--> Skip to main content

Obat Alami Sembuhkan Lele Borok

Obat Alami Sembuhkan Lele Borok Infoikan.com Pernah melihat ikan lele Anda borokan? atau terdapat moncong putih dan lele Anda menggantung akibat penyakit? Siapa sih yang tidak pernah mengalami perawatan budidayanya terserang penyakit seperti ini. Yang biasa dialami Anda peternak lele di kolam terpal.

Tak hanya Anda yang mengalaminya, dari beberapa peternak lele juga banyak ikan pemeliharaannya mengidap macam-macam penyakit seperti moncong putih, borok, menggantung, jamur, dan lainnya. Bagi Anda pemula berikut obat alami sembuhkan lele borok yang dapat sobat coba untuk mengatasi penyakit lele ini.

penyakit lele moncong putih


Beberapa Obat Alami Sembuhkan Lele Borok

Salah satu kendala peternak dan budidaya ikan khususnya lele adalah datangnya penyakit yag tak diduga-duga, entah itu dari kecerobohan kita maupun secara alami datang sendiri karena musim dan cuaca yang tak mendukung. Berikut obat alami sembuhkan lele borok dalam pemeliharaan pembesaran.

Buah Ciplukan Obat Alami Sembuhkan Lele Borok
Pernah melihat dan mendengar buah ciplukan? Ternyata khasiat dan manfaatnya dapat Anda coba menyembuhkan ternak lele Anda. Berikut penjelasan singkatnya dan cara membuat ramuan alami untuk lele borok:
Ukuran dosis dan cara melakukan pengobatan:
  1. Sediakan buah dan daun ciplukan keadaan basah atau segar 10-30 gr, 
    Air 100 ml, 
  2. Bisa juga jenis ciplukan sudah kering 6-11 gr. 
  3. Campurkan daun dan buah ciplukan dalam wadah bersama air, kemudian ambil lele borok tadi, lalu rendam dalam larutan ciplukan ini.

penyakit ikan lele kolam terpal

cara mengobati ikan lele yang menggantung

Obat Alami Sembuhkan Lele Borok-Meniran (Phyllanthus niruri L., Phyllanthus urinaria Linn)
Selain penyakit borok, dapat juga mengobati bercak merah pada lele yaitu dari bakteri Aeromonas hydrophila. Dan juga sembuhkan penyakit bisul, luka pada lele Edwarsiella tarda. Berikut cara membuat ramuan dan cara mengobati lele Anda:
  1. Bahan alami sembuhkan lele borok, bercak hitam, dan luka:
  2. Bubuk daun meniran 5 gr.
  3. 1 liter air.
  4. Campur semua bahan, kemudian masukkan lele borok, lele bercak merah, dan lele luka ke dalam larutan alami ini selama 4-5 jam.
Atau bisa juga dicampurkan pada pakan, dengan cara sediakan meniran 20 gr daun meniran yang sudah di lembutkan atau dicacah hingga halus, kemudian Anda dapat mencampurkan pada pakan lele seberat 1 kg. Tergantung jumlah lele yang terkena penyakit.

Meniran Obat Alami Sembuhkan Lele Borok

Meniran-Obat Alami Sembuhkan Lele Borok

Cara Mengobati Penyakit Lele Borok dan Bintik Merah dengan Obat

Selain obat alami sembuhkan lele borok di atas, sobat bisa juga menggunakan larutan atau obat kimia yang ada di toko penjual obat. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut:
  1. Sediakan larutan PK yang berdosis 11-22 ppm, kemudian rendamlah lele borok atau bintik merah tadi selama 25 - 30 mintan.
  2. Sediakan larutan Oxytetracycline yang berdosis 6 ppm, kemudian rendamlah lele borok dan bintik merah selama krang lebih 24 jam.
  3. Sediakan larutan emequil yang berdosis 5 ppm, kemudian rendamlah lele borok dan bintik merah selama 24 jam saja. Tergantung jumlah lele yang terserang penyakit.
Baca juga:
Inilah penjelasan singkat tentang obat alami sembuhkan lele borok, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk jenjang perawatan ikan lele berikutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar