April 2, 2017

Jenis Ikan Hias Kecil untuk Akuarium dan Aquascape Beserta Gambarnya

Ikan Hias Kecil Infoikan.com Sudah tau jenis ikan hias dan harganya? atau ingin tau ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam satu aquarium? Dari berbagai macam ikan hias, kini telah dikelompokkan lagi berdasarkan ukuran dan bentuk badannya. Ikan hias dipelihara hanya dibuat hiasan akuarium dan ruangan saja. Baik yang bentuknya kecil maupun yang besar. 

Untuk mendapatkan ikan hias sendiri sangat mudah, hanya saja cara merawat ikan hias inilah yang membutuhkan perhatian khusus. Jenis ikan hias sendiri bermacam variasi, mulai ikan hias air tawar terindah, hingga ada juga yang namanya ikan hias termahal. Di Indonesia sendiri untuk memperoleh ikan hias sangat mudah terutama jenis ikan hias kecil yang dapat Anda pelihara di aquarium.

Berikut ini info ikan memberikan beberapa daftar jenis ikan hias kecil unik cantik dan sangat indah untuk kita tempatkan pada wadah aquarium dan aquascape.

Ikan Hias Kecil


Jenis Ikan Hias Kecil Super Cantik untuk Akuarium dan Aquascape

Semakin hari peminat pencari ikan hias makin bertambah banyak, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Yang menjadi trand malah dibuat ajang usaha dan bisnis ikan hias. 

Dari sekian banyaknya pecinta ikan hias, ada jenis tersendiri yang menjadi populer pencarian mereka, tak lain yaitu jenis ikan hias yang mempunyai ukuran kecil. Hal ini karena jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Berikut ulasan ikan hias kecil.

1. Ikan Hias Kecil - Ikan Guppy
Salah satu ikan hias kecil cantik adalah ikan guppy ini. Ikan yang kerap juga dipanggil dengan nama suwadakar, ikan cere, ikan seribu (Poecilia reticulata), yang keberadannya sangat dikagumi oleh setiap mata yang melihat terutama terkenal diseluruh dunia.

Jenis ikan hias air tawar kecil ini memiliki harga yang ekonomis, semua kalangan dapat membawa pulang dengan uang recehan. Cara budidaya ikan guppy sendiri tergolong mudah dikerjakan, asalkan punya kesabaran yang tinngi pasti berhasil.

Ikan Hias Kecil

Ikan Hias Kecil


2. Ikan Hias Kecil Swordtail (Ikan Ekor Pedang)
Dinamakan ikan ekor pedang karena bentuk ikan hias air tawar ini memiliki bentuk ekor yang memanjang, semakin panjang semakin kecil dan runcing.

Nama ilmiah dari yunani Xiphophorus helleri atau ikan pedang merupakan ikan hias yang banyak juga dibuat buruan para kolektor untuk usaha dan bisnis. Ikan pedang masih salah satu jenis ikan Livebearers yang umum berkembang biak dengan cara melalui pembuahan internal.

10-12 cm merupakan ukuran maksimal ikan pedang ini. Jensi ikan hias kecil ini lebih menyukai tempat atau wadah akuarium yang agak lebar, biasanya akan menemukan gaya untuk berenang tersendiri dan lebih suka berada di atas permukaan air.

Jika Anda mencampur antara jantan dan betina ikan pedang, perbandingan yang ideal adalah 1:3. Biasanya si jantan akan langsung merayu si betina untuk bercinta. Jika dalam satu akuarium lebih banyak jantan, maka si betina akan kewalahan dalam melayani si jantan dan akhirnya mudah lelah kemudian mati.

Ikan Hias Kecil

Ikan Hias Kecil


3. Ikan Hias Kecil - Ikan Molly
Salah satu daftar ikan hias kecil adalah ikan molly dengan nama latin (Poecilia sphenops) yang diyakini berasal dari perairan meksiko, Virginia, Florida. 

Ikan molly bersifat omnivora yaitu pemakan segala. Maksimal ukuran tubuhnya dapat mencapai 12 cm. Jenis ikan molly sendiri ada lumayan banyak, yang sekarang sudah mulai bermunculan yang dibawa pada pengusaha ikan hias dari berbagai daerah yang berhasil melakukan perkawinan silang.

Salah satu jenis ikan molly yang terkenal dan populer adalah molly balon, yang memang fitur tubuhnya seperti balon gendut. Jika Anda memelihara dalam wadah akuarium yang sudah berukuran dewasa, akan terlihat lebih cantik dan menarik seperti ikan maskoki.

Ikan Hias Kecil

Ikan Hias Kecil


4. Ikan Hias kecil - Ikan Cupang
Salah satu jenis ikan hias air tawar yang berukuran kecil ini sudah membius semua kalangan, apalagi cara budidaya ikan cupang lumayan mudah. Hingga saat ini terus bermunculan bentuk sirip yang lebih cantik. 

Tak heran jika jenis ikan cupang semakin banyak dan beraneka ragam, baik dari cupang aduan maupun cupang hias yang memiliki bentuk ekor menawan bagi pemeliharanya.

Nama latin ikan cupang adalah Betta Sp. Yang banyak kita jumpai di daearh Asia Tenggara terutama Indonesia, Mlaysia, Thailand, dan Vietnam. Ikan cupang ini pada umumnya memiliki sifat yang agresif selalu ingin menang sendiri dengan sekaligus mempertahankan wilayahnya.

Ikan Hias Kecil

Ikan Hias Kecil

5. Ikan Hias Kecil - Ikan Black Ghost 

Jenis ikan his kecil dari daftar yang terakhir ini memiliki nama black ghost yang artinya jenis iakn hias yang mirip setan malam dengan bentuk dan warna hitam kelam.

Jika Anda merawatnya usahakan untuk menaruhnya dalam akuarium dilengkapi dengan beberapa jenis tanaman hias yang hijau. Peminat ikan black ghost lumayan banyak, karena jenis ikan hias unik dan cantik serta memiliki bentuk tubuh seperti layang-layang.

Nama latin ikan black ghost (Apterontus albifrons), yang ditemukan di perairan sungai amazon, juga kerap dipnggil dengan "setan hitam" dan "penari balet", yang memang terlihat unik saat berenang yang memiliki gaya mauju mundur, jungkir-balik, maka tak heran jika julukannya penari balet.

Nama lain ikan black ghost adalah ikan bendera, layaknya bendera yang dapat berkibar seperti tertiup angin kencang, yaitu terletak pada kedua sayapnya.

"si bulu ayam" keunikan nama ikan black ghost, yaitu kelenturan tubuhnya ketika berenang bergerak dapat membentuk sudut 90 derajat sedangakn bulu ayam diibaratkan warna tubuhnya yang hitam dan terlihat tegak kaku layaknya bulu ayam.

Ikan Hias Kecil
binatangpeliharaan.org

Ikan Hias Kecil
majalahikan.blogspot.com

Demikian inilah beberapa daftar jenis ikan hias kecil yang unik dan cantik serta indah dipandang mata. Semoga bermanfaat dan selamat mencari untuk dipelihara dalam wadah akuarium. Walaupun masih banyak yang belum disebutkan.