February 2, 2017

Budidaya Ikan Hias Neon Tetra Kecil Tahan Lama

Budidaya Ikan Neon Tetra infoikan.com Ikan neon tetra merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara, tahan terhadap penyakit dan serta merupakan jenis ikan hias kecil yang tidak mudah mati. Harga ikan neon tetra sangat ekonomis, tak hanya itu cara memelihara sangat mudah siapa saja bisa melakukannya. 

Jika sobat pemula ingin mengetahui cara budidaya ikan neon tetra ini, berikut info ikan akan memeberikan tips mudah, dari cara merawat sampai pemberian makanan ikan neon tetra yang disukainya. Langsung saja lanjut ulasannya.

harga ikan neon tetra
infopeternakan.com



Panduan Lengkap Budidaya Ikan Neon Tetra

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Neon Tetra
Ordo              : Ostariophysoidei
Sub-Ordo        : Characioidea
Famili            : Characidae
Sub-Famili      :  Cheirodontinae
Genus            :  Hyphessobrycon
Spesies          : Hyphessobrycon innesi Myers atau
Asal               : Peruvian Amazon (Amerika)
Nama Inggris  : Neon Tetra


 cara memelihara ikan neon tetra
infopeternakan.com

ikan neon gampang mati
alamikan.com


Ciri-Ciri Ikan Neon Tetra
Bentuk badannya pipih ke samping (compressed), sangat tipis. Punggung berwarna kuning kecoklatan dengan perut putih kekuningan. Garis neon-berwarna biru hijau - mewarnai sisi badannya, mulai dari depan mata, memanjang hingga samping sirip adipose.

ikan neon api
indoaqua.net

budidaya ikan neon tetra masih menjanjikan
jurnalasia.com


Sifat-Sifat Ikan Neon Tetra
Hampir sama dengan sahabat dekatnya, car tetra, ikan ini juga berenang bergerombol. Oleh karenanya kurang asyik jika menempatkan hanya sendirian di akuarium, bercampur dengan ikan lain barulah akan terlihat cantik dan indah. 

ikan neon tetra betina
ar.wikipedia.org

makanan ikan neon


Tempat Pemijahan Ikan Neon Tetra
Sebelum melakukan budidaya ikan neon tetra, sediakan wadah akurium, yang seluruh sisinya terbuat dari kaca. Soalnya jarang sekali yang berhasil memijahkan dalam bak semen. 

Akuarium yang bisa digunakan berukuran 30 x 25 x 25 cm atau 40 x 20 x 20 cm. Ketiga sisinya boleh dicat dengan warna biru, atau hijau. Boleh juga polos. Sebagai media penempel telur boleh digunakan tanaman dasar Hydrilla. Tanaman harus steril, bebas dari lumpur dan telur siput.

Air yang digunakan untuk budidaya ikan neon tetra agak berbeda dengan ikan lain. Memerlukan sedikit perlakuan kusus dan ketelatenan ekstra. Air yang biasa dipakai air suling (destilasi) ditambah dengan rendaman kayu asam. 

Kualitas air yang ideal sebagai media pemijahan biasanya mempunyai suhu 22 - 24 derajat C, pH air 6 (asam), jernih, tanpa kandungan bahan organik.

Memilih Induk Budidaya Ikan Neon Tetra
Ciri induk jantan ikan neon tetra mempunyai badan yang lebih langsing, agak panjang dengan garis neon lurus. Sedangkan ciri indukan betina ikan neon tetra sebaliknya, bentuknya pendek bulat, perut membesar dengan bentuk garis neon bengkok.

Induk yang dipilih harus sudah berukuran 2,5 cm, saat umurnya telah mencapai 6 - 7 bulan. Jumlah induk yang diperlukan untuk dipijahkan seperti ukuran akuarium di atas cukup 6 ekor betina dengan 3 ekor jantan. Diharapkan 1 jantan mampu melayani 2 ekor betina.
ikan neon tetra bertelur
carabudidayaikann.blogspot.co.id


Pemijahan Budidaya Ikan Neon Tetra
Akuarium budidaya ikan neon tetra diisi dengan air suling, diamkan beberapa hari. Jangan lupa memberi jenis tanaman air seperti hydrilla atau Myriopyllum yang sudah di cuci dengan bersih, jangan lupa memberi penutup pada atap akuarium biar tak ada debu yang masuk.

Induk-induk ikan neon tetra dimasukkan kedalamnya dan diberi makan cuk. Kemudian seluruh isi akuarium, tak terkecuali bagian atasnya haru ditutup gelap. Pada malam hari biasanya indukan sudah aktif memijah dan berlangsung selama 3 jam. 

Setelah selesai memijah, cepat-cepat induk dipisahkan, dirawat dilain tempat. Pemindahan induk dilakukan dengan cepat untuk melindungi telur sensitif. Selanjutnya menutup akuarium pemijah dengan rapat selama 24 jam. Jangan sampai mengintip, apalagi membuka penutup, karena akan mematikan telur ikan neon tetra.

Setelah 24 jam dalam ruangan telur akan menetas. Beberapa telur yang tidak kena sperma ikan jantan akan mati, berwarna putih susu. benih belum perlu diberi makan.

Setelah berumur 4 hari, pada saat kandungan kuning telur habis, makanan ikan neon tetra atau burayak ini bisa dikasih rotifera. Pelepasan selubung atau kertas penutup harus dilakukan secara bertahap, tidak boleh sekaligus.

cara memelihara ikan neon tetra
jualikanhias.blogspot.co.id

Pembesaran Budidaya Ikan Neon Tetra

Menyadari akuarium budidaya ikan neon tetra terlalu sempit, maka dalam merawat ikan neon tetra dan membesarkan benih selanjutnya bisa dilakukan di akuarium yang berukuran lebih besar lagi. Misalnya dengan ukuran 80 x 40 x 40 cm, atau 100 x 50 x 45 cm.

Pemindahan burayak sebaiknya dilakukan ketika anakan berumur 10 hari. Dilakuakn pada pagi hari, pemindahan diusahakan dengan mengikutsertakan air lama. Makanan ikan neon tetra harus diberikan secara rutin, sehari 2 atau 3 kali dengan makanan alami, begitu juga dengan penggantian airnya. Makanan ikan neon tetra tidak berbeda dengan jenis pakan ikan hias lainnya.
Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan neon tetra ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.