April 16, 2017

Cara Merawat Ikan Hias dalam Akuarium yang Baik

Cara Merawat Ikan Hias dalam Akuarium Infoikan.com Sudah tahu ikan akuarium yang mudah dipelihara? atau ingin tahu cara merawat ikan hias agar tidak cepat mati? Siapa sih yang tidak tahu ikan hias, salah jenis hewan yang biasa dirawat buat pajangan serta memberikan tambahan cantiknya ruangan dan halaman rumah.

Mudah sekali untuk dapat membuat ikan peliharaan kita segar dan sehat, yang penting dapat merawat air akuarium agar tetap jernih. Maka diperlukan seperangkap pelengkap akuarium. Baik hiasan, aerator, dengan desain yang maksimal gaya keadaan alam bebas si ikan ini. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara merawat ikan hias dalam akuarium yang baik, berikut info ikan memberikan teknik merawat yang baik agar ikan tidak mati.

Cara Merawat Ikan Hias dalam Akuarium

Cara Merawat Ikan Hias dalam Akuarium yaang Baik dan Tidak Mati

Tak dapat dipungkiri, baik anak kecil maupun orang dewasa sebenarnya menginginkan tambahan keindahan tersendiri entah tempat kerja, maupun ruangan khusus tamu yang tak lain sebuah akuarium lengkap dengan hiasan dan berbagai jenis ikan hias kecil maupun besar dengan warna unik.

Namun, kadang kala sebagian kita mengalami sedikit kendala, umumnya takut tidak dapat merawat isi akuarium tadi yaitu ikan hias kecil maupun berukuran besar. Baik harga ikan murah maupun ikan hias harga termahal. Terutama jenis ikan predator yang sangat terkenal ikan langka dan harga ikan predator juga sangat lumayan mahal.

Kunci utama dalam merawat dan memelihara ikan hias, baik untuk budidaya maupun hanya merawat saja sebagai hiasan tak lain adalah menjaga kualitas air agar tetap jernih dan bersih. Tak hanya itu, jika airnya bagus hiasan yang ada akan terlihat indah dan cantik alami, baik dalam toples maupun kolam besar.

Untuk itu, berikut ini beberapa teknik cara merawat ikan hias air tawar dalam akuarium yang mudah dikerjakan siapa saja. Yuk lanjut baca uraiannya.

1. Menyiapkan Jenis Ikan Hias
Jenis ikan hias sendiri beraneka ragam, untuk itu Anda dapat memilih salah satu baik ikan hias air tawar, ikan hias air laut, maupun ikan hias kecil, ikan hias langka, dan juga ikan hias predator air tawar air laut.

Untuk memilih ikan tadi, jangan sampai keadaan cacat, berpenyakit, baik keadaan ekornya compang camping maupun tubuhnya yang kurang normal.

Atau Anda dapat menaruh berbagai jenis ikan dalam satu akuarium dan tidak bertengkar agresif satu sama lain. Ini malah akan menjadikan hiasan terindah serta tercantik yang pernah ada. 

Bagi Anda pemula lebih baik merawat dan memelihara ikan hias air tawar dulu, hal ini mudah bagi Anda merawatnya, karena tidak membutuhkan perawatan khusus ketimbang ikan hias air laut. 

Cara Merawat Ikan Hias dalam Akuarium


2. Memilih Air yang Berkualitas Bagus
Sebelum merawat ikan hias dalam akuarium, Anda dapat menyediakan air buat ngerendam atau mengisi akuarium buat berenang si ikan hias ini. Tentunya jenis air yang bagus dan bukan sembarang air. Air inilah salah satu yang menentukan kehidupan ikan akan selalu tetap sehat.

Untuk jenis air PAM/PDAM Anda harus memberikan tambahan bahan anti kaporit dulu sebelum digunakan. 

Sedangkan untuk menggunakan air sungai, sumur, air tersebut usahakan diendapkan saja minimal 24 jam. Agar kondisi air tetap dalam keadaan berkualitas bagus, setiap 2-3 minggu sekali lakukan penggantian sebagian air.

3. Menyediakan Pakan yang Berkualitas
Jenis pakan dan juga pemberian pakan yang baik juga sangat berpengaruh terhadap cara merawat ikan hias dalam akuarium Anda selama masih hidup. 

Biasanya sudah banyak yang menyediakan makanan yang khusus untuk ikan hias ini, baik makanan untuk burayak maupun ikan hias dewasa. 

Akan tetapi paka yang baik dan bernutrisi biasa terdapat dalam jenis pakan alami, seperti kutu air. cacing sutera, udang, jentik nyamuk. 

Jika Anda menginginkan kutu air, soabt dapat membuat kutu air sendiri dengan mudah. Jika ingin yang simpel dan praktis, di toko penjual ikan hias sudah tersedia banyak. 

Cara pemberian pakan jangan sampai berlebihan dan juga kekurangan, efek kelebihan pakan akan mengendap di dasar akuarium yang sangat berpengaruh terhadap kualitas air yang cepat keruh. Sehingga lambat laun akan mempengaruhi kesehatan ikan hias tersebut.

Pemberian pakan yang baik dapat Anda berikan 2 kali dalam sehari.

4. Menyediakan Hiasan Akuarium dan Peralatn Lainnya

Cara merawat ikan hias dalam akuarium ini merupakan langkah awal sebagai acuan budidaya ikan hias. Pelengkap akuarium menjadi tambahan pembentuk nilai keindahan tersendiri bagi ikan hias. Tak hanya kita yang akan mendapatkan manfaat dari indahnya hiasan ini, akan tetapi bagi ikan hias akan merasa nyaman dari kegaduhan luar.

Adapun peralatan tambahan lainnya dapat Anda sediakan aerator penmuat gelembung udara. Alat ini berfungsi memberikan tambahan udara utamanya dalam menyuplay sir, sehingga keadaan air tetap jernih dan bersih.

Tak lupa lagi utnuk memberikan penerang berupa lampu yang khusus buat hiasan akuarium. Tak hanya itu, ada juga jenis lampu yang dapat membasmi bakteri serta dapat membersihkan akuarium.

Tak lupa lagi jenis bebatuan, hiasan atom maupun tanaman hidup buat menghias menambah kecantikan akuarium, bisa juga pasir, karang, semua ini akan memberikan pemandangan yang indah untuk dipandang.

Cara Merawat Ikan Hias dalam Akuarium


Demikian inilah beberapa tips cara merawat ikan hias dalam akuarium yang baik. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan gambaran untuk mendesain akuarium Anda. Selamat mencoba.