January 19, 2017

Manfaat Ikan Konsumsi untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Ikan Konsumsi untuk Kesehatan Tubuh Manusia Infoikan.com Ikan konsumsi merupakan salah satu jenis makanan sehat yang mengandung tinggi protein, rendah lemak jenuh, serta menyimpan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Tak hanya itu, bagi sobat yang sedang melakukan program diet, sangat baik untuk memanfaatkan vitamin, mineral, dan nutrisi yang ada dalam kandungan ikan konsumsi. Manfaat ikan konsumsi sudah tidak diragukan lagi ketimbang manfaat daging dan keju. Tentunya dengan masakan yang tidak menimbun lemak.

Brikut ini beberapa manfaat ikan konsumsi jika dikonsumsi secara benar dan teratur untuk kesehatan tubuh kita:

manfaat omega 3 bagi manusia
pip.dip.kkp.go.id


Manfaat Ikan Konsumsi untuk Tubuh Kita

1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Manfaat ikan konsumsi yang pertama terdapat pada kandungan ikan yaitu asam lemak omega 3 yang dapat membentuk sistem kardiovaskular dan sangat bermanfaat untuk kinerja jantung, arteri, serta vena.


Untuk mencegah penyakit jantung dan gagal jantung serta mencegah akumulasi trigliserida, tentunya dengan mengimbangi sayur dan lalapan ikan secara teratur, serta dapat juga mengontrol kolestrol dan mencegah pembekuan darah.


cara pengolahan ikan agar tidak menimbun lemak
blog.onmol.com


2. Manfaat Ikan Konsumsi - Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan gizi dari ikan yaitu terdapat minyak ikan yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, akan tetapi harus dengan resep dan anjuran dokter, karena terlalu banyak mengkonsumsi minyak juga kurang baik bagi kesehatan.

jelaskan manfaat omega 3 bagi manusia yang kamu ketahui
katasaya.net


3. Menurunkan Berat Badan
Kesimpulan dari penelitian Litbang memberikan ulasan bahwa kandungan ikan berupa minyak mampu membantu mengatasi konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak. 

Sehingga lemak yang menumpuk secara keseluruhan dapat dikurangi. Banyak juga yang sudah mengkonsumsi kapsul minyak ikan dengan diimbangi olahraga, hal ini sangat efektif menurunkan lemak lebih banyak tanpa asupan suplemen minyak ikan.

teknik pembenihan ikan konsumsi
cara-caramengolah.blogspot.com


4. Manfaat Ikan Konsumsi - Menekan Resiko Kanker
Manfaat ikan konsumsi berikutnya ternyata diambil dari kandungan gizi berupa omega 3 yang terbukti dapat mencegah timbulnya jenis kanker yaitu, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolon. Serta oleh minyak ikan, dapat juga penderita Hiperlipidemia diatasi dengan mengkonsumsi ikan konsumsi.

Menekan Resiko Kanker
blog.onmol.com


5. Meningkatkan Fungsi Otak
Jika sobat ingin meningkatkan fungsi daya otak serta mengembangkan otak, asam lemak omega 3 pada ikan konsumsi sangat ampuh membantu meningkatkan daya ingat dan mental pada anak-anak dan orang dewasa. Tak hanya itu, manfaat asam lemak omega 3 dapat meningkatkan perkembangan otak bayi dan balita.

Meningkatkan Fungsi Otak
farhaki.com


6. Manfaat Ikan Konsumsi - Mencegah Timbulnya Peradangan 
Kandungan gizi ikan konsumsi berupa minyak ikan yang bersifat anti-inflasi, sangat efektif kita manfaatkan untuk menekan peradangan dalam darah dan jaringan supaya tidak bertambah. 

Hal ini karena asam lemak omega 3 yang khususnya jenis EPA dalam asupan minyak ikan mempunyai efek posotif pada respon inflasi, sehingga gejala radang sendi, rada prostat (Prostatitis), dan radang kandung kemih (Sistitis) dapat diminimalisir.

Mencegah Timbulnya Peradangan


7. Menyehatkan Mata
Manfaat ikan konsumsi selanjutnya jika sobat secara teratur mengonsumsi ikan konsumsi ini akan berefek positif pada penglihatan, yaitu membantu memperbaiki kedaan mata. Hal ini karena ikan konsumsi sebagai tameng melawan degenerasi makula (bagian tengan retina), sindrom mata kering, dan glaukoma. 

Yaitu dengan teratur minimalnya mau makan ikan konsumsi 2 porsi perminggu akan menurunkan gejala degenerasi makula dibandingkan dengan orang yang jarang makan ikan konsumsi. Hal ini karena akibat yang terjadi mata akan menjadi buta. Oleh itu manfaatkan asam lemak omega 3 ini untuk menguragi resiko inflasi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Menyehatkan Mata


8. Manfaat Ikan Konsumsi - Perawatan Kulit

Jika menginginkan kulit sehat secara alami, mengkonsumsi ikan konsumsi secara sehat dapat menemukan kesehatan terutama pada kulit keriput serta menunda proses penuaan dini, sehingga keadaan kulit akan terasa halus dan rata. Ini semua karena kandungan asam lemak omega 3 yang mampu menjaga kerusakan kulit dari pancaran sinar matahari.

Manfaat Ikan Konsumsi - Perawatan Kulit


9. Mengatasi Depresi
Manfaat ikan konsumsi terakhir yang terdapat pada asam lemak omega 3 ini sangat baik mengurangi rasa cemas yang berakibat depresi. Tentunya dengan mengkonsumsi ikan konsumsi secara teratur perminggu dengan resep dokter dan diimbangi olahraga yang rutin.

Khusus sobat yang mempunyai anak balita sangat baik untuk memberikan asupan asam leak omega 3, karena akan cepat membantu membentuk jaringan otak, sehingga kecerdasan sejak dini akan tercipta.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang manfaat ikan konsumsi untuk kesehatan tubuh kita ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang perawatan kesehatan tubuh kita.

Baca juga:
-Cara Memasak Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Obat Kanker, Stroke, Ginjal, & Tuberkolusis
-Manfaat Memelihara Ikan Hias Aquarium Dirumah
-Ikan Tawar Untuk Obat Kanker