October 16, 2016

Ikan Black Molly Dan Cara Merawatnya

Ikan Hias Black Molly Dan Cara Merawatnya, infoikan.com |  Black Molly (Poecilia sphenops) merupakan jenis ikan hias air tawar yang sangat langka pada daerah kita ini, black molly berasal dari marga Poecilia, untuk budidaya ikan black molly sendiri sebetulnya sangat mudah, tergantung pengalaman sobat semua. Berikut gambar ikan black molly yang cantik. 

www.bluewateraquarium.in

Jenis Ikan Molly Termahal? Jenis Ikan Black Molly balon

Ikan black molly adalah masih salah satu jenis ikan hias air tawar yang juga populer dipelihara di aquascape. ciri-ciri ikan black molly sendiri dapat sobat ketahui dengan memiliki tanda pada bagian seluruh tubuhnya yang berwarna hitam, serta mempunyai sirip yang pendek, dan ketika masih dalam keadaan kecil warna ikan black molly ini masih terdapat seperti perak.

Ikan Black molly ini banyak sekali ditemukan pada daerah amerika selatan dan Amerika Tengah, begitu juga terdapat dikawasan Venezuela selatan, ke Meksiko di utara. Juga ditemukan di beberapa pulau Karibia. Untuk indonesia sendiri jarang sekali ditemukan, walaupun pada perairan ataupun rawa-rawa.

Jenis ikan molly balon merupakan yang populer dipelihara serta banyak yang mencarinya untuk dijadikan koleksi serta hiasan pada rumah tontonan para pengusaha berkelas, karena keunikan serta mudahnya hidup pada jenis air tawar.


Ikan black molly jantan dan betina sangatlah mirip jika keduanya berenang bersama, mungkin karena bentuk dan warnanya yang hitam semua, akan tetapi dari segi bentuknya masih besaran yang jantan. 
  
Tak herann jika ikan ini mampu bertahan hidup hingga tahunan, karena kekebalan ikan ini sangat kuat, juga kehati-hatian dalam berenang mengarungi air besar. dengan mempunyai sayap seperti burung yang lumayan besar inilah yang menjadi keunikan ikan black ini. ukuran tubuhnya bisa mencapai 3 inci (7,5 cm) untuk yang jantan, sedangkan sang betinanya tumbuh besar hingga 5 inci (12,5 cm). Baca juga..Jenis Ikan Hias Aquarium Terlengkap yang Mudah Dipelihara

Cara Merawat Ikan Hias Black Molly

Jika sobat memelihara ikan black molly ini, usahakan untuk menyediakan ukuran yang bisa menampung 110 liter air, ini untuk mengantisipasi kalau ikan black molly ini dapat mengeluarkan burayak yang lumayan banyak.

Itupun masih dalam tahap burayak tersebut banyak yang gagal menetas, sedangkan jika semua telur yang ada dalam perutnya dikeluarkan semu, maka sobat harus menyediakan jenis aquarium yang bisa menampung kurang lebih 170 liter air. 


Ikan Black Molly balon
Tokopedia
Ikan black molly jantan dan betina harus seimbang, yaitu satu banding satu dalam satu wadah aquarium. Itu merupakan ukuran yang rasio ideal untuk pemeliharaannya. Yang mana bermanfaat untuk ikan tersebut agar tidak mudah stress, dikarenakan ikan jantan yang selalu mengejar sang betina.

Begitu juga dengan ikan molly balon jantan dan betina, dalam perawatannya tak jauh beda dengan jenis ikan black molly biasa pada umumnya. Makanan ikan black molly sendiri bisa sobat sediakan berupa burayak, sobat juga dapat menyediakan jenis tanaman hias seprti
pedang s, Hygrophila polysperma , pakis Java , Jawa lumut , sprite air dan wisteria air yang merupakan paling ideal.

Jika sobat pemula dalam pemeliharaan Ikan black molly ini, jangan khawatir akan kelangsungan hidupnya, karena jenis ikan black molly ini sangat mudah untuk dipelihara, hal dasar yang harus diperhatikan yaitu penyediaan filter air yang pas dan cocok. 


Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara

Budidaya ikan black molly
Tokopedia
Makanan utama atau yang menjadi favorit Ikan black molly adalah bisa berupa larva atau jentik nyamuk, bloodworms, blackworms, daphnia (kutu air) dan udang air garam, karena memang ikan ini jenis ikan omnivora, dan di alam bebas biasanya memakan memakan invertebrata, materi tanaman dan detritus.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Black Molly Dan Cara Merawatnya ini, semoga bisa membantu dalam pencarian serta perawatan semua jenis ikan hias yang mudah dipelihara lainnya. Dan menjadi wawasan serta pengetahuan yang tiada batas. Untuk budidaya ikan molly ini bisa sahabat 


baca juga di: Cara Budidayanya Ikan Black Molly Secara Lengkap.