November 10, 2016

Cara Membuat Aquarium Ikan Hias Air Tawar Untuk Pemula

Cara Membuat Aquarium Ikan Hias Air Tawar infoikan.com Ingin mendesain ruangan agar terlihat cantik dengan Aquarium? atau menggunakan aquarium sebagai budidaya ikan? Siapa sih yang tak kenal dengan aquarium, salah satu jenis tempat yang sudah umum digunakan sebagai wadah untuk memelihara ikan hias. Sebuah kotak sederhana mempunyai manfaat yang sangat luar biasa apalagi terdapat jenis tanaman hias di dalamnya.

Dari kacamata para penghoby merawat ikan hias, cara membuat aquarium sangatlah mudah. Tak ada yang sulit karena semua bahan-bahannya dapat di cari pada sekeliling kita bahkan jenis aquascape juga demikian. Berikut penjelasan singkat mengenai tahap-tahap cara membuat aquarium ikan hias.

cara membuat aquarium

Penyiapan Bahan 
Sebuah konsep sederhana yakni membuat sebuah ekosistem baru di dalam sebuah aquarium, sehingga dapat dijadikan sebuah hiasan untuk memperindah ruangan home kamu. Beberapa bahan yang harus disiapkan antara lain:
1. Aquarium
2. Pasir Hias
3. Jenis Tanaman Hias Aquarium

Baca juga: Cara Terlengkap Membuat Kolam Ikan

Cara Membuat Aquarium


Cara Membuat Aquarium-Persiapan Dasar

Langkah pertama bisa siapkan pasir tersebut, kalau bisa yang jenis silica dengan ukuran 4-5 mm. Kemudian tambahkan carbon active yang berfungsi untuk menyerap zat yang dapat merusak atau berbahaya dalam kandungan air pertama kali.

Ratakan pasir tersebut pada bagian bawah aquarium, hal ini untuk mengantisipasi tanaman hias yang akan tumbuh bisa membawa bakteri dari air tersebut. Dari sinilah manfaat carbon ative dapat meminimalisir kerusakan oleh jamur.

Cara Membuat Aquarium

Pemupukan
Pupuk dasar ini berfungsi untuk memberikan nutrisi pada jenis tanaman hias yang akan di tanam kelak. Akan tetapi pemberian pupuk ini hanya di pakai ketikan jenis tanaman hias mempunyai akar saja. Sedangkan jika tidak memiliki akar, maka dalam pemberian pupuk ini tidak diwajibkan.

Pilihlah jenis pupuk yang umumnya sudah menjadi trand atau banyak yang memakai, biasanya sudah terbukti akan kualitasnya. Jenis tanaman yang bisa menyerap nutrisi biasanya yang berdaun seperti Anubias dan Microsorum.
Baca juga: Tips Mudah Cara Membuat Aquascape pada Aquarium yang Murah untuk Pemula

Cara Membuat Aquarium

Cara Membuat Aquarium-Menyiapkan Top Layer dan Hardscape
Pupuk yang tadi sudah dimasukkan, selanjutnya bisa di kasih pasir lagi atasnya. Hal ini merupakan proses penimbunan, lalu buatlah dekorasi hardscape bisa memakai batu serta kayu. Desain dengan baik dan teratur sesuai rencana awal dan jangan sampai membuat sempit arena berenang ikan.

Cara Membuat Aquarium
 
Mengisi Aquarium dengan Air 
Cara membuat aquarium yang paling penting adalah dalam pengisian air ini, memang terlihat sepele dan sederhana, akan tetapi jika tidak pada posisi dan ukuran yang benar bisa dipastikan akan terjadi kekliruan dan fatal. Mengapa bisa demikian? Karena jika salah sedikit saja seperti melangsungkan memasukkan air tanpa tahapan, malah akan merusak pasir dan pupuk tadi dan menjadi berantakan.

Cara yang efektif dan biasa dilakukan oleh para pemelihara ikan hias, yaitu dengan di kasih kertas atau plastik di atas pasir tadi, sehingga tidak langsung mengenai pupuk dan pasir.

Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Kecil

Cara Membuat Aquarium


Jenis Tanaman Hias-Cara Membuat Aquarium 

Banyak sekali macam tanaman air yang bisa sobat taruh di dalam aquarium ini. Menanamnya harus pada tempat yang sudah di desain tadi, dan setara dengan ketinggian air lebih bagusnya jika di dalam air. tambahkan juga perlengkapan aquarium seperti, diffuser Co2, outlet filter, peletakkan pencahayaan dan lainnya. Untuk lebih jelas dengan tanaman hias, bisa langsung baca pada artikel..Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh

Setelah dikira sudah di tanam semua, barulah airnya dipenuhin kemudian biarkan beberapa saat, dan kemudian ambil lagi sekitar 70% lagi. Hal ini bermanfaat untuk membuang kandungan amonia dan nutrisi pupuk yang larut dalam air.

Cara Membuat Aquarium

Setelah melalui semua proses cara membuat aquarium, sobat bisa memasukkan jenis ikan hias air tawar sesuai dengan keinginan hati. Dan tentunya yang dapat menambah keindahan serta kecantikan ruangan.

Baca juga:
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara