February 4, 2017

Cara Lengkap Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)

Budidaya Ikan Sepat Mutiara  (Pearl Gourami) Infoikan.com Ikan sepat mutiara salah satu jenis ikan sepat yang mempunyai harga ekonimis. Dan juga salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Layaknya cara memelihara ikan sepat biru sangat mudah sekaligus salah satu koleksi pecinta ikan hias.

Bagi sobat yang ingin membuka usaha dan bisnis ikan hias dengan cara budidaya ikan sepat mutiara ini, berikut beberapa langkah-langkah mudah merawatnya.

ikan hias sepat merah
tropical-fish-keeping.com

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Sepat Mutiara  (Pearl Gourami)
Ordo              : Percomorphoidei
Sub-Ordo        : Anabantoidea
Famili            : Anabantidae
Genus            :  Trichogaster
Spesies          : Trichogaster leeri (Bleeker)
Asal               : Sumatera, Kalimantan, Malaya sampai Siam
Nama Inggris  : Pearl Gourami
Nama Lain      : Sepat Leri


ikan sepat biru
petsolutions.com

harga ikan sepat mutiara
wetwebmedia.com


Ciri-Ciri Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)
Badannya memanjang dengan potongan pipih ke samping atau compressed. Mulutnya kecil dengan moncongnya runcing.

Sirip anal sangat panjang seperti benang. Sirip perut berbentuk sangat lebar, dengan jari-jari sirip sebelah belakang menonjol keluar.

Warda dasar badannya sawo matang. Sisi badannya berwarna lebih pucat, bintik-bintik lebih mirip mutiara berwarna kelabu, kadang-kadang biru kehijauan, menghiasi seluruh badannya.

jenis ikan sepat hias
aquariumtidings.com

ikan sepat siam terbesar
aquariumlife.com.au


Sifat-Sifat Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)
Alangkah baiknya sebelum budidaya ikan sepat mutiara mengetahui dulu sifatnya. Ikan sepat mutiara mudah si pijahkan , bahkan di akuarium panjang pun ikan ini mau berkembang biak, asal lingkungannya memadai. 

Untuk memijah secara khusus ikan sepat mutiara sebaiknya disediakan akuarium minimal berukuran 50 x 30 x 30 cm, dengan bagian gelap di bebera tempat, untuk tempat persembunyian sekaligus bercumbu.

Air yang digunakan bisa air sumur atau ledeng dengan perlakukan pengendapan sehari semalam. Suhu air berkisar antara 27 - 28 derajat C, air lunak dan pH normal. Dasarnya boleh dikasih pasir bersih.

budidaya ikan sepat di kolam terpal

ikan sepat asin
tropical-fish-keeping.com


Memilih Induk Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)
Pemilihan induk mempengaruhi tingkat keberhasilan budidaya ikan sepat mutiara. Induk jantan mempunyai sirip punggung yang panjang dan lancip, sedang betina siripnya membulat dan pendek.

Selain itu, induk jantainduk jantan masih dilengkapi hiasan warna merah pada leher dan perut, yang tidak terdapat pada pasangannya. Warna merah ini akan semakin cantik pada saat sepat mutiara akan birahi.

Induk yang dipilih sebaiknya telah berumur 7 bulan dengan panjang total tubuhnya mencapai 7,5 cm. Induk harus sehat dan tidak ada bekas cacatan. Induk sepat mutiara dipisahkan di tempat yang berlainan dan diberi makan jentik nyamuk.

harga ikan sepat hias
FishTanksandPonds.co.uk

ikan hias sepat merah
planktendtank.net


Pemijahan Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)
Pemijahan budidaya ikan sepat mutiara dilakukan setelah kolam selesai dipersiapkan. Indukan dimasukkan secara berpasangan ke akuarium pemijahan. 

Setelah beradaptasi biasanya induk jantan akan segera membangun sarang dari gelembung busa dan tidak mau di dekati oleh pasangannya. Gelmbung busa yang dibangun tidak berapa tebal, sedangkan luasnya berkisar 15 - 20 cm2.

Setelah selesai induk jantan mutiara akan menghampiri pasangannya dan memijah di bawah permukaan busa. Pemijahan ini akan menghasilkan telur lebih dari 1000 ekor. Setelah terlihat selesai, dan telur-telur sudah selesai dikeluarkan sang betina, maka jangan sampai terlambat, induk sepat mutiara betina diangkat dan pindahkan ke tempat lain.

Indukan jantan sepat mutiara tetap bersama telurnya. Ia akan menghampiri gerombolan telur dan merusak gelembung busa yang telah selesai dipakai dengan cara menyemprotkan pasir yang dipungut dari dasar tempat pemijahan. 

Te;ur-telur sepat mutiara ini akan menetas dalam tempo 2 - 3 hari dan kuningnya akan habis setelah kurang 4 hari. Pada saat benih telah habis kuningnya, inilah mereka sudah bisa bergerak bebas, berpindah kemana suka.

Pada saat ini harus dipersiapkan makanan sesuai dengan kemampuan mulutnya, biasanya infusoria. Saat inilah induk sepat mutiara mulai dipindahkan ke tempat lain dan dirawat dengan diberi makanan yang bergizi tinggi, misalnya jentik nyamuk.

Sampai umur 2 minggu anaka atau burayak sepat mutiara masih bisa dibiarkan di tempat pemijahan, dan akhirnya dipindahkan ke tempat yang lebih luas.

ikan sepat biru
aquariumlife.comau

harga ikan sepat mutiara
fishlore.com


Pembesaran Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)

Pembesaran budidaya ikan sepat mutiara selanjutnya dilakukan pada bak yang berukuran 2 m2 atau 4 m2, dengan ketinggian bak 40 cm. Air yang dipakai berasal dari sumur atau ledeng yang telah didiamkan selama 24 jam.

Makanan sebaiknya diberikan 3 kali sehari dengan rotifera, kutu air, dan cacing secara bertahap. Penggantian air dilakukan seminggu kemudian dengan membuang paling banyak 2/3 bagian dan mengisinya dengan air baru sampai ketinggian seperti semula.

Setelah 4 minggu, labirint akan tumbuh dengan sempurna dan mulai berfungsi. Saat ini baru dijaga agar suhu permukaan air sama dengan suhu air sebab jika tidak akan mengakibatkan benih stress. Lebih-lebih jika suhu udara permukaan air lebih tinggi dbandingkan suhu airnya.  

jenis ikan sepat hias
tropical-fish-keeping.com


Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan sepat mutiara pearl gourami ini semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk  kita semua pada jenjang perawatan semua jenis iakn his berikutnya.