May 5, 2017

Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar

Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar Infoikan.com Sudah tau ciri-ciri ikan oscar jantan? atau ignin tau ikan oscar tercantik? Siapa pecinta ikan yang tidak kenal oscar, yang masih salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Jenis ikan oscar sendiri beraneka ragam begitu juga dengan cara merawatnya harus dengan teliti dan hati-hati.

Salah satu kendala pemelihara oscar biasanya mencari penyebab ikan oscar tidak mau makan. Hal ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap laju pertumbuhannya. Banyak yang ngasih makan oscar berupa makan pelet, jika masih kecil akan sangat mengganggu dan mempersulit oscar ini tumbuh. Untuk itu berikut beberapa makanan ikan oscar yang baik dan cepat besar dalam melakukan budidaya ikan oscar.

Makanan Ikan Oscar yang Baik


Jenis Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar

Kebiasaan makan setiap ikan Oscar bervariasi. Ada beberapa ikan yang hanya menyukai dan lahap menyantap makanan hidup seperti ikan-ikan kecil, udang kali, jentik nyamuk dan jangkrik. Yang memang makanan ikan oscar untuk warna serta sangat baik buat kesehatan.

Namun, ada diantara ikan-ikan ini yang hanya menyukai makanan tambahan seperti potongan hati sapi, potongan ikan yang dicacah, daging kalengan seperti kornet dan ikan yang berukuran kecil lainnya.

Namun ada lagi ikan Oscar yang menyukai dan menyantap tanpa pandang bulu semua jenis makanan yang disodorkan kepadanya, tanpa peduli hisup atau mati.

Yang jelas, bila sejak awal ikan Oscar diberi makanan banyak mengandung zat chitine, akan menimbulkan warna batikan yang cemerlang di badannya.
 

Jenis makanan ikan Oscar untuk warna antara lain seperti kutu air, udang kali, jangkrik, kelabang, dan rayap. 

Dengan bentuk moncong yang lebar dilengkapi dengan gigi yang terlihat kokoh, menjadikan Oscar sebagai ikan yang mampu menelanbulat-bulat setiap makanan yang disodorkan kepadanya. Ia terlihat sangat respon terhadap jenis makanan hidup yang bergerak. Dengan gerakan yang tak terduga makanan itu sudah dilahap habis.

Makanan Ikan Oscar yang Baik


Perkembangbiakan Ikan Oscar
Menurut penuturan petani budidaya ikan Oscar yang sudah pengalaman, ikan Oscar tidak sulit dikawinkan dan tidak membutuhkan perlakuan khusus, apalagi jampi-jampi. 


Namun, dari banyak surat (keluhan) yang datang darberbagai penjuru, dapatlah disimpulkan bahwa untuk sukses memijahkan ikan Oscar bukan pekerjaan semudah membalikkan telapak tangan. Banyak factor yang mesti diperhatikan, meski kadang masalahnya hanya sepele.

Ikan Oscar lazim dipijahkan setelah mencapai ukuran 15 cm panjang total badannya dan lebar 10 cm. dengan ukuran itu sudah mencapai kematangan kelamin. Tempat pemijahannya harus sukup lega, agar pasangan Oscar leluasa bercumbu dan bertelur.

Ikan Oscar tergolong ikan yang tidak gemar berganti pasangan. Ia akan setia dengan pasangan hingga ajal menjemput. 

Ikan Oscar jantan dan betina yang memang bukan pasangan sejak awal, bila dipertemukan rata-rata tidak mau bertelur. Meskipun sudah matang kelamin. Bila salah stau partnernya mati, entah karena penyakit atau loncat maka akan sulit menemukan pasangan induk janda/duda Oscar ini.

Ikan Oscar juga terkenal sebagai ikan yang tidak lekas betah di tempat yang baru. Bila mereka kita pindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya sering mempercepat kematian. 

Kerena dengan sikapnya yang gelisah, tidak jarang ikan ini meloncat keluar akuarium. Dan ini berkaitan langsung dengan kebiasaan berkembangbiaknya. Bila ikan-ikan lain membutuhkan bak peijahan khusus, Oscar justru mau memijah di bak pemijahan khusus, dimana pasangan itu dipelihara.

Oleh sebab itulah tempat pemijahan Oscar dibuat permanen dan jarang dipindahkan. Oscar akan bertelur pada permukaan batu yang licin. Bila disediakan kaca atau pecahan genteng yang cukup lebar, mereka pun jarang menolak menelurinya.

Jika tempat pemijahan dilengkapi dengan kerikil-kerikil kecil, ia akan menggalinya hingga dasar kaca atau bak, sebelum memutuskan untuk memijah. Seperti halnya ikan hias discus, Oscar ini sebenarnya penyayang keturunannya. 

Di tempat pemijahan biasanya telur-telur akan dijaganya hingga menetas, dan baru dilepas jika sudah mampu berenang bebas. Namun, pada umumnya para petani ikan lebih menyukai memindahkan dan merawat telur Oscar ini dalam akuarium lain.

Alasannya tidak lain membiarkan telur bersama induk Oscar cenderung bersikap untung-untungan, dan mereka tidak suka itu. Dengan memindahkan telurnya belum dijamin juga penetasan telur akan berhasil, namun (paling tidak) menghindarkan kecemasan keran sifat induknya yang kadang-kadang memangsa telurnya.

Makanan Ikan Oscar yang Baik


Demikian inilah beberapa jenis makanan ikan oscar yang baik dan cepat besar. Semoga dapat membantu para pemelihara semua ikan hias khususnya oscar agar selalu sehat dan cepat tumbuh. Selamat mencoba.