ikan hias terbesar dari kelompoknya. Ikan yang memliki nama seperti ikan gurami ini ternyata memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar. Bagi sobat yang memiliki atau menemukan ikan hias ini, berikut cara budidaya ikan hias faskiata:

Gambar Giant Gourami
The Online Zoo


Klasifikasi dan Sistematika Ikan Fasciata (Giant Gourami)
Ordo              : Percomorphoidei
Sub-ordo       : Anabantoidei
Famili             : Anabantidae
Gebus            : Colisa
Spesies          : Colisa fasciata (Bloch & Schneider)
Asal                 : India (Pantai Coromandel, Assam)
Nama Inggris  : Giant Gourami


osphronemus gouramy
Fish pictures


Ciri-Ciri Ikan Fasciata (Giant Gourami)
Dari sekian jenis gurami yang digolongkan ikan hias, gurami yang satu inilah yang paling besar yang panjangnya mencapai 12 cm. Sertamerta langsung dijuluki giant gourami alias gurami raksasa. Kendati dijuluki raksasa, dari segi ukuran tubuh ia masih jauh dibawah gurami "sungguhan" (Osphronemus goramy) yang biasa dibuat sambal goreng untuk lauk.

harga ikan gurame hias
Tropical Fish Keeping


Sifat-Sifat Ikan Fasciata (Giant Gourami)
Di alam aslinya, gurami raksasa ini ditemukan di perairan yang tergenng. Tak heran dipelihara di akuarium tanpa aerasi pun ia bisa bertahan lama. Ikan hias ini mempunyai sifat pendamai hidup rukun dengan jenis ikan hias lainnya.

Di kalangan pembudidaya ikan hias, gurami berselempang (faskiata) terkenal amat mudah dilipatgandakan. Pasalnya, lingkungan yang dikehendakinya gampang disiapkan termasuk suhu dan airnya.

gurami
Big Fishes of the World


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Fasciata (Giant Gourami)  

Gurami faskiata lazimnya dipijahkan dalam akuarium ukuran 60 x 30 cm, dengan ketinggian 30 cm. Sediakan air juga bisa berasal dari sumur yang diendapkan dulu selama 24 jam. Tinggi air dalam akuarium pemijahan antara 20 - 25 cm dengan suhu antara 26 - 27 derajat C. Namun mampu bertahan hidup juga dengan kondisi air kisaran 21 - 30 derajat C. 

Memilih Indukan Budidaya Ikan Faskiata (Giant Gourami)
Untuk budidaya ikan hias faskiata ini sobat dapat membedakan jenis kelamin dari segi sirip dan warna badannya. 

Induk jantan fakiata mempunyai sirip punggung yang relatif panjang dengan warna badan yang lebih cerah.

Sedangkan indukan betina memiliki sirip punggung pendek berbentuk bulat dengan warna badan yang kurang cerah.

Panjang total ikan ini 12,5 cm, tetapi sudah dapat dikawinkan pada ukuran 7,5 cm. Induk matang kelamin ditandai dari perubahan warna yang lebih cerah dari biasanya untuk jantan, dan perut yang membuncit untuk betina.

ikan sepat
Tennessee Aquarium


Pemijahan Budidaya Ikan Fasciata (Giant Gourami)
Untuk pemijahan ikan hias faskiata sama dengan cara memijahkan jenis ikan hias lainnya, seperti cara budidaya ikan cupang dan budidaya ikan hias ekor sikat. Baca saja keterangan yang ada, karena hasilnya tak jauh beda kok. 

Pebesaran Budidaya Ikan Fasciata (Giant Gourami)
Bagaimana setelah budidaya ikan faskita ini langsung dapat besar? caranya cukup mudah yaitu dengan melihat cara merawat ikan hias cupang dan gurami labiosa.

Demikian sobat sedikit berbagi tentang budidaya ikan fasciata (giant gourami) ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias lainnya.

Baca juga:
-Budidaya Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish) yang Unik dan Cantik
-Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish) dan Cara Budidayanya
- Langkah-Langkah Budidaya Ikan Discus untuk Usaha dan Binis Ikan Hias