February 5, 2017

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Hias untuk Pemula

Budidaya Ikan Hias Infoikan.com Teknik cara budidaya ikan hias air tawar di akuarium sebetulnya sangat mudah. Yang terpenting mengetahui langkah-langkah pembenihan yang benar serta memilih induk yang berkualitas bagus. Masalah wadah budidaya belakangan yang terpenting ada keminatan serius untuk usaha dan bisnis. Itulah salah satu pengertian budidaya.

Jenis ikan hias sangat banyak, namun disini hanya ikan hias yang populer dipelihara saja yang akan dibahas. Mungkin Anda semua sudah mempunyai salah satu jenis ikan hias ini di rumah. Berikut panduan lengkap budidaya ikan hias untuk pemula.

ikan hias aquarium air tawar air laut dan air payau

 

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Hias

Hal pertama sebelum melakukan budidaya ikan hias Anda harus menyiapkan wadah berupa akuarium atau bak semen dan wadah lainnya yang dapat menampung air dan ikan hias ini. Walapun ikan hias termahal, jika tak ada tempat pemijahan budidaya tak akan berhasil. Lebih lengkapnya baca ini: Cara Membuat Aquarium Ikan Hias Air Tawar Untuk Pemula

1. Budidaya Ikan Guppy atau Gapi
Budidaya Ikan Hias guppy

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang mudah dipelihara dan juga jenis ikan hias kecil tahan lama serta mudah dikembang biakkan. Banyak sekali yang sudah sukses degan membudidayakan ikan guppy ini. Disamping tak membutuhkan luasnya lahan atau wadah, guppy termasuk ikan yang tidak rakus. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Gapi (Guppy, Millions Fish) yang Unik dan Cantik

2. Budidaya Ikan Hias Koki
Budidaya Ikan Hias Koki

Ikan koki merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara dan juga termasuk ikan hias yang populer dipelihara. untuk saat ini ikan koki menduduki salah satu penjualan ikan hias yang mengutungkan penjualnya. Mendengar namanya saja mas, pastinya banyak peminatnya. Tak hanya itu ikan koki termasuk juga ikan hias unik dan indah. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Mas Koki (Goldfish) untuk Pemula

3. Budidaya Ikan Manfish
Budidaya Ikan Hias Manfish

Salah satu jenis ikan hias yang bisa dicampur dalam satu wadah akuarium adalah manfish. Harga ikan manfis sangat ekonomis yang juga peminatnya sangat lumayan banyak sekaligus cara budidaya ikan hias ini sangat mudah.

Pernah menjual dan membeli ikan manfish? atau budidaya ikan manfish untuk usaha dan bisnis? Siapa sih yang tidak kenal dengan manfish, salah satu ikan hias yang mudah dipelihara. Perawatan ikan manfish juga sangat mudah apalagi di akuarium. Baca selengkapnya: Langkah Budidaya Ikan Manfish (Angelfish/Scalare) untuk Pemula

4. Budidaya Ikan Hias Komet
Budidaya Ikan Hias komet

harga ikan komet saat ini sudah lumayan naik lagi ketimbang dari beberapa bulan yang lalu. Yang pasalnya berdasarkan banyaknya pembeli terutama ikan komet jantan untuk dijadikan indukan budidaya ikan hias komet ini. Ikan komet merupakan salah satu Jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara yang punya nama latin ( Carassius auratus ). Baca selengkapnya: Cara Merawat Ikan Komet

5. Cara Budidaya Ikan Rainbowfish
Budidaya Ikan Hias Rainbofish
 
Ikan Rainbow Fish merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Sangat banyak sekali jenis ikan rainbow fish ini, diantaranya, jenis ikan rainbow fish, ikan rainbow balloon, ikan rainbow trout, ikan rainbow pikok, ikan rainbow irian, ikan rainbow balon dan masih banyak lagi. Budidaya ikan rainbow memang sangat mudah sekali. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Rainbow Fish Irian, Trout, dan Papua (Ikan Pelangi Papua) 

6. Budidaya Ikan Hias Neon Tetra
Budidaya Ikan Hias Neon Tetra

Ikan neon tetra merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara, tahan terhadap penyakit dan serta merupakan jenis ikan hias kecil yang tidak mudah mati. Harga ikan neon tetra sangat ekonomis, tak hanya itu cara memelihara dan budidaya ikan hias ini sangat mudah siapa saja bisa melakukannya.

Jika sobat pemula ingin mengetahui cara budidaya ikan neon tetra ini, berikut info ikan akan memberikan tips mudah, dari cara merawat sampai pemberian makanan ikan neon tetra yang disukainya. Langsung saja lanjut ulasannya. Budidaya Ikan Hias Neon Tetra Kecil Tahan Lama


7. Cara Budidaya Ikan Black Molly
Budidaya Ikan Hias Black Molly

Ikan Black Molly? - ikan ini masih dalam kategory ikan hias akan tetapi namanya ikan molly. yang termasuk dalam jenis ikan live breare atau melahirkan. Salah satu dari beberapa komunitas ikan hias air tawar yang juga banyak penggemarnya untuk dijadikan pelengkap hiasan aquarium. Baca selengkapnya: Cara Mudah Budidaya Ikan Hias Black Molly

8. Budidaya Ikan Hias Cupang
Budidaya Ikan Hias cupang

Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara, nama-nama ikan cupang sendiri sangat beragam mulai dari harga ekonomis sampai harga cupang termahal.

Bagi para pemula yang ingin terjun merawat serta budidaya ikan cupang, berikut langkah-langkah mudah dan cepat untuk usaha dan bisnis ikan hias dengan hasil jutaan: Langkah-Langkah Budidaya Ikan Cupang (Talking Gourami) untuk Usaha dan Bisnis Ikan Hias 


9. Cara Budidaya Ikan Louhan
Budidaya Ikan Hias Louhan

khusus para pecinta budidaya ikan hias louhan bisa merapat untuk sama-sama membahas jenis ikan hias louhan ini. Setelah mencapai perkembangan biak berbagai jenis ikan hias, jenis ikan louhan sekarang ini sudah tidak setenar dan semahal dulu. 

kali ini kita jangan membahas asal-usul ikan hias louhan ini, paling nggak yang dibicarakan akan menjurus keluar negri seperti malaysia, taiwan. Aslinya di Negara kita sendiri ini jenis ikan hias louhan sudah ada sejak dulu, akan tetapi kebanyakan mereka atau dari kita belum tahu nama ikan tersebut. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Louhan serta Cara Merawatnya

10. Budidaya Ikan Hias Botia
Budidaya Ikan Hias Botia

Ikan botia merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Harga ikan botia pun sangat terjangkau oleh semua kalangan, baik yang berukuran sedang maupn botia terbesar. Harga ikan botia untuk saat ini masih bisa kita jangkau, walaupun ukurannya terbesar serta bisa juga lebih cantik di tempatkan pada aquascape. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Hias Botia (Clown Loach) 

11. Cara Budidaya Ikan Hias Lele Putih
Budidaya Ikan Hias Lele Putih

Pernah ternak ikan lele albino? atau beternak ikan lele sangkuriang? Siapa sih yag tidak tahu lele ini, salah satu ikan air tawar yang mempunyai harga ekonomis.

Jenis ikan lele sendiri ada 3 diantaranya ikan lele dumbo, sangkuriang, pyton. Aslinya bukan hanya itu saja, namun yang sering dikonsumsi dan diternak olah petani pada umumnya hanya itu. Berikut cara budidaya ikan hias lele putih atau lele bule albino untuk sobat pemula. Ikan lele putih ini masih langka, mungkin harganya yang masih lumayan tinggi. Baca selengkapnya: Cara Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino Clarias Catfish untuk Pemula


12. Budidaya Ikan Hias Sepat Siam
Budidaya Ikan Hias Sepat Siam

Ikan sepat siam yang mempunyai nama ilmiah (Trichogaster Pectoralis) regan dan famili dari Anabantidae ini mempunyai badan yang memanjang. Cara budidaya sangat mudah, karena di alam liar seperti rawa dan sungai makanan ikan sepat siam ini hanya lumut dedaunan dan alga lainnya.

Bagi sobat pemula yang sudah mengtahu lebih banyak tentang sepat siam ini, dan ingin memperkembang biakkannya dengan cara budiday ikan hias sepat siam, sangat mudah sekali. Karena posting kali ini info ikan akan membahas tuntas cara lengkap beternak dan budidaya ikan sepat siam. Baca selengkapnya: Panduan Lengkap Budidaya Ikan Sepat Siam (Trichogaster Pectoralis)


13. Cara Budidaya Ikan Hias Oscar
Budidaya Ikan Hias Oscar

Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias paling cantik. Tidak seperti budidaya ikan hias cupang, cara merawat ikan oscar membutuhkan keseriusan karena akan menghasilkan ciri-ciri ikan oscar yang bagus berbeda dengan jenis-jenis ikan hias lainnya. Hal ini karena harga ikan oscar sangat ekonomis dan cocok untuk wirausaha petani maupun pemula. Baca selengkapnya:
Cara Mudah Budidaya Ikan Oscar untuk Pemula 


14. Teknik Budidaya Ikan Hias Mulut Api
Budidaya Ikan Hias Mulut Api

Ikan mulut api masih termasuk ikan hias air tawar dalam famili cichlidae yang cukup banyak peminatanya. Maklum, selain warnanya memikat, ia juga memiliki daya tarik tersendiri. Ikan hias air tawar ini bisa juga dipelihara di akuarium, dan akan semakin lebih cantik dan indah.

Nama latin ikan hias mulut api ini adalah meeki genusnya tak lain untuk mengenang Seth Eugene Meek, yang memperkenalkan budidaya ikan hias akuarium pada toko ikan hias. Berikut cara budidaya ikan hias mulut api (firemouth Cichild). Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Mulut Api (Firemouth Cichlid)


15. Budidaya Ikan Hias Sepat Mutiara
Budidaya Ikan Hias Sepat Mutiara

Ikan sepat mutiara salah satu jenis ikan sepat yang mempunyai harga ekonimis. Dan juga salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Layaknya cara memelihara ikan sepat biru sangat mudah sekaligus salah satu koleksi pecinta ikan hias.

Bagi sobat yang ingin membuka usaha dan bisnis ikan hias dengan cara budidaya ikan hias sepat mutiara ini, berikut beberapa langkah-langkah mudah merawatnya. Baca selengkapnya: Cara Lengkap Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami) 


16. Budidaya Ikan Rainbow Boesemani
Budidaya Ikan Hias raonbow Boesemani

Beberapa jenis ikan rainbow yang terkenal sampai sekarang ada 2 jenis yang kesemuanya berasal dari Irian dan sulawesi Indonesia, yaitu Melano Tacnia maccaulochi dan Rainbow Anlanesi ogilby Telmatherina ladigesi ahl.

Rainbow irian ditandai dengan warna gelap metalik dengan keperak-perakan, sedangkan untuk ikan rainbow sulawesi di cirikan dengan warna dasar kuning zaitun, sedangkan pada bagian bawahnya terdapat warna kuning.

Jenis ikan rainbow ini termasuk jenis ikan yang bertelur dengan cara menempelkan teler tersebut pada tanaman air. Dengan temperatur air kisaran 23 - 26 ° C, ini termasuk kwalitas air yang baik untuk perkembangan ikan rainbow tersebut dan dengan PH air harus di atas 7. Baca selengkapnya: Cara Praktis Budidaya Ikan Rainbow Boesemani


17. Langkah-Langkah Budidaya Ikan Hias Platy
Budidaya Ikan Hias Palty

Ikan platy merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Masih dalam kategori jenis ikan hias kecil tahan lama dan tidak mudah mati. Kelebihannya mudah beranak. Perbedaan ikan platy dan molly terletak pada warna saja. Untuk itu budidaya platy ini sangat mudah.

Bagi pecinta ikan hias pemula yang ingin memulai usaha dan bisnis dengan budidaya ikan platy ini. Info ikan akan memeberikan langkah mudah cara merawat mulai dari awal sampai akhir budidaya. Berikut langkah-langkah pemijahan budidaya ikan hias platy. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Platy (Koral Plati) bagi Pemula untuk Usaha dan Bisnis


18. Budidaya Ikan Hias Sumatra
Budidaya Ikan Hias sumatra

Ikan sumatra masih salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Tiger barb nama-nama ikan pada daerah kalimantan dan sumatra Indonesia. Ikan hias cantik dan indah ini ternyata mudah dibudidayakan serta harganya sangat ekonomis.

Tak rugi jika Anda pecinta ikan hias budidaya ikan sumatra ini, selain cantik peminatnya sangat lumayan banyak. Apalagi ikan hias sumatra ini asal Indonesia sendiri, pastinya memiliki daya tarik tersndiri. Ada yang mengatakan ikan sumatra galak, mungkin dalam akuarium berenang bersama satu kelompok. berikut cara budidaya ikan hias sumatra. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Hias Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)


19. Cara Budidaya Ikan Zebra
Budidaya Ikan Hias zebra

Salah satu jenis ikan zebra yang populer mempunyai harga ekonomis di pasaran adalah zabra danio. Ikan zebra air tawar ini salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara.

Cara merawat zebra danio sangatlah mudah, yang penting semua perlengkapan akuarium layaknya di alam aslinya. Bagi sobat yang membuka usaha dan bisnis ikan hias, berikut cara budidaya ikan zebra yang bisa dijadikan ajang usaha. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio) 


20. Budidaya Ikan Hias Koi

Budidaya Ikan Hias Koi

pecinta ikan hias? Tak sempurna jika tak kenal dengan jenis ikan yang satu ini, ikan hias koi yang terkenal dengan keindahannya serta kecantikannya membuat ikan ini memiliki harga yang sangat fantastis.

Dari budidaya ikan hias koi di kolam beton sampai pada budidaya ikan koi di kolam terpal, pokoknya mempunyai cara budidaya ikan koi lengkap lah.

Memang kalau masalah bibit, usahakan bisa memilih bibit ikan koi blitar. Karena dari kualitasnya sudah terkenal, sekaligus cara mengembangbiakkan koi tersebut sudah sampai kemana-mana.

Jenis ikan koi blitar juga sudah begitu banyak, karena petani ikan koi juga disana sudah menjadi khas pekerjaannya. Sampai-sampai mereka membuat catatan cara budidaya ikan koi pdf. Juga terdapat cara budidaya ikan koki, cara budidaya ikan lele, serta cara budidaya ikan nila. Sampai harga ikan koi pun ada. Baca selengkapnya: Panduan Lengkap Budidaya Ikan Koi untuk Usaha dan Bisnis Ikan Hias


Demikian sobat sedikit berbagi tentang cara budidaya ikan hias terlengkap semua kategosy ini, sebenarnya masih kurang banyak jenis ikan hias lainnya. Kapan-kapan kita sambung lagi budidaya yang lebih lengkap lagi. Semoga bemanfaat dan selamat mencoba.