January 23, 2017

Mengenal Jenis-Jenis Ikan secara Umum

Jenis-Jenis Ikan Infoikan.com Ikan adalah anggota vertebrata (hewan bertunlang belakang) yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Ikan berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam, lebih dari 27.000 jenis ikan di seluruh dunia.

Ikan dapat ditemukan dihampir semua perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin (laut). Pada habitat aslinya, ikan dapat hidup yang bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

Namun, ikan tidak dapat hidup pada perairan tertentu misalnya pada danau Great Salt Lake yang kandungan garamnya teralu tinggi. Pada saat ini bebera jenis ikan, baik ikan air tawar maupun ikan air laut sudah dibudidayakan dalam akuarium dan dijadikan sebagai ikan hias.

Mengenal jenis ikan air tawar
shortrods.blogspot.co.id
 

Jenis jenis ikan ditinjau dari segi ukurannya sangat bervariasi, mulai dari yang berukuran raksasa misalnya ikan paus, hiu yang berukuran 14 m, hingga yang berukuran sangat kecil misalnya ikan stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 14 inci).

Ikan yang hidup diperairan laut mempunyai jenis dan ukuran yang lebih beraneka ragam dibandingkan ikan yang hidup diperairan air tawar.

Berdasarkan tempat hidupnya, ikan dibedakan menjadi 3 yaitu ikan air tawar, ikan air laut, dan ikan air payau. Berikut beberapa contoh ikan air tawar, ikan air laut, dan ikan air payau.

Jenis-Jenis Ikan Secara Umum

Jenis Ikan Air Tawar
  1. Ikan Arwana
  2. Ikan Bawal
  3. Belut
  4. Ikan Gurame
  5. Ikan Mas
  6. Ikan Lele
  7. Ikan Mujair
  8. ikan Nila
  9. Ikan Patin
  10. Ikan Tawes
Jenis Ikan Air Laut 
  1. Ikan Barakuda
  2. Ikan Teggiri
  3. Ikan Tuna
  4. Ikan Kerapu
  5. Ikan Teri
  6. Ikan Kakap
Jenis Ikan Air Payau 
Ikan Bandeng

Ikan Air Tawar Ikan Arwana
Jenis ikan air tawar arwana (Scleropages formosus) adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yag panjang, berwarna merah, perak, atau emas, dan memiliki sirip-sirip dubur terletak jauh di belakang badan.

Arwana asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari mitologi tinghoa.

Dari beberapa jenis arwana seperti jenis Red, golden red, golden, silver, black, maupun green, diantaranya cara berenangnya terlihat anggun, memiliki warna khas yang bagus serta cocok untuk usaha dan bisnis ikan hias, serta investasi karena harga jualnya termasuk yang paling stabil.
Baca juga: Cara Praktis budidaya Ikan Arwana Golden Red Asal Indonesia Serta Harganya 

Ikan Arwana
 

Ikan Bawal Air Tawar
jenis ikan air tawar bawal 9colossoma Macropomum) mulai mendapat di hati masyarakat. Ikan ini termasuk spesies asli Indonesia yang mempunyai daya adaptasi tinggi dan mudah dibudidayakan. Ikan bawal memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan pangsa pasar yang cukup menjanjikan, baik dalam maupun luar negeri. 

Beberapa negara konsumen utama bawal selama ini antara lain jepang, Taiwan, hongkong, China, dan kanada. Kelebihan ikan bawal ini, ukuran badannya ini cukup besar, dagingnya gurih, dan tidak banyak duri. Dari sisi rasa, ikan bawal air tawar tidak kalah lezat dibanding ikan bawal air laut.
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Bawal Agar Cepat Besar dan Panen

jenis ikan hias air laut ikan bawal


Ikan Belut Air Tawar
Jenis ikan air tawar belut merupakan jenis ikan konsumsi air tawar dengan bentuk tubuh bulat memanjang yang hanya memiliki sirip punggung dan tubuhnya licin. 

Belut suka memakan anak-anak ikan yang masih kecil. Biasanya hidup di sawah-sawah, rawa-rawa atau lumpur, dan di kali-kali kecil. Di Indonesia sejak tahun 1979, belut mulai dikenal dan digemari, hingga saat ini belut banyak dibudidayakan dan menjadi salah satu komoditas ekspor. 

Ikan Belut


Ikan Gurame
Jenis ikan air tawar gurame (Osphronemus Gouramy) merupakan jenis ikan air tawar dengan ciri-ciri bentuk badan pipih dan lebar, bagian punggung berwarna kemerahan dan bagian perut berwarna kekuning-kuningan atau ada juga yang keperak-perakan. 
Baca juga: Budidaya Ikan Gurame untuk Pemula yang Menghasilkan  

Ikan Gurame


Secara morfologi, ikan gurame memiliki garis lateral tunggal, lengkap dan tidak terputus, bersisik stenoid serta memiliki gigi pada rahang bawah.

Ikan Gurame digemari sebagai ikan produksi. Dagingnya padat, durinya besar-besar, sehingga lebih mudah untuk dipisahkan dengan dagingnya serta rasanya enak. Gurame hampur selalu tersedia di lestoran, untuk dijadikan pelbagai macam masakan terutama gurame bakar dan gurame asam manis.

Disamping rasanya yang enak, perawatannya pun tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak biaya. Oleh karena itu banyak para petani yang mulai menggemari dan membudidayakan ikan ini. 

Harga dari setiap bibitnya yang murah dapat menghasilkan keuntungan hingga kali lipat dari harga bibit. Harga dari ikan gurame di pasaran sangat bervariasi tergantung dari bobot ikan tersebut.

Ikan Mas
Ikan mas koki mutiara merupakan jenis ikan mas yang mempunyai tubuh bulat dengan kepala kecil dan ekor lebar. Ikan ini berasal daratan cina, namun di Indonesia sudah lama dapat dibudidayakan. Pembesaran ikan ini selain di dalam negeri juga merupakan ikan yang di ekspor dan harganya cukup tinggi.
Baca juga: Jenis Ikan Mas Terlengkap Beserta Gambarnya 

Ikan Mas


Jenis Ikan Air Tawar Lele
Ikan lele dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus juga memanjang, yang terkadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya seperti sidat yang pendek.

Kepelanya keras menulang di bagian atas, denga mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan 4 pasang sungut peraba (brbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap.

Lele juga memiliki alat pernafasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang petil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya. Ikan lele bersifat nokturnal, yakni aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. 
Baca juga: Budidaya Ikan Lele Sangkuriang | Cara Ternak Lele 45 Hari Panen 

Ikan lele


Jenis Ikan Air Tawar Mujair
Ikan mujair merupakan ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih dengan warna abu-abu, coklat atau hitam. Ikan ii berasal dari perairan afrika dan pertama kali di Indonesia ditemukan oleh bapak Mujair di muara sungai Serang pantai selatan Blitar Jawa Timur pada tahun 1939.

Ikan mujair mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam atau salinitas.  Jenis ikan ini mempunyai kecepatan pertumbuhannya akan menurun. Panjang total maksimum yang dapat dicapai ikan mujair adalah 40 cm. Sentra perikanan terdapat di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, dan Kalimantan.

Ikan Mujair
 

Ikan Nila
Jenis ikan air tawar nila (Oreochromis Niloticus) dan dalam bahasa inggris dikenal sebagai Nile Tilapia. Ikan nila merupakan jenis ikan konsumsi air tawar dengan bentuk tubuh memanjang dan pipih kesamping dan warna putih kehitaman. 

Panjang total (moncong hingga ujung ekor) mencapai sekitar 30 cm. Sirip punggung dengan 16 - 17 duri tajam dan 11 - 15 duri lunak: dan sirip dubur dengan tiga duri tajam dan 8 - 11 duri lunak.

jenis ikan nila tergolong hewan omnivora (pemakan segala), jadi bisa diberi pakan apa saja asalkan sesuai dengan besar mulutny, misalnya udang, kerang kecil, atau pelet. 
Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar 

Ikan Nila


Ikan Patin
Jenis ikan air tawar patin merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, berbadan panjang berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiruan. Ikan patin dikenal sebagai komoditi yang berprospek cerah, karena memiliki harga jual yang tinggi.
Baca juga: Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen untuk Pemula  

Ikan Patin


Jenis Ikan Air Tawar Tawes
Penyediaan benih yang bermutu dalam jumlah cukup dan kontinyu merupakan faktor paling dalam upaya pengembangan budidaya ikan konsumsi. Usaha pembenihan banyak dilakukan di kabupaten Magelang.

Ikan Tawes


Ikan Air Laut
Jenis Ikan Air Laut Barakuda
Jenis ikan air laut barakuda adalah ikan dalam kelas Actinopterygi yang dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran tubuh lebar, yaitu panjang sampai enam kaki dan lebar satu kaki. tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus.

Ikan Laut Barakuda


jenis Ikan Air Laut Tenggiri
Tenggiri laki atau tenggiri fajar mempunyai nama ilmiah yaitu Acanthocybium solandri adalah ikan dari suku Scombridae yang ditemukan di laut tropis dan subtropis. Tubuhnya tertutupi oleh sisik kecil dan tipis, punggungnya berwarna hijau kebiruan, sisik berwarna perak, dengan pola garis berwarna biru gelap, warnanya akan semakin pudar ketika akan mati.


Ikan Laut Tenggiri


Jensi Ikan Air Laut Tuna
Ikan tuna (eastern little tuna) adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa spesiesdari famili scombridae, terutama genus thunnus. Ikan tuna ini adalah perenang handal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging ikan ini berwarna merah muda sampai merah tua.

Ikan Laut Tuna


Jenis Ikan Air Laut Kerapu
Ikan Kerapu bebek atau kerapu tikus (Chromileptesaltivelis) adalah jenis iakn dari keluarga Serranidae yang ditemukan di Australia, china, Hong Kong, India, Indonesia, dan belahan dunia lainnya.

Ikan kerapau air laut ini sering dipelihara dalam akuarium laut. Ikan ini harus dibeli dengan hati-hati karena tumbuh pesat dan ukurannya bisa mencapai 50 cm. 

Ikan Laut Kerapu


Jenis Ikan Air Laut Teri 
Ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota keluarga Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan. 

Walaupun anggonta Engraulidae ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, naman ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Moncongnya tumbuh dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua-dua rahangnya.

Ikan Teri


Jenis Ikan Air Payau contohnya Adalah Ikan Bandeng

Ikan Bandeng

Ikan Bandeng (Chanos chanos) atau bahasa inggrisnya milkfish adalah sebuah ikan yang merupakan makanan penting di Asia Tenggara, termasuk Indonesia ikan bandeng oleh para peternak ikan biasanya dipelihara di tambak-tambak air payau.

Ikan bandeng disukai sebagai makanan karena rasanya gurih, rasa dagingnya netral (tidak asin seperti ikan laut) dan tidak mudah hancur ketika dimasak. Daging bandeng banyak mengandung duri. duri bandeng sebenarnya adalah tulang dari bandeng.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang jenis-jenis ikan yang mudah dipelihara dan ditemkan ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan beberapa wawasan serta pegetahuan untuk kita semua pada masa pemeliharaan dan perawatan semua jenis ikan berikutnya.

Baca juga:
-GAMBAR Jenis-Jenis Ikan Terlengkap? Lihat Detailnya Disini
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium 
-Jensi Ikan Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium