April 14, 2017

Mengenal Ikan Bawal yang Mahal

Mengenal Ikan Bawal Infoikan.com Sudah tahu jenis ikan bawal air tawar? atau ingin tahu jenis jenis ikan bawal ? Siapa sih yang tidak kenal bawal, salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak dicari. Ikan ini biasanya dibuat olahan untuk membuka usaha warungan maupun restoran dengan menu spesial bawa.

Bawal (Pampus argenteus, Parastromateus niger) adalah ikan laut ekonomis penting. Bawal merupakan jenis ikan laut yang memiliki harga yang tinggi, terutama di rumah restoran sea food karena warna daging ikan bawal putih dan rasanya lezat. Namun, produksi bawal masih bergantung pada penangkapan di alam. Budidaya bawal belum berkembang. Ikan bawal sering dibudidayakan bersama ikan laut lain di KJA (keramba jaring apung). Berikut ini kita akan mengenal ikan bawal secara detail.

Mengenal Ikan Bawal


Mengenal Ikan Bawal yang Mahal

Di perairan Indonesia terdapat beberapa spesies ikan yang disebut sebagai ikan bawal, diantaranya Stromateus niger/Formio niger/Parastromateus nigeryang dikenal sebagai bawal hitam, pampus argenteus/stromateus  cinereus atau bawal putih, dan Trachinatus blochii yang dikenal sebagai bawal bintang atau bubara.

Dari namanya, bawal putih (pampus argenteus/P. chinensis atau Stromateus cinereus) mempunyai warna tubuh keperak-perakan. Pada bagian punggung abu-abu keunguan, putih perak bagian perut, dan sirip-siripnya agak gelap. Tubuh bawal putih lebar, gepeng menyerupai belah ketupat.

Tidak mempunyai sirip perut (sebagai ciri dari genus pampus), sirip dadanya tidak meruncing pada bagian ujung dan sirip dubur lebih panjang dari sirip punggung.

Tidak memiliki sirip punggung bagian depan, tetapi di bagian tersebut terdapat duri-duri pendek mirip pisau, berjajar dari depan ke belakang sebanyak 5-10 buah. 

Sirip punggung bagian belakang mempunyai satu jari-jari keras dan 38-43 jarikari lunak. Di depan sirip dubur terdapat duri-duri kecil berjajar sebanyak 5-6 buah. 

Sirip ekor bercak kuat, melekuk sekali dalam dengan lembaran bawah yang lebih panjang. Pada sirip ekor terdapat 19 buah jari-jari lunak. sirip dada sejajar dengan mata.

Mengenal Ikan Bawal


Jenis Ikan Bawal
Bawal putih hidup di daerah dekat muara sungai, teluk-teluk, pantai berpasir atau berlumpur dengan kedalaman hingga 100 m. 

Gerombolan bawal putih kadang-kadang masuk ke muara sungai atau daerah estuarin yang berair payau. Ikan ini tergolong ikan demersal (ikan dasar). Bawal putih adalah pemakan plankton, terutama zooplankton (plankton hewani).

Sedangkan bawal hitam (Parastromateus niger/Stromateus niger/Formioniger) tergolong ikan dari family Garangidae. Dari namanya, tubuh ikan ini memang berwarna kehitaman, coklat tua, abu-abu kebiruan atau abu-abu kecoklatan.

Perut agak keputih-putihan. Kepala cokelat kemerahan, sedangkan siripnya dengan pinggiran kehitaman. Bentuk badan bawal hitam pipih dan agak tinggi membentuk belah ketupat.

Lengkung badan bagian atas dan bawah hampir sama cembung. kepala kecil dan bagian bersisik. Garis mata tengah sedikit lebih panjang daripada panjang moncong.

Sirip punggungnya terdapat 4 jari-jari keras yang tertanam dalam kulitnya, dan 1 bersambung dengan 41-46 jari-jari lunak. Sirip dubur terdapat 1-2 jari-jari keras dan 35-40 jari-jari lunak.

Sirip dada terdapat 23-24 jari-jari lunak. Sirop dada panjang hampir mencapai bagian lengkung garis rusuk. Sisik pada garis rusuk berjumlah 100 sisik dengan bagian belakang merupakan sisik yang mengeras.

Bawal hitam tidak memiliki sirip perut. Pada masa mudanya ikan ini mempunyai sirip perut berukuran kecil, seiring bertambahnya umur sirip ini makin lama makin tidak tampak.

Sirip ekor cagak dengan lekukan yang dalam dan pada batang ekornya terdapat sisik berdiri.

Mengenal Ikan Bawal


Jenis Bawal Hitam
Mengenal ikan bawal hitam yaitu lebih suka berenang dalam posisi miring seperti ikan sebelah. Mulutnya kecil dengan gigi kecil pada rahangnya yang mencirikan bawal hitam sebagai ikan buas. 

Makanan Ikan Bawal

Mengenal ikan bawal dengan jenis makanannya. Ikan ini biasanya jika di perairan bebas lebih suka memakan ikan-ikan kecil, cacing, udang-udangan, dan biota air lainnya.

Habitat bawal hitam adalah di perairan dengan dasar berpasir dan berlumpur. Ikan ini bergerombol di tengah lautan, sedangkan ikan-ikan kecil sering tertangkap di muara sungai atau daerah estuaria.

Panjang tubuhnya dapat mencapai 60 cm, namun ukuran yang umum tertangkap adalah 30-40 cm. Ikan bawal tergolong ikan mahal karena dagingnya putih lezat.

Benih Ikan Bawal
Benih bawal diperoleh dari penangkapan di alam. Benih bawal ditangkap dengan jermal, sero, jaring insang, jaring kantong dan lain-lain. Benih bawal hidup bergerombol di muara sungai atau daerah estuarin dan yang dasar perairannya berpasir atau berlumpur. Bawal belum dibenihkan di hatchari.

Demikian inilah sedikit ualasan kami mengenal ikan bawal yang lezat dan harga mahal ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba menemukan olahan yang pas sesuai selera.