March 17, 2017

Makanan Ikan Koi Selain Pelet Agar Cepat Besar

Makanan Ikan Koi Infoikan.com Jenis makanan ikan koi untuk pertumbuhannya selain pellet agar cepat besar sangat beraneka ragam. Semua pakan koi tersebut juga harus bagus dan memenuhi asupan gizi yang banyak terutama jika terjadi perubahan suhu dan iklim yang tak menentu.

Omnivora merupakan sifat ikan koi, hewan kecil dan tumbuhan bisa Anda sediakan. Karena harga pakan pellet ikan koi lumayan, maka Anda dapat mencari jenis sayuran untuk pakan ikan koi. Jenis pakan alami ini merupakan makanan ikan koi yang bagus dan bernutrisi tinggi. Berikut beberapa jenis makanan ikan koi berdasarkan umur.

pakan ikan koi agar cepat besar


Jenis Makanan Ikan Koi

Ikan koi merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, maka pakan alami dan buatan sangat bagus untuk kita berikan seperti cacing, sayur-sayuran, roti, buah-buahan.

Makanan yang disukai ikan koi diantaranya adalah cacing dan udang itu merupakan jenis pakan alami ikan koi. Selain itu, dengan hanya menggunakan tumbuhan alga ikan koi masih dapat bertahan hisup.

Pakan alami ikan koi selain di atas, Anda juga dapat memberikannya ulat salah satu jenis pakan koi yang mengandung nutrisi dan sumber protein yang bagus untuk ikan peliharaan kita. Tak hanya itu, jeruk dan semangka merupakan buah dan sayuran yang disukai ikan koi.

Yaitu dengan cara melatihnya memberi pakan jenis buah dan sayur secara bertahap dan pelan-pelan. Asalkan jangan memberi pakan koi yang sudah kadaluarsa, karena akan menurunkan gizi buruk bagi ikan. Yaitu jangan sampai menyimpan pakan ikan koi lebih dari 3 bulan. Untuk menjaga makanan ikan koi agar terlihat segar dan bagus.

Cara Membuat Makanan Alami Ikan Koi Sederhana
Jenis makanan ikan koi memang banyak tersdia di toko penjual pakan ikan. Akan tetapi pastinya harga pakan ikan koi ini sangat lumayan, untuk itu mari kita coba membuat pakan alami ikan koi sendiri dari bahan alami juga. Berikut ulasannya:
  1. Sediakan jenis udang berukuran kecil
  2. Campurkan dengan telur, bawang putih, wortel, vitamin C, dan agar-agar.
  3. Haluskan dengan blender dan tambahkan sedikit air.
  4. Selama blender masih berputar untuk menghaluskan bahan-bahan, alngkah baiknya kita ciptakan aroma dari pellet ikan. Dengan cara sediakn air panas dan masukkan pellet, kemudian tambahkan bubuk agar-agar secara merata.
  5. Campurkan jadi satu adonan tersebut, dan biarkan dingin.
  6. Jika dirasa sudah dingin, adonan tersebut dapat Anda potong-potong berukuran kecil sesuai ukuran mulut koi dan terlihat nampak seperti cacing alami sekaligus memudahkan ikan koi memakannya.
  7. Cara pemberian pakan, Anda dapat mencampurkan pakan alami ini dengan jenis pakan yang umum Anda gunakan.
  8. Makanan ikan koi lainnya dapat Anda sediakan dari bahan probiotik.
Kelebihan Pakan Alami Ikan Koi dari Bahan Probiotik
Makanan ikan koi sangat berfariasi, salah satunya adalah dari jenis bahan probiotik ini, yaitu jenis pakan ikan koi untuk mempercepat pertumbuhan dan agar cepat tumbuh besar. Selain itu, dibandingkan dengan ikan koi yang diberi makanan selain dari probiotik akan terlihat jelas.

Salah satunya yang terbuat dari udang dengan bahan probiotik, dengan cara bersamaan kita rendam dengan tambahan vitamin C. 

Tentunya hal ini akan menambahkan kadar nutrisi dalam pakan akan berlipat. Selain itu, jenis mikroorganisme yang tumbuh di kolam merupakan pakan alami ikan koi yang bagus juga, karena kaya akan kandungan nutrisi yang banyak.

Jenis Pakan Pellet Ikan Koi
Beberapa toko penjual pakan ikan hias akan terdapat beragam jenis. Namun, untuk ikan koi pada umumnya terdapat pellet singking (pakan yang tenggelam atau larut), dan pelet floating (mengapung di atas air). 

Makanan pellet untuk anakan ikan koi biasanya yang jenis pellet floating yang pertama kali akan timbul di permukaan, setelah itu akan larut dalam air juga. Mengapa pelet ini bagus? Tak lain anakan ikan koi dapat menjangkau baik usia muda mapun baru menginjk pertumbuhan sekaligus semua keadaan ikan.

makanan ikan koi selain pelet
iklanhewan.com

pakan koi untuk warna


Jenis Makanan Ikan Koi Lokal
Untuk makanan ikan koi lokal, para pemelihara biasanya menggunakan jenis pakan cp koi, sankoi, super save, hokky&kinkoi, dan lainnya. 

Untuk koi import para pemelihara koi biasanya memberikan pakan pellet jenis hikari, nozomi, mizuho, saki hikari, konishi, CKK, FD, kenkokanri, yamato, evolution, shori, fuyufuji, fujizakura, daiici, aquamaster, sugiyama, LC, dan lain-lain.

Jenis Pakan yang Baik untuk Anakan Ikan Koi
Semua pemelihara tentunya sudah tahu untuk masalah pakan unutk anakan ikan koi ini. Yaitu melihat ukuran makanan yang dapat ditelan oleh anakan ikan koi ini.

Anakan atau burayak ikan koi yang baru berusia 3-5 hari masih memiliki kuning telur sebagai pakan utamanya. 

Setelah itu,  Anda dapat mengambil burayak koi ini pada tempat yang sebelumnya sudah disediakan dan sudah tumbuh makan alaminya. Akan tetapi kebanyakan dari kita lebih memilih memlihara ikan koi yang sudah beranjak dewasa yaitu berumur 1 bulanan, hal ini akan mudah kita dalam merawat dan memberi pakan.

Jenis pakan yang baik untuk ikan yang masih kecil dapat berupa pellet yang berukuran 250 mikron. Dan umumnya sudah dibuat dan diracik sedemikian bagusnya. Dan semua jenis pellet tersebut sudah tersedia dari masing-masing fungsinya. Ada pellet yang khusus untuk pertumbuhan, dan pellet untuk warna saja.

Wortel, kubis, tomat, kepiting, ganggang, dan cacing, merupakan jenis makanan ikan koi secara alami untuk menambah dan membuat warnanya semakin jelas.

Sedangkan makanan ikan koi yang mengandung bahan probiotik berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh koi dari bahaya penyakit yang menyerang.

Dalam pakan pellet terdapat juga jenis kandungan sprirulina khusus untuk membuat warna sisik ikan semakin shiny. 

Untuk membuat kulit ikan lebih putih, diperlukan pakan pellet yang mengandung protein yang banyak dan cukup, yaitu yang di dalamnya terdapat kandungan wheat germ. Dan wheat germ juga akan merangsang pertumbuhan pada badan yang berbentuk bulat dan memanjang.

Yang perlu diperhatikan ketikan memberi makanan ikan koi berupa roti harus hati-hati, hal ini roti mengandung karbohidrat yang banyak dan akan menjadikan badan ikan semakin gemuk.

makanan koi untuk pertumbuhan

pelet ikan koi yang bagus
iklanhewan.com


Cara Pemberian Pakan Ikan Koi yang Baik
Faktor penting untuk mempercepat pertumbuahn dan juga menjaga kesehatan ikan koi adalah pemberian pakan yang tepat. Yaitu jangan terlalu banyak yang akan menimbulkan keruhnya air sehingga berubah menjadi racun dan amoniak.

Seperti ikan lele, cara pemberian makanan ikan koi harus sekali langsung habis. Jika ikan koi kekenyangan saja, maka akan berakibat kematian. 5% merupakan proporsi makan ikan koi yang berukuran kecil. Sedangkan koi dewasa 2% merupakan yang terbaik.

Intinya jangan menaruh pakan ke dalam kolam terlalu banyak, karena koi bisa kekenyangan. Selain itu sisa-sisa makanan tersebut akan berubah menjadi kotoran dn pastinya air kolam berubah menjadi kurang sehat, bisa-bisa akan menyebabkan koi stress, kurang nyaman, dan berakhir pada kematian.

Waktu yang Tepat dalam Pemberian Makanan Ikan Koi
Merawat ikan koi sangatlah mudah, jika sudah tahu cara memliharanya. Salah satunya adalah dengan melihat suhu cuaca dan iklim yang juga akan berpengaruh pada suhu kolam koi.

Berikut Beberapa Tips Memelihara dan Merawat Ikan Koi yang Baik
  1. Jika suhu antara 22-26, maka Anda dapat memberikan makanan yang mengandung kadar protein cukup banyak satu hari 3-4 kali.
  2. Pada suhu 18-22 derajat C, pemberian pakan memilih yang kadar proteinnya minimal 45% dan cukup 2 kali sehari.
  3. Untuk suhu 15 derajat C, Anda beri saja ikan koi makan hanya satu kali sehari yang mengandung kadar proteinnya 25-30% dengan tambahan sayur-sayuran.
  4. Jika suhu turun hingga di bawah 15 derajat celcius, pemberian pakan ikan hanya dilakukan 4-5 kali dalam seminggu. Atau hanya diberikan saat ikan benar-benar lapar.

Kesalahan Umum Pemberian Makanan Ikan Koi

Pada umumnya kesalahan pemberian pakan adalah berkisar pada:
  1. Jumlahnya terlalu banyak saat memberi makan
  2. Penggantian pakan secara tiba-tiba
  3. Pemberian terlalu banyak suplemen 
Bukannya ikan koi tambah sehat, kesalahan dalam pemberian makan ikan koi juga dapat berakibat buruk pada koi. Akibat terburuk adalah kematian pada koi.

Nah, itulah beberapa jenis makanan ikan koi yang dapat diberikan dalam budidaya ikan koi. Pakan alami baik untuk ikan koi. Tetapi untuk lebih mudahnya, biasanya peternak ikan koi dapat memberikan pelet sebagai makanan utama.


Sumber: https://www.ikankoi.org
Baca juga: