February 5, 2017

Budidaya Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)

Budidaya Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio) Infoikan.com Salah satu jenis ikan zebra yang populer mempunyai harga ekonomis di pasaran adalah zabra danio. Ikan zebra air tawar ini salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. 

Cara merawat zebra danio sangatlah mudah, yang penting semua perlengkapan akuarium layaknya di alam aslinya. Bagi sobat yang membuka usaha dan bisnis ikan hias, berikut cara budidaya ikan zebra yang bisa dijadikan ajang usaha.

jenis ikan zebra


Panduan Lengkap Budidaya Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)
Ordo                : Ostariophysoidei
Sub-Ordo         : Ciprinoidea
Famili              : Cyprinidae
Genus             : Brachydanio
Spesies           : Brachydanio rerio
Asal                 : RPerairan Coromandel, Calcuta sampai Massulipatan, Kawasan timur India
Nama Inggris  : Zebra, Zebra Danio, Striped Danio


ikan zebra air tawar
amazingamazon.com

harga ikan red zebra
swimmingfish.info


Ciri-Ciri Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)
Meski ikan hias ini dinamai ikan zebra, jangan langsung beranggapan warnanya seperti kuda zebra. Warna dasar badan zebra hijau kecoklatan dengan garis-garis kontras melintang ditubuhnya dari leher sampai sirip.

Panjang tubuh maksimal 5 cm. Dikalangan pembudidaya dan penggemar ikan hias dikenal sebagai jenis ikan zebra antara lain: Zebra rintik, Zebra biasa, Zebra Albino, dan Zebra Slayer.

ikan zebra tilapia
IsabellaNY.DeviantArt.com

jenis jenis ikan zebra
bettatrading.com.au


Sifat-Sifat Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)
Sebelum melakukan budidaya ikan zebra, ketahui delu sifatnya. Ikan zebra lazimnya ditemukan tumbuh dan berkembang pada perairan yang mengalir. Oleh karena itu jika dipelihara dalam akuarium atau bak pemeliharaan ia terlihat amat gesit dan lincah.

Sifat yang menarik dari zebra, jika ia ditaruh dalam jumlah banyak di dalam akuarium, mereka suka membentuk barisan. Lebih dari itu meski ada kesan ia liar tetapi amat mudah di tangkap. 

Ikan zebra juga dikenal amat rakus makan. Jika zebra diberi makan seperti jentik nyamuk atau cacing sutera merah dalam sekejap akan ludes dilahapnya. Tempat pemeliharaan yang digemarinya diberi tanaman air. Karena bergerak cukup gesit, maka sebaiknya dalam akuarium disediakan ruang kosong.

harga ikan zebra danio
youtube.com

makanan ikan zebra
kritters.co.nz


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)
Tempat pemijahan budidaya ikan zebra sama dengan ikan hias lainnya yaitu bisa di akuarium dan bak semen.
  1. Bak semen yang digunakan berukuran 1 x 1 m kedalaman 25 - 30 cm (Pemijahan Massal)
  2. Akuarium ukuran 20 x 20 cm kedalaman 40 cm (Pemijahan secara berpasangan)
  3. Yang diperlukan air jernih yang biasa bersumber dari sumur atau ledeng, dengan ketentuan diendapkan dulu 24 jam. Kesadahan air yang digunakan 20 - 24 derajat C.
  4. Dasar akuarium di kasih batu-batu kecil dan permukaan dikasih jenis tanaman air mengapung.
Memilih Induk Budidaya Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)
Sebelum memilih induk budidaya ikan zebra yang siap pijah, harus diketahui dulu mana jantan dan mana betina. 

Perbedaan jantan dan betina ikan zebra:
Induk jantan memiliki bentuk badan lebih kuning, sementara betina biasanya berwarna kusam dan badannya lebih besar dari jantan.

Umur induk zebra yang ideal adalah 7 bulan dengan panjang tubuh 4 cm. Induk-induk ini sebelum memijah sebaiknya diberi makanan bergizi yang kadar lemaknya sedikit misalnya jentik nyamuk.

perbedaan zebra jantan dan betina
aquariumtidings.com

jenis ikan zebra
fishtanksandponds.com


Pemijahan Budidaya Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)
Pasangan induk budidaya ikan zebra yang telah diseleksi dimasukkan ke dalam kolam pemijahan. 

Untuk bak di atas cukup memadai menampung 20 pasang induk zebra. Sedangkan untuk akuarium ukuran tersebut di atas cukup untuk sepasang induk. Tinggi air dalam pmijahan ini 15 - 20 cm.

Bagi yang memijahkan ikan zebra rajin-rajinlah dasar tempat pemijahan. Biasanya telur akan berserakan di situ. Kalau telur telah nampak, segera usingkan si induk untuk menjaga keselamatan telur tersebut. 

ikan zebra air tawar
petsolutions.com

harga ikan red zebra
aquariumlife.com.au


Pembesaran Budidaya Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio)

Cara merawat burayak ikan zebra
Seteha 4 hari budidaya ikan zebra berlangsung, telur-telur ini akan berubah menjadi burayak yang masih lembut. Umur 3 hri setelah menetas, burayak sudah bisa diberi makan yang sesuai dengan ukuran mulutnya, yaitu rotifera, menyusul kemudian kutu air (Moina, Cyclop). Untuk mendapatkan pertumbuhan badan yang pesat, burayak diberi makan cacing sutera.

Bagian yang penting perawatan ini air dalam bak atau akuarium harus diganti setiap 3 hari sekali dengan cara menyedot 1/5 - 2/3 bagian lalau menggantinya dengan air segar.

Untuk menjamin larva ikan zebra ini dari gangguan penyakit, maka tak ada salahnya jika ke dalam bak burayak itu dibubuhkan 2 tetes larutan 5% Methelene Blue.

sebulan kemudian cara merawat burayak ikan zebra sudah bisa dibagi-bagi untuk mendapatkan ruangan yang cukup luas. Atau sudah pula bisa dijual.

Tetapi paling ideal ia dijual saat berukuran M yaitu perawatan selama 3 bulan, atau kalau masih mau menahannya sampai ukuran L, silahkan karena harga ikan zebra satuannya jauh lebih mahal, terlebih menjuanya dalam bentuk pasangan induk.
Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio) ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.