November 10, 2016

Jenis Ikan Hias Kecil yang Unik dan Cantik serta Mudah Dipelihara

Ikan Hias Kecil InfoIkan.com jenis ikan hias yang mudah dipelihara sangat beragam warnanya, baik untuk aquarium maupun aquascape, baik dengan harga murah maupun harga ikan hias termahal. Inilah jenis ikan hias air tawar terindah yang bisa dikoleksi untuk menghiasi rumah. Bagaimana pengen tau nama-nama ikan hias ini? harganya pun sangat murah dan bisa di jangkau oleh semua kalangan serta sangat mudah untuk dipelihara sekalipun pemula.

Tak hanya itu ikan mini ini bisa juga dicampur dengan ikan hias lainnya, para pembudidaya yang sekarang sudah menjamur diberbagai tempat memanfaatkan ikan hias kecil ini untuk ajang bisnis ikan hias dengan membuka sebuah usaha pertokoan, dari rumahan sampai perkotaann. berikut beberapa jenis ikan hias kecil unik dan cantik serta mudah dipelihara yang bisa sobat ketahui:

Ikan Hias Kecil


Jenis da Harga Ikan Hias Kecil Unik dan Cantik 

1. Ikan Kecil Guppy
Ikan guppy yang nama latinya Poecilia reticulata merupakan ikan hias kecil yang sangat cantik, kecantikan ikan guppy terletak padaya ekornya, khususnya yang jantan.

Jenis ikan guppy serta varietasnya lumanyan banyak, karena persilangan yang dilakukan para breeder. Sedangkan untuk budidaya ikan guppy juga tergolong mudah, karena ikan mungil ini juga termasuk ikan hias air tawar yang mudah beranak.

Untuk merawat ikan guppy tidaklah sulit, karena ikan mini nan cantik ini bisa dipelihara tanpa menggunakan aerator. Masalah harga ikan guppy, pastinya sangat terjangkau, bisa anda bawa pulang untuk satu ekornya hanya dengan harga Rp 1500 saja. Akan tetapi harga ikan guppy juga ada yang mahal seperti jenis ikan guppy Albino Blue Tail Ribbon.

Ikan Hias Kecil

Ikan Guppy merupakan jenis ikan hias yang memiliki ukuran tubuh kecil dan berekor lebar dengan varian warna yang sangat cantik dan menarik. Ikan guppy banyak diminati untuk karena ikan ini dapat betahan hidup lebih lama di dalam akuarium walaupun tidak dilengkapi dengan alat pembantu seperti pompa oksigen. 

Untuk memelihara ikan Guppy tidak terlalu sulit dan cukup sederhana, walau hanya dengan menggunakan akuarium berukuran kecil yang mampu menampung air minimal 1 liter, ikan Gupy sudah dapat di pelihara dan dapat bertahan hidup. Ikan Gupi terdiri dari banyak jenis dan berbagai varian warna serta bentuk ekornya. 

2. Ikan kecil Platy
Ikan platy merupakan ikan hias air tawar yang juga cukup populer dikalangan hobiis ikan hias. Tubuhnya mungil, untuk ukuran maksimalnya saja ikan platy cuma 2,5 cm. Berbagai jenis ikan platy yang cukup populer seperti sunset platy, variatus platy dan tuxedo platy.

Ikan platy akan lebih baik jika disimpan dalam air yang sedikit. Untuk menghasilkan ikan platy yang berkualitas bagus, bisa dipelihara di akuarium yang berukuran besar dan ikan platy dan diberi makan yang baik seperti cacing dan pelet yang halus.

Ikan Hias Kecil

Ikan platis merupakan jenis ikan hias yang memiliki banyak jenis yang dikelompokan dengan berdasarkan warna dan juga bentuk ekornya. Selain dapat berthan lama, ternyata ikan ini merupakan jenis ikan yang sangat mudah sekali beranak walau berada di dalam akuarium. 

Ikan platis paling senang berada di atas permukaan air dan jika ikan ini sedang merasa panic, maka ikan platis akan meloncat dari akuarium. Ikan hias ini juga dapat di pelihara dan dapat tahan walaupun tidak di lengkapi dengan alat bantu oksigen.

3. Ikan Ballon Atau Ikan Kecil yang Cantik Molly 

Ikan Hias Kecil

Ikan hias kecil yang perutnya bucit ini adalah jenis ikan molly yang nama latinya Poelicia latipinna Saifin molly. Perutnya yang mengembang bulat bagaikan balon menjadikan ikan molly ini sering disebut ikan balon.

Ikan Molly memiliki bentuk tubuh yang pendek dan agak bulat, jenis ikan ini juga hampir mirip dengan jenis ikan platis yang senang berenang diatas permukaan air. Jenis ikan molly cukup banyak dan dikelompokan berdasarkan dari bentuk dan varian warnanya, ikan ini juga selain mudah untuk dipelihara juga dapat berkembang biak di dalam akuarium dengan sendirinya.

Harganya yang murah dan corak warnanya yang bermacam-macam serta bentuknya yang unik inilah daya tarik ikan balon. Tak heran jika ikan balon sangat populer dan diburu baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa.

Merawat dan memelihara ikan balon tidaklah sulit, karena ikan mungil ini memeliki kekebalan tubuh yang tinggi tidak mudah terserang penyakit dan mudah beradaptasi dengan lingkunganya.

Ikan Hias Kecil


4. Ikan Cupang 
Ikan cupang adalah salah satu ikan hias air tawar yang populer di Indonesia, ukuran tubuhnya yang kecil dengan warna serta siripnya yang indah membuat ikan cupang digemari, baik dari kalangan kolektor, dewasa maupun anak-anak.

Ikan hias mungil nan cantik ini mudah untuk dipelihara, bahkan ikan cupang bisa bertahan hidup dengan air yang kadar oksigenya sedikit. ikan ini akan tahan lama walaupun dipelihara didalam akuarium yang tidak dilengkapi dengan lampu dan juga pompa oksigen. Bahkan jika dipasangi lampu, maka ikan ini mudah sekali stress karena ikan cupang lebih suka berenang di perairan yang gelap. 

Ikan Hias Kecil

Untuk jenisnya, ikan cupang terdiri dari dua jenis yang diantaranya jenis ikan cupang adua dan juga jenis ikan cupang hias. Jenis ikan cupang hias memiliki bentuk dan warna ekornya yang sangat cantik dan menarik, sedangkan untuk jenis aduan memiliki warna dan bentuk yang kurang menarik jika dipelihara untuk hiasan. Jenis ikan cupang yang populer seperti ikan cupang plakat, ikan cupang aduan, ikan cupang serit, ikan cupang halfmoon, ikan cupang giant, dan ikan cupang double tail.

Harga ikan cupang relatif murah, biasanya di pasaran ikan cupang dijual dengan harga Rp 5000 per ekor. Untuk budidaya ikan cupang juga relatif mudah, bahkan budidaya ikan cupang tidak perlu lahan luas.

5. Ikan Pedang
Jenis ikan ini termasuk dalam kategory yang melakukan pembuahan secara internal. Mengapa disebut ikan pedang? karena  terlihat dari ekornya yang panjang dan bentuk ujungnya kecil serta lancip. 

Ikan Hias Kecil

Itulah beberapa ulasan mengenai jenis ikan hias kecil yang unik dan cantik serta mudah dipelihara. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan ikan hias lainnya. 

Baca juga: 
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara