January 24, 2017

Langkah Budidaya Ikan Manfish (Angelfish/Scalare) untuk Pemula

Budidaya Ikan Manfish Infoikan.com Pernah menjual dan membeli ikan manfish? atau budidaya ikan manfish untuk usaha dan bisnis? Siapa sih yang tidak kenal dengan manfish, salah satu ikan hias yang mudah dipelihara. Perawatan ikan manfish juga sangat mudah apalagi di akuarium.

Jika sobat sedang memelihara dan merawat ikan manfish, jangan lupa untuk memberi makanan ikan manfish yang bergizi dan mengandung banyak protein. Cara budidaya ikan manfish (angelfiah scalare) sendiri tergolong agak lumayan mudah, apalagi harga jualnya sekarang sedang naik daun dan diburu para penghoby ikan hias. Berikut Langkah budidaya ikan manfish Angelfish/Scalare:

harga jual ikan manfish
DuniaPerairan.blogspot.com


Budidaya Ikan Manfish (Angelfish/Scalare) untuk Pemula

Klasifikasi dan Sitematika Ikan Manfish (Angelfish/Scalare)
Ordo                  : Percomorphoidei
Sub-Ordo            : Percoidea
Famili                : Cichlidae
Genus                : Pterophyllum
Spesies              : Pterophyllum scalare
Asal                   : Amazon, Rupununi, Sungai Essequibo di Guyana
Nama Inggris       : Angelfish/Scalare


ikan manfish jantan dan betina
AkuariumIkanHias.blogspot.com


Ciri-Ciri Ikan Manfish (Angelfish/Scalare)
Manfish memiliki bentuk tubuh yang istimewa - pipih (gepeng) dengan bentuk tubuh seperti anak panah. Sirip punggung dan perut membentang lebar ke arah ekor sehingga nampak berbentuk busur berwarna gelap transparan. 

Dibagian dadanya ada buah siripyang panjangnya menjuntai sampai ke ekor. Di kalangan pembudidaya ikan hias, sirip dada yang berwarna keputihan ini dinamai selempang alis dasi, karena bentuk memang tidak menyeruapai sirip.

Tubuhnya yang indah ini dibalut oleh dasar keperakan mengkilat sampai hijau keabuan. Panjang tubuh maksimal sampai 15 cm. 

Jenis manfish ada 3, yang pertama jenis manfish Pterophyllum dumerili, jenis manfish Pterophyllum Scalare, jenis manfish altum. Namun begitu, yang menonjol adalah spesies scalare, baik dari segi panmpilan maupun harga pasarannya. 

Spesies dumerili, misalnya, ukurannya amat kecil sehingga cuma cocok dipelihara di akuarium kecil. Dan yang paling digemari yaitu jenis zebra dari Amerika, karena ikan manfish ini sangat cantik yaitu black and white alias hitam putih, karena memang tubuhnya bervariasi warna hitam dan putih.

makanan ikan manfish
Seputarikan.Com

ikan manfish galak
akuariumhiasku.blogspot.com


Sifat-Sifat Ikan Manfish (Angelfish Scalare)
Pemula budidaya ikan manfish harus mengetahui dulu sifat ikan manfish ini. Di alam, ikan manfish banyak dijumpai pada perairan yang tenang dan banyak ditumbuhi tanaman air. Sifat ini membuat manfish yang dipelihara di dalam akuarium gelisah jika suara terlalu gaduh.

Dan seperti ikan dari keluarga Cichlidae, manfish sangat sayang terhadap keluarganya. Begitu sayang nya ia malah menyantap anak-anaknya, bila merasa ada yang mengganggu keselamatannya. Oleh karena itu, hindarkan yang membuat ia kaget, seperti gerakan air yang mendadak, memasukkan sinar yang berlebihan ke dalam kolam.

ikan manfish terbesar
hkti.org

perawatan ikan manfish
greenfishindonesia.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Manfish (Angelfish Scalare)
Tempat untuk melakukan budidaya ikan manfish ada 3 kolam dan akuarium, dan paso tanah liat.

1. Ukuran kolam yang dibuat dari semen atau tanah liat cukup 100 x 100 x 80 cm. Kolam yang baru dubuat untuk manfish, tidak boleh langsung dipakai, tapi bersihkan dulu dari bau semen. Setelah baunya hilang, kolam direndam lagi 4 minggu. Setelah itu dikeringkan, lalu diisi air setinggi 50 sampai 70 cm, dan siap dimasukkan pasangan indukan manfish.

2. Wadah kolam akuarium manfish untuk pemijahan berukuran 100 x 75 x 50 cm dengan tebal kaca antara lima sampai enam mm. Ukuran ini cuma diperkirakan cukup leluasa bagi manfish bercumbu rayu. Sebelum digunakan bersihkan dulu denga tanah liat atau dibakar.

3. Karena manfish suka menempelkan telur, maka dalam memijah harus disediakan benda atau alat tempel. Dapat berupa pecahan botol, pipa peralon atau benda lain yang permukaan licin (tidak berpori-pori). kalau tanaman air seperti sagitaria yang berdaun panjang dan kuat.

4. Air yang diperlukan untuk memijah dan juga untuk merawat ikan manfish harus jernih dengan keasaman normal (pH 6,8 - 7), suhu antara 24 - 26 derajat C. Jika airnya berasal dari PAM, perlu diendapkan dulu selama 24 jam.

Jenis Ikan Manfish
akuariumhiasku.blogspot.com

ikan manfish platinum
Aquascape-Design.blogspot.com


Memilih Induk Budidaya Ikan Manfish (Angelfish Scalare)
Berikut cara memilih indukan budidaya ikan manfish, sekaligus sobat bisa mengetahui perbedaan antara induk jantan dan betina ikan manfish:
  • Ikan jantan memiliki bentuk tubuh yang relatif besar pada umur yang sama. 
  • Perut pipih dan ramping.
  • Antara mulut dan sirip punggung berbentuk cembung.
Induk betina:
  • Induk betina tumbuh lebih kecil.
  • Perut besar dan menonjol.
  • Kepala lebih kecil Bentuk mulut dan sirip punggung membentuk garis lurus.
Bagi yang tidak mau epot dengan cara itu, bisa melihat tingkah laku ikan manfish tersebut. 

Cara termudah ialah membeli beberapa anakan ikan manfish dan pelihara sampai besar. Untuk membedakan mana jantan dan betina, pisahkan manfish yang sedang berkejar-kejaran untuk induk.

Usia induk untuk pemijahan ikan manfish paling tidak 7 bulan dengan ukuran 7,5 cm. Ciri manfish telah matang kelamin ialah selalu berpasangan dan kejar mengejar. 

harga jual ikan manfish
Aquascape-murah.blogspot.com

 cara membedakan ikan manfish jantan dan betina
greenfishindonesia.com


Proses Pemijahan Budidaya Ikan Manfish (Angelfish Scalare)

Agar budidaya ikan manfish (angelfish) berjalan lancar seperti di alamnya, tempat pemijahan harus di lengkapi dengan tanaman mengapung seperti enceng gondok, hal ni supaya gelap dan berjalan lancar. 

Karena ikan manfish suka tempat yang gelap, untuk akuarium bisa di tempel dengan kertas gelap. Ikan manfish biasanya bertelur malam hari ketika suasan tenang dan sepi. Induk betina akan segera meletakkan telurnya di tempat penempelan telur yang di sediakan. 

setelah itu induk akan bergantian menjaga telur-telur tersebut. Gerakan ini sangat posistif untuk memberikan tambahan zat asam pada telur. Yang perlu diperhatikan jangan sampai membuat kaget si ikan, karena bisa-bisa akan memakan telur, anakan dan burayak ikan manfish ini.

Setelah 24 - 40 jam pada suhu 27 - 31 derajat C, telur yang berjumlah 300 - 400 butir itu akan menetas.Oleh induknya, ikan burayak ini akan dikumpulkan oleh induknya di tempat persembunyian. Misalnya di permukaan daun atau pralon dengan terlebih dahulu melengkapinya dengan lendir pada tengkuaknya. 

jenis ikan manfish
averroesradyaeldrian.wordpress.com


Pembesaran Budidaya Ikan Manfish (Angelfish Scalare)
Jangan usah khawatir untuk pemula budidaya ikan manfish ini, sebab lazimnya usia lima hari burayak sudah dapat berenang. Dan saat ini pula induk akan melepasnya. 

Pada saat inilah burayak bisa di ambil dengan seser halus. Benih lalu dideder di tempat yang lebih luas entah itu di akuarium maupun bak semen. Pendederan ini untuk merawat burayak ikan manfish agar cepat bertumbuh besar. Serta bagi induk bisa dirawat kembali dan siap dikawinkan lagi.

Bak untuk benih usia satu minggu cukup dengan ukuran akuarium 2 x 1 m dengan ketinggian 40 cm atau luasnya 3 x 1 m. Tinggi air 30 cm. sedangakn akuarium yang dipakai cukup berukuran saat pemijahan denga ketinggian dengan tinggi air sama dengan bak pendederan yaitu 30 cm.

Jenis makanan burayak untuk minggu pertama ialah rotifera, minggu berikutnya kutu air yang disaring, selanjutnya cukup kutu air tanpa disaring dan cacing sutera atau cacing merah. 
Baca juga:
-Cara Membuat Kutu Air, Moina Sp, Waterfleas 100% Berhasil 
- Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol, Susu, dan Tanpa Starter

setelah terlihat besar, benih bisa di pindah lagi untuk dideder di bak lain dengan kepadatan yang dikurangi dari pendederan pertama, yaitu 100 - 150 ekor per 2 x 1 m atau lebih, dengan ketinggian air yang sama yaitu 30 cm. 

Untuk benih yang dibesarkan di akuarium hendaknya dikasih aerator (pompa udara) untuk mensuplay oksigen terlarut dalam air. 

Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan manfish (angelfish scalare) ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.

Baca juga:
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah
-Jenis Ikan Hias Aquarium Terlengkap yang Mudah Dipelihara
-Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit