April 7, 2017

Jenis Ikan Air Payau dan Gambarnya Beserta Keterangannya

Jenis Ikan Air Payau Infoikan.com Sudah tau contoh ikan air laut? atau ingin tau hewan yang hidup di air tawar? Siapa sih yang tidak tau air payau, salah satu air yang di dalamnya hidup berbagai jenis ikan konsumsi. Di air payau inilah para pemancing memanfaatkan hari libur tuk mencari ikan yang dapat dikonsumsi sekaligus mencari sensasi mendapatkan ikan yang berukuran besar.

Pada kesempatan kali ini info ikan memberikan beberapa daftar nama ikan air payau yang sering dibudidayakan oleh petani untuk dibuat ajang bisnis dan usaha sampingan. Tidak hanya ikan konsumsi saja yang kita dapatkan di air payau ini, melainkan terdapat juga jenis ikan hias dapat dipelihara sebagai hiasan. Bagi Anda yang kurang tau nama jenis ikan air payau, berikut daftar beberapa ikan penghuni air payau beserta gambarnya.

Jenis Ikan Air Payau


Beberapa Jenis Ikan Air Payau Beserta Gambarnya

Pengertian air payau adalah jenis air yang berasal dari campuran antara air tawar dan air laut yang bergabung jadi satu, biasanya Anda akan mendapatkan air payau ini pada daerah pesisir. Di dalam air ini juga banyak ditemukan beberapa ikan yang memiliki daging enak dan memiliki harga mahal. Seperti ikan berikut ini.

1. Ikan Air Payau - Bandeng

Jenis Ikan Air Payau
marimancing.com

Ciri-ciri ikan bandeng air payau 
  1. Dalam mulutnya tidak terdapat gigi
  2. Hidupnya lebih suka berada di ganggang dan invertebrata
  3. Bentuk mulut kecil
  4. memiliki sisik berwarna perak
  5. Hidupnya lebih suka mendiami air payau.
Beberapa kandungan gizi ikan bandeng antara lain:
  1. Terdapt kalori sebanyak 80
  2. Dengan protein kisaran 14 gr.
  3. dan Juga lemak sebanyak 2.3 gr
Nama latin ikan bandeng adalah (Chanos Chanos) merupakan ikan yang mudah kita dapatkan sekaligus terkenal mendiami air payau. Memiliki serat halus berdaging putih, serta dapat menggoda lidah kita akan kegurihannya.

Ikan bandeng mempunyai badan yang panjang, berenang cepat karena sirip ekornya bercabang. Bentuk kepala tidak ada sisiknya, dengan ukuran mulut kecil yang terletak antara rahang yang tanpa gigi serta di depan mata terdapat sepasang hidung. Warna dasar badan terdapat putih keperak-perakan, sedangkan pada agian punggung ditemukan warna biru kehitaman.

Ikan bandeng masih dalam kategori jenis ikan herbivora yang lebih berdominan makan tumbuh-tumbuhan seperti jenis pakan alami plankton. 

2. Jenis Ikan Air Payau - Ikan Kerapu Macan

Jenis Ikan Air Payau
tips-ukm.com
 
Pada perairan Indo-Fasifik ikan kerapu macam banyak ditemukan. Nama latin ikan air payau kerapu macan ini adalah (Epinephelus fuscoguttatus). Akan tetapi sekarang malah banyak ditangkap seantero nusantara ini bersama kerapu kertang.

Mudah sekali untuk mendapatkan ikan ini, karena habitat hidupnya banyak ditemukan pada perairan terbuka seperti, terumbu karang, kawasan pasang surut, laut dangkal, dan laguna pantai, ukurannya dapat mencapai 2 m. Akan tetapi kabar yang beredar ikan kerapu ini terancam punah.

Harga ikan kerapu sangat mahal, oleh itu petani berlomba-lomba melakukan budidaya ikan kerapu ini.

3. Ikan Kerapu Bebek

Jenis Ikan Air Payau
id.wikipedia.org

Jenis ikan air payau yang ke 3 ini memiliki nama latin adalah (Chromileptes altivelis) atau lebih unik kerapu tikus adalah sejenis ikan yang masih dalam keluarga Serranidae yang berasal dari kawasan Australia, hong Kong, Cina, India, Indonesia, jepang, Malaysia, Papua, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Vanuatu. 

Habitat utamanya ditemukan di karang laguna pantai. Jika dalam pencarian dilakukan secara kasar, jenis ikan ini akan terancam punah dan kehilangan habitatnya.

Nama inggris ikan air payau ini adalah humpback grouper atau panther grouper. Dan barramundi cod terkenal di Australia. Hingga saat ini ikan kerapu bebek digolongkan jenis ikan hias, mungkin takut kalau tidak ditemukan habitatnya lagi.

Ukuran ikan kerapu dapat mencapai besar 50 cm, maka jika Anda membelinya harus hati-hati dengan tubuhnya yang pesat. Untuk memelihara ikan kerapu bebek usahakan untuk mencampurnya bersama dengan jenis ikan kecil, agar menjadi makanan alternatifnya. Ukuran akuarium dapat disediakan 1 m.

4. Jenis Ikan Air Payau - Ikan Kakap Putih (Barramundi)

Jenis Ikan Air Payau
stopmancing.com

Walaupun di daerah tropis dapat hidup, di daearh sub-tropis ikan ini juga dapat hidup. Nama latin ikan air payau kakap putih ini adalah "Lates Calcalifer".

Barramund, Barra, Giant Perch, Palmer Perch, merupakan nama lain yang dikenal para pemancing mania di kawasan Indo Pasific (Asia & Australia). Ikan gelam merupakan sebuatan ikan kakap di daerah Riau.

Besarnya dapat mencapai 1,8 m dengan berat 60 kg. Ikan ini memiliki mata berwarna merah terang (layaknya mata kelinci putih), bentuk ekor segitiga yaitu huruf V.

Ikan kakap ini tidak hanya hidup di air payau, akan tetapi juga hidup di air asin atau air laut. 20 derajat temperatur yang cocok untuk ikan kakap hidup.

Jika ingin menemukan jenis ikan air payau kakap ini, Anda dapat menemukannya di tambak, sungai, teluk hutan mangrove (bakau), pantai karang, keadaan air jernih, perairan laut dangkal. pelabuhan kedalaman 8 m, muara sungai kondisi khas, dan pantai berbatu. Predator karnivora merupakan sebutan ikan kakap putih ini. 

Makanan ikan kakap lebih menyukai jenis ikan kecil dan udang.

5. Ikan Belanak

Jenis Ikan Air Payau
merahmatafishing.blogspot.com

Sebetulnya jenis ikan air payau ikan belanak ini sudah ada yang membudidayakan , akan tetapi sedikit sekali yang mengetahuinya terutama di pulau Jawa dan Kalimantan.

Bnetuk tubuhnya hampir seperti ikan bandeng. Nama inggris ikan air payau ini adalah blue-tail mullet atau blue-spot mullet. Sedangkan nama latinnya (Moolgarda seheli, sinonim Valamugil seheli)

Penyebaran ikan belanak di daearh tropis dan sub-tropis, kadang-kadang juga ditemukan di air tawar dan air payau. Pada daerah kawasan Pasifik, ikan ini ditemukan juga di Australia, New Caledonia, Fiji, dan Samoa. Untuk di kawasan Asia sendiri seperti India, Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Srilanka.

Bentuk ikan ini langsing, gepeng, dan memanjang. Pada bagian sirip punggungnya terdapat 1 jari-jari keras dan jari-jari lemah sejumlah 8. Sedangkap sirip duburnya memiliki warna putih yang kotor serta mempunyai 1 jari-jari keras dan jari-jari lemahnya ada 9.

Bentuk bibir bagian atas tebal, sedangkan pada bibir bagain bawah dimanfaatkan untuk menemukan mangsanya atau mencari makan berupa organisme yang berada di dalam lumpur. 

Ciri-ciri ikan belanak pada umumnya memiliki gigi yang bentuknya kecil, ada juga yang tidak ditemukan sama sekali.

6. Jenis Ikan Air Payau - Ikan patin (Pantius)

Jenis Ikan Air Payau

Baik lokal maupun internasional ikan patin terkenal berbagai olahannya yang terkenal memiliki daging yang lezat. Maka tak heran jika budidaya ikan patin ini semakin banyak dan umumnya dibuat ajang usaha dan bisnis.

Ciri-ciri dan klasifikasi ikan patin ini terdapat sepasang kumis (Siluriformes), masih dalam genus pangasius, familia Pangasidae.

Nama latin ikan air payau patin ini adalah P.Nasutus yang masih dikaitkan dengan beberapa jenisnya. Harga ikan patin sendiri sangat ekonomis, seperti jenis ikan patin siam, dan jambal siam. Ukuran yang diketemukan ikan patin memiliki panjang 2 m bahkan lebih yaitu di sungai Mekong.

7. Ikan Bawal

Jenis Ikan Air Payau
arkarim.blogspot.com

Daftar nama jenis ikan air payau yang terakhir adalah ikan bawal yang hampir mirip dengan ikan piranha serta dapat hidup di air tawar. Dari rasa dagingnya yang gurih, banyak petani yang sudah melakukan budidaya ikan bawal.

Tak hanya itu, berbagai olahan ikan bawal juga dapat Anda temukan di berbagai tempat pinggiran maupun restoran sederhana.

Inilah beberapa daftar nama jenis ikan air payau dan gambarnya yang dapat Anda lihat. Semoga menambah wawasan serta pengetahuan dan selamat mencoba.