January 20, 2017

Budidaya Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish) yang Unik dan Cantik

Budidaya Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish) Infoikan.com Cara budidaya ikan guppy ini sangatlah mudah, siapapun dapat melakukannya yang khususnya bagi pemula. Jenis ikan guppy atau gapi ini merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara, ikan seribu ini ternyata sangat mudah untuk dirawat baik dalam bak maupun akuarium dari harga termurah samapi harga ikan guppy termahal.

jenis ikan guppy lokal


Klasifikasi dan Sistematika Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish)
Ordo              : Cyprinodonoidei
Sub-ordo         : Poecilioidei
Famili             : Poecilidae
Gebus            : Poecilia
Spesies          : Poecilia reticulata Peters/Lebister reticulatis (Peters)
Asal                 : Venezuela, Trinidad, dan Barbados
Nama Inggris  : Guppy, Millions Fish
Nama Lain      : Ikan seribu, luput dan telur siput


ikan guppy termahal


Ciri-Ciri Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish)
Sulit untuk menyebutkan ciri-ciri gapi yang tepat. Bukan karena ikan ini kurang terkenal, namun jenis ikan gapi/guppy sangat banyak dan sering dikembangkan para pembudidaya setiap tahunnya.

jenis ikan guppy import


Ciri dasar ikan gapi ini mempunayi warna dasar kecoklatan, dengan variasi warna sisik disamping badannya serupa pelangi.

Kalau ikan gapi dikatakan identik dengan seribu, bukan berarti ikan seribu yang jumlahnya jutaan diperairan umum itu yang dikembangkan sebagai ikan hias. Ada perbedaan yang tegas antara ikan liar dengan ikan budidaya.

Sepintas lalu ikan gapi mirip burung merak yang memiliki ekor yang memukau. Tanpa sirip ekornya, gapi tidak berarti apa-apa. Karena sirip ekor ini jugalah, maka bentuk badan sebelah depannya yang sebenarnya biasa-biasa saja itu terlihat sangat unik.

Ikan gapi ini dapat tumbuh besar mencapai panjang 7 cm untuk ikan betina, dan 3,75 bagi ikan jantan. Namun ada juga yang menyebutkannya panjang hanya 6 cm, dan panjang pejantan 3,5 cm.

harga ikan guppy per ekor


Sifat-Sifat Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish)
Jika sobat pemula ingin budidaya ikan gapi (guppy) ini harus mengetahui dulu sifatnya, yaitu salah satu ikan hias yang mempunyai warna beragam dan berjumlah sangat banyak.

makanan ikan guppy


Ikan gapi merupakan salah satu diantara sekian banyak ikan hias beranak yang sudah lama menjadi favorit para pembudidaya ikan hias. demikian juga dikalangan penggemar akuarium dan ikan hias, ikan guppy ini mendapat lahan tersendiri.

Jika dipelihara dalam akuarium, harus disertai juga dengan jenis tanaman air, agar terlihat alami dan menjadikan ikan mampu bertahan lama dan tidak gampang mati. 

Di alam aslinya ikan ini dapat hidup di dua jenis perairan yang berbeda, air payau dan air tawar. Menyukai tempat yang berair tenang dan kolam-kolam. Karena sifatnya yang gampangan mudah dipelihara, tidak perlu perlakuan khusus serta mudahnya berkengbiak.

ikan guppy murah


Cara membedakan induk jantan dan betina ikan gapi atau guppy:
Ikan jantan lebih menarik dibandingkan ikan betina, sehingga dipasarn lebih banyak dicari. 

ikan guppy jantan dan betina


Ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan air yang mendadak, terutama fluktuasi suhu yang tinggi. Jika toh harus berubah lingkungan hidupnya, atau sengaja mau dirubah, sebaiknya diupayakan secara bertahap dan hati-hati.

Makanan ikan gapi atau guppy sangat mudah, karena ikan hias ini mau menerima semua jenis makanan, baik buatan maupun alami. Usahakan tambahkan sayur segar untuk menambah nutrisi dan pertumbuhannya.

Dikalangan pembudidaya maupun penjual ikan hias, biasanya ikan ini diberi cuk (jentik-jentik) nyamuk, cacing maupun kutu air. tentunya dengan harapan pertumbuhannya akan pesat, seperti kita ketahui bahwa jenis makanan hidup kaya akan kandungan zatnya.

Ikan gapi atau guppy ini termasuk jenis ikan hias yang sangat mudah dikawinkan. Bukan cerita burung jika dikatakan, pemula pun pun dapat memijahkan. Namun untuk mendapatkan keturunan yang baik dan bagus, warna maupun bentuk siripnya, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Selain pengalaman yang cukup, juga harus diketahui betul induknya.

cara budidaya ikan guppy


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish)

Faktor utama keberhasilan budidaya ikan gapi (guppy, millions fish) ini adalah tepat memilih induknya. 

budidaya ikan guppy menggunakan ember


Untuk membedakan indukan jantan sobat dapat mengetahuinya melalui melihat perbedaan bentuk  dan warna sirip ekor. Induk jantan mempunyai warna yang kontras, dengan sirip ekor yang sangat indah dan berbentuk ikan. 

Ikan betina mempunyai badan yang warnanya biasa-biasa saja dengan warna sirip ekor biasa saja. Selain itu itu induk jantan mempunyai gonopodium yang berbentuk menonjol, terletak dibelakang sirip perut, sedangkan induk betina gapi tidak ad, hanya berbentuk sirip yang lebar.

Indukan jantan ikan guppy sudah bisa dipijahkan pada ukuran 3,5 - 4 cm, sedangkan ikan betina jika sudah mencapai 4 - 5 cm. Umur induk, baik jantan maupun betina yang matang kelamin biasanya sekitar 3 bulan.

Dibandingkan ikan betina, ikan jantan lebih banyak diminati karena mempunyai warna yang indah dan bentuk siripnya yang lebar seperti kipas. 

Induk yang dipilih dapat dirawat dengan bak atau akuarium dengan diberi makan cuk. Bisa juga dapat langsung ditaruh dalam bak pemijahan.

makanan ikan guppy biar cepat besar


Pemijahan Budidaya Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish)
Dalam melakukan budidaya ikan gapi/guppy wadah yang ideal berupa akuarium dengan air setinggi 30 - 35 cm, dengan mempergunakan air sumur yamg telah disendapkan 24 jam. Jangan lupa untuk membersihkan tempat pemijahan ini.

Ke dalam bak pemijahan diberi tanaman air yang telah dibersihkan, bisa eceng gondok yang berakar rimbun atau hydrilla dalam jumlah yang cukup banyak. 

cara budidaya ikan molly


Induk yang telah diseleksi dimasukkan dalam wadah pemijahan sebanyak 100 - 150 ekor induk betina, dengan induk jantan cukup 10 - 15 ekor. Jika pemijahan dilakukan dalam akuarium, maka bisa ditempatkan induk betina sebanyak 30 - 40 ekor, dengan induk jantan hanya 5 ekor saja. Pemasukan induk sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat suhu sedang rendah.

Seminggu setalah induk dimasukkan, biasanya anak-anak ikan gapi ini telah bermunculan di sela-sela akar atau tanaman air. Dengan menyibakkan sebagian akar atau tanaman yang mengahalangi , anakan ikan gapi diserok dengan seser halus.

Induk guppy atau gapi tetap dibiarkan dalam bak pemijahan, dengan tidak lupa memberi makan jentik nyamuk. Baca juga -Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit

Se-ekor ikan gapi mampu memberikan keturunan yang relatif sedikit, berkisar antara 30 - 60 ekor. Ikan ini dapat dikawinkan sepanjang tahun, dengan interval pemijahan 4 minggu.

ikan guppy melahirkan


Pembesaran Budidaya Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish)

ikan guppy termahal

Budidaya ikan gapi/guppy sangatlah mudah, apalagi merawat membesarkan burayak dan anakan guppy ini, bagi pemula hal ini bisa dilakukan.

Bak pembesaran berukuran 2 x 2 m dengan ketinggian bak 0,4 m. Bak diisi air bersih yang telah diendapkan sehari semalam, dengan ketinggian 30 - 40 cm. Ke dalam bak diberi tanaman air yang bersih. Bak pembesaran seluas 4 m persegi dapat dipakai untuk mendederkan benih guppy lepas induk sebanyak 2.000 ekor. 

Benih dimasukkan ke dalam bak pembesaran pada pagi hari. Caranya dengan merendamkan ember yang berisi benih ke dalam air bak, dan biarkan benih keluar dengan sendirinya.

Pada hari-hari pertama sebaiknya sebaiknya burayak ikan guppy diberi makan infusoria, kemudian kutu air yang disaring. Beberapa kemudian diberi makan cacing hidup. Cacing sutera yang hidup dapat terbukti dapat dijadikan makanan yang dapat memacu pertumbuhan benih gapi. Baca ini...Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol, Susu, dan Tanpa Starter

Penggantian air di bak pembesaran dapat dilakukan setelah kurang lebih seminggu, dengan tidak lupa menyisakan 1/3 bagian air lama.

Demikian sobat sedikit berbagi ulasan tentang budidaya ikan gapi (guppy, millions fish) ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.

Baca juga:
-Cara Membuat Kutu Air, Moina Sp, Waterfleas 100% Berhasil
-Budidaya Ikan Discus untuk Usaha dan Binis Ikan Hias
-Langkah-Langkah Budidaya Ikan Cupang (Talking Gourami) untuk Usaha dan Bisnis Ikan Hias