February 4, 2017

Budidaya Ikan Hias Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)

Budidaya Ikan Hias Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb) infoikan.com Ikan sumatra masih salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Tiger barb nama-nama ikan pada daerah kalimantan dan sumatra Indonesia. Ikan hias cantik dan indah ini ternyata mudah dibudidayakan serta harganya sangat ekonomis.

Tak rugi jika Anda pecinta ikan hias budidaya ikan sumatra ini, selain cantik peminatnya sangat lumayan banyak. Apalagi ikan hias sumatra ini asal Indonesia sendiri, pastinya memiliki daya tarik tersndiri. Ada yang mengatakan ikan sumatra galak, mungkin dalam akuarium berenang bersama satu kelompok. berikut cara budidaya ikan hias sumatra.

budidaya ikan sumatra


Panduan Lengkap Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
Ordo               : Ostariophysoidei
Sub-Ordo         : Cyprinoidea
Famili              : Cyprinidae
Genus             : Puntius
Spesies           : Puntius Tetrazona (Bleeker) atau Capoeta tetrazona
Asal                : Sumatra, Kalimantan
Nama Inggris  : Sumatra Barb, Tiger Barb


Budidaya Ikan Sumatra
en.aqua-fish.net

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
animal-world.com


Ciri-Ciri Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
Bentuk badan memanjang, pipih kesamping compressed. Warna dasar putih keperakan. Pada sebelah atas badannya berwarna agak sawo matang dengan corak hijau, sedangkan sisi badannya berwarna kemerah-merahan.

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
aquariumlife.com.au

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
animal-world.com


Sifat-Sifat Ikan Hias Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
Melakukan budidaya ikan hias sumatra barb ini bisa mengetahui sifatnya, ikan ini termasuk jenis ikan hias pendamai sehingga cocok untuk akuarium ketika masih kecil. Namun setelah dewasa biasanya suka usil menggigit atau galak dengan ikan-ikan lain, terutama yang lebih kecil.

Ikan sumatra di alam aslinya ditemukan di rawa-rawa dataran rendah. Juga ditemukan pada perairan yang agak tenang atau mengalir pada daerah pegunungan.

Dalam memijah ikan sumatra tergolong ikan yang menghamburkan telurnya. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan ikan hias bertelur berserakan.

Dapat mencapai panjang total hingga 7,5 cm, sedangkan untuk pemijahan dapat dilakukan setelah berukuran 5 cm. Ikan sumatra termasuk jenis ikan hias pemakan segala (Omnivora).

Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
Tempat pemijahan budidaya ikan sumatra dapat menggunakan akuarium atau bak semen. Jika akuarium, cukup berukuran panjang 80 cm, lebar 45 cm, tinggi 40 cm. Sedangkan bak yang dianggap ideal biasanya 2 x 1 m atau 2 x 2 m, dengan ketinggian 0,4 m.

Dasar akuarium bisa diberi tanaman air seprti hydrilla atau ekor kucing myriophyllum. Bisa juga ditambahkan rumput enceng gondok yag berakar rimbun. Tanaman yang di dasar usahakan kasih yang rapat, agar anakan tidak di mangsa induknya sendiri.

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
youtube.com

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
youtube.com


Memilih Induk Budidaya Ikan hias Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
Memilih induk budidaya ikan hias sumatra ini ikan jantan ditandai dengan badan yang lebih langsing dan warna yang agak tua, sedangkan ikan betina mempunyai badan yang lebih montokdengan warna kurang mencolok.

Ciri-ciri induk jantan ikan sumatra matang kelamin dapat dilihat dengan mudah, dari perubahan warna hidungnya yang merah cherry, sedangkan ciri-ciri induk betina ikan sumatra yang matang kelamin tidak begitu kelihatan. Betina hanya dapat dilihat dari perutnya yang membulat, sarat dengan telur.

Induk pemijahan ikan sumatra harus mencapai ukuran cukup besar., kurang lebih 5 cm, dan sudah mencapai umur 5 - 6 bulan. Induk-induk ditempatkan dalam akuarium atau bak tersendiri, dan diberi makanan jentik-jentik nyamuk.

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
Tropical-Fish-Keeping.com

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
fish4fishlovers.blogspot.com


Pemijahan Budidaya Ikan Hias Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
Setelah tempat pemijahan siap, induk yang telah diseleksi dimasukkan dengan hati-hati, usahakan pagi hari. Dengan luas bak 2 m3 dapat dikawinkan sebanyak 40 pasang, dengan perbandingan jumlah jantan dan betina seimbang 1 : 1. Jika pemijahan budidaya ikan sumatra dilakukan di akuarium sebaiknya tidak lebih dari 4 pasang.

Biasanya ikan hias sumatra akan memijah pada siang hari, telur-telur akan dikeluarkan berserakan saja. Sebagian telur akan melekat pada tanaman air di dasar kolam dan sebagian akan jatuh. Sebaiknya indukan bisa dipindah di lain tempat dan dirawat denga baik lagi.

Makanan burayak ikan sumatra pertama kali dapat berupa infusoria. Kemudian meningkat kutu air yang disaring, sebelum akhirnya diberi kutu air kasar dan cacing sutra. Pemberian makanan dilakukan secara rutin.

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
en.aqua-fish.net

Budidaya Ikan Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)
wikihow.com

Pembesaran Budidaya Ikan Hias Sumatra (Sumatra Barb, Tiger Barb)

Pembesaran budidaya ikan hias sumatra dilakukan di tempat benih tersebut dilakukan. Jika diteteskan di tempat pemijahan, maka pembesaran tahap mula dapat dilakukan disitu juga. 

Setelah 4 hari, berilah makanan yang cocok dengan kondisinya. Yaitu berupa pakan infusoria yang dapat diperoleh dari perairan yang subur atau dapat membudidayakannya di kolam. Kemudian meningkat kutu air yang disaring.

Pergantian air sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 3 atau 4 hari sekali, dengan jalan menyipon sebanyak 1/2 atau 2/3 nya. Air yang dapat dipakai untuk menggantinya tidak boleh langsung dari sumur, harus sudah didiamkan paling tidak 24 jam.

Penggantian ini harus dilakukan pada saat benih sudah berumur 2 minggu, sampai pada akhirnya benih dipindahkan di tempat yang lebih besar atau dikurangi kepadatannya.

Baca juga:
Demikian sobat sedikit berbagi tentang budidaya ikan hias sumatra tiger barb ini, semoga bemanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.