October 4, 2016

Cara Merawat Ikan Komet dalam Akuarium yang Benar

Cara Merawat Ikan Komet infoikan .com- harga ikan komet saat ini sudah lumayan naik lagi ketimbang dari beberapa bulan yang lalu. 

Yang pasalnya berdasarkan banyaknya pembeli terutama ikan komet jantan untuk dijadikan indukan budidaya ikan komet ini. 

Ikan komet merupakan salah satu Jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara yang punya nama latin ( Carassius auratus ). 

Ikan Komet, Cara Memelihara dan Merawatnya

Klasifikasi ikan komet sendiri sangat beragam, ikan ini dapat diketahui dengan memiliki tanda pada bagian seluruh tubuhnya yang ramping yang dengan terhiasi warna perak putih yang mengkilap serta di ikuti warna merah menyala. 

Sedangkan pada saat berenang bagian ekornya terlihat panjang  melambai-lambai yang kelihatan anggun dan cantik.

Untuk makanan ikan komet sendiri sobat bisa menyediakan seperti pakan ikan mas. 


Karena jenis ikan komet ini masih satu family dengan ikan mas tadi yang banyak ditemukan di daerah wilayah jepang serta masuk ke Indonesia sekitar pada tahun 70 an.

Yang menjadi favorit dan terkenalnya ikan komet ini yaitu mempunyai kombinasi warna putih dan merah yang mengkilap dan menyala serta bisa menyerupai ikan koi. Mengapa demikian? Karena keduanya memang masih satu family dari spesies Cyprinidea.

Sejuta keindahan terpancar pada ikan komet ketika bergerak lenggak - lenggok dengan lamban nan anggun. Apalagi saat ikan komet berenang kesana kemari di akuarium yang jernih, ekornya yang panjang akan nampak begitu anggun bak slayer pengantin. 


Ikan komet akan berhenti bergerak dan seakan mengucapkan salam pada saat didekati.

Untuk membawa ikan komet pulang dan menempatkan di akuarium, tidak perlu merogoh dalam-dalam kantong. 


Pasalnya harga ikan komet sangatlah murah, tidak seperti kerabatnya ikan koi.

gambar ikan komet menyapa



Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Komet


Cara Merawat Ikan Komet

Cara membedakan komet jantan dan betina
Untuk sobat yang baru pertama kali mau membeli atau memelihara ikan komet ini, salah satunya harus bisa mengetahui terlebih dahulu mana yang jantan dan betina. 

Alternatif yang biasa orang lakukan yaitu langsung bertanya aja pada penjual jenis ikan hias aquarium ini.

Akan tetapi dari yang sudah diketahui untuk ikan jantan memiliki tanda atau ciri-ciri apabila penjual ikan tadi mencet pada dubur ikan komet ini, maka akan keluar cairan berwarna putih, sedangkan untuk ikan komet betinanya tidak mengeluarkan. 

Biasanya juga sang penjual tadi akan ngasih tau yaitu dengan meraba jenis ikan jantan dan betina, jika itu kasar (permukaan tutup insang) berarti termasuk ikan komet jantan, Sedangkan jika halus dan licin (permukaan tutup insang) berarti sang betinanya.

Keindahan Sejati Sang Ikan Komet

makanan ikan komet

Keindahan sejati yang dimiliki ikan komet ini terdapat pada warna putih perak dengan fariasi warna merah yang menempel pada seluruh tubuhnya yang ditambah dengan tubuh ideal serta ekor yang panjang. 

Buka dilihat dari mempunyai tubuh yang ramping dan berlenggak lenggok saat berenag, akan tetapi mayoritas dari pemelihara jenis ikan komet ini mengatakan yang di atas tadi yaitu beragamnya warna perak dan merah yang terlihat seperti menempel di bagian punggung serta tak jarang yang melekat pada balik perutnya.

Ikan komet juga banyak pilihan warna, yang tentunya semuanya terlihat indah dan cantik. 

Seperti warna merah, putih, kuning atau perpaduan dari warna-warna tersebut.

-Mudahnya Cara Merawat Ikan Komet
-Cara Merawat Ikan Komet Di Akuarium

Siapapun bisa merawat ikan komet, karena ikan komet tahan dan kuat, mudah dalam pakan dan tidak rewel.

Seperti yang pernah infoikan.com bahas yaitu Jenis ikan hias terlengkap yang mudah dipelihara   selain di akuarium ikan komet juga termasuk ikan hias yang bisa dipelihara / dirawat di kolam ikan hias.

Kunci utama kesuksesan seorang pemelihara dalam aquarium tidak lain selalu menjaga kondisi air tesebut agar bersih dan bagus serta masalah makanannya harus benar-benar diperhatikan. 

Untuk Pemberian pakan sendiri, sobat cukup memberinya satu kali dalam sehari.  

Yang mana usahakan untuk menyediakan jenis makanan ikan komet yang alami kalaupun itu pakan pelet atau buatan, dalam memberikan sedikit demi sedikit, jika dirasa masih lapar sobat bisa menambahkan lagi untuk di tabutkan kedalam wadah tadi. 

Jangan lupa lagi jika kelihatannya kondisi air aquarium sobat sudah dalam keadaan kotor banyak lumut atau sesampahan pakan, sobat bisa membersihkannya minimal seminggu sekali. 

Yang manfaatnya juga untuk menjaga kondisi ikan komet ini selalu terjaga setiap saat. 

Tak akan ada penyakit ikan komet jika sobat memberikan waktu untuk terus memantau perkembangan kondisi air dan makanan tersebut. 

Namun secara tidak sadar ada juga yang secara tiba-tiba iakn komet tadi dapat terserag penyakit.  

Memang banyak yang sudah kabar beredar mengenai ikan komet ini yang keabal akan penyakit luar yang mengancamnya. 

seperti yang sudah terjadi yaitu adanya kutu jarum dalam aquarium, untuk mengatasi penyakit ikan komet ini sobat cukup mengambilnya saja dengan sarung tangan.

Cara lain untuk menangani kutu jarum ini, bisa dengan memberi obat pembasmi kutu ikan apapun itu mereknya pada air akuarium dengan dosis yang dianjurkan. 

Cara Merawat Ikan Komet Di Kolam Ikan Hias

Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Komet
www.kaskus.co.id
Diperuntukkan sobat yang mempunyai halaman rumah yang cukup lebar, bisa membuat jenis kolam outdoor, karena akan memberikan keindahan serta kecantikan tersendiri pada rumah sobat, dan sekaligus ikan tadi akan terlihat mempesona. 

Akan tetapi jangan lupa untuk selalu me,berikan hirupan oksigen/udara yang pas dan cocok dengan kondisi lingkungan sekitar. 

yang lebih lagi kolam yang sudah jadi tadi jika ingin terlihat indah dan asri, sobat bisa tabahkan sejenis tanaman hias utuk air (enceng gondok / kayambang "silvinia molesta")

gambar ikan komet



Gambar ikan komet
www.kompasiana.com
Seperti yang tertera pada gambar yaitu jika terdapat lebih dari 2 jenis iakn komet, maka akan saling kejar mengejar satu sam lain di dalam dan dibawah tanaman air tadi yang tujuannya mencari pakan seperti lumut serta memberikan peluang untuk ikan komet biar berkembangbiak. 

Jika dirasa berhasil, biasanya telur tersebut akan terdapat pada tanaman air tersebut dengan kondisi menempel.

yang mana jika ikan komer bertelur, air tadi akan terdapat banyak buihnya, yang menempel pada akar tanaman air tersebut yang di tandai dengan memiliki warna bening. 


Stelah sudah terlihat dengan jelas, sobat bisa memindahkan jenis tanaman air tadi pada wadah yang khusus buat burayaknya kelak.

telur ikan komet 



Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Komet

Dalam selang 3 hari sobat bisa melihat hasil telur-telur tadi yang mana biasanya sudah menetas yang ditandai dengan memiliki warna hitam pada anakan ikan komet tadi. 

Secara otomati ketika burayak ikan komet tadi sudah berusia kurang lebih satu bulanan akan berubah earna menjadi sesuai dengan genetik induknya.

Untuk pemberian makanan ikan komet ini, sobat cukup menyediakan dan memberinay sehari satu kali saja.  


Berbeda lagi jika sudah berumaur sekitar menginjak 3 bulan atau lebih, sobat bisa memberikan makanan ikan komet ini sehari 3 kali. 

Sekian dulu sbat sedikit berbagi tentang cara merawat ikan komet ini, semoga bermanfaat untuk praktek pemeliharaan pada jenjang berikutnya.
Berbagai sumber..

baca juga:   
-Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan
 -Cara Terbaik dan Berlian Budidaya Ikan Mas