May 7, 2017

Tips Memilih Ikan Oscar yang Bagus dan Merawatnya

Memilih Ikan Oscar yang Bagus Infoikan.com Sudah tau ciri ciri morfologi ikan oscar? atau ingin tau makanan ikan oscar yang baik? Tentunya tak ada yang tidak kenal oscar, yaitu salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Harga oscar sendiri sangat ekonomis terutama jenis oscar tiger yang menjadi salah satu osacar populer dijual.

Tentunya untuk mendapatkan oscar ini, Anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri ikan oscar secara keseluruhan. Atau paling tidak dapat melihat jenis warnanya yang kelihatan jelas. Baik oscar jantan maupun betina, entah harganya mahal maupun harga oscar yang murah. Maka, dari sinilah sobat akan menemukan dan dapat memilih ikan oscar yang bagus. Berikut Anda dapat melihat dan memperoleh oscar yang berkualitas bagus.

Memilih Ikan Oscar yang Bagus


Tips Memilih Ikan Oscar yang Bagus

Bila anda sebagai pemula ingin mempunyai oskar yang bagus maka beberapa hal yang pantas anda perhatikan hal-hal sebagai berikut;
Kesehatan
 

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih ikan oscar yang bagus adalah kesehatan ikan. Oskar yang sehat, bukan saja dalam kondisi terserang penyakit, tetapi tidak ada cacat bekas serangan penyakit. Badannya harus utuh, dalam arti tidak ada bekas cacat dan sirip-siripnya atau sisiknya terkelupas. Gerakannya harus wajar, tidak ‘’megap-megap’’ di permukaan apalagi dengan sikap renang yang menyentak-nyentak. Oskar yang gerakannya begini kemungkinan terserang penyakit pada insangnya, sehingga terganggu aktifitas pernafasannya.
 

Gerakan oskar ini memang agak berbeda dengan ikan lainnya. Oskar yang gagah ini lebih sering meluncur daripada berenang berlenggak-lenggok. Jadi bila kebetulan melihat ikan ini meluncur,jangan di klaim ikan ini mengidap penyakit. Namun memang demikian gayanya berenang.
 

Kesehatan oskar dapat pula dilihat dari gerakannya menyantap makanan. Oskar yang sehat akan sangat respon bila diberikan makanan, terutama yang masih hidup. Bila oskar terlihat tidak mau menyantap makanan, terkecuali sudah kenyang sebaiknya diperhatikan betul, karena kemungkinan kena penyakit. 

Memilih Ikan Oscar yang Bagus


Keserasian Warna Oscar
Ciri-ciri ikan oscar yang bagus dapat dilihat keserasian dari ikan yang hendak kita beli hendaknya juga mendapat perhatian. Keserasian yang menyangkut warna, bentuk, dan ukuran antara jantan dan betina, boleh jadi akan  menyebabkan oskar yang kita punyai kurang enak di pandang. Ikan-ikan yang mempunyai tubuh indah tentu akan lebih enak dinikmati daripada oskar yang warnanya tidak karuan. 


Warna oskar yang bagus adalah coklat kehitaman dengan bercak berwarna kuning kemerahan atau merah cukup lebar pada sisi badannya. 


Ikan yang bercak merahnya hanya sedikit, biasanya murah , sebaiknya tidak perlu dipilih. Usahakan juga jangan memilih ikan yang bagian merahnya luntur seperti mengelupas. Ini merupakan tips cara memilih ikan oscar yang bagus yaitu bisa melihat warnanya.


Selain warna, perhatikan juga keserasian bentuk badannya. Jangan membeli oskar yang bentuk siripnya tidak normal atau ekornya bengkok. Keserasian bentuk badan ini memang masih berkaitan dengan kesehatan oskar. Selain itu keserasian ukuran antara jantan dan betina hendaknya juga mendapat perhatian. 


Jangan membeli oskar jantan yang berukuran lebih besar daripada betina atau sebaliknya. Sekalipun tidak mungkin sama persis, hendaknya perbedaan itu tidak terlalu mencolok. Dengan demikian kita akan mendapatkan pasangan oskar yang selain sama umurnya, ukurannya pun seimbang. 

Memilih Ikan Oscar yang Bagus















Memilih Ikan Oscar yang Bagus - Umur dan Ukurannya
Tidak beralasan memang, bagi yang menyarankan untuk membeli oskar yang sudah berumur tertentu. Kecuali bila anda berminat hendak mengawinkan, memang seharusnya memilih oskar yang berumur antara 1,5-2 tahun yang sudah menginjak masa matang kelamin. Dan tentu saja panjangnya antara 15-20 cm. 


Namun bila anda sekedar ingin memajangnya, maka bisa memilih oskar yang baru berumur 6-7 bulan. Oskar seumur ini biasanya ukurannya tidak terlalu besar, namun sebagian besar warnanya sudah muncul. Dengan panjang sekitar 10 cm oskar yang gagah ini sudah bisa menghiasi akuarium anda.

Keseimbangan
Hal-hal lain yang patut diperhatikan lagi saat memilih ikan oscar yang bagus adalah keseimbangan gerakan oskar. Ini sebenarnya masih berkaitan dengan  kesehatan ikan, yang telah disinggung di atas. Pilihlah oskar yang gaya berenangnya normal atau lempeng. 


Jangan sekali-kali tertarik dengan oskar yang cara berenangnya tidak normal alias miring ke kiri atau ke kanan, sekalipun badannya penuh dengan warna merah cerah. Oskar yang berenang terseok-seok kemungkinan organ tubuhnya sebelah dalam terganggu dan itu akan mengurangi keindahan gerak dan pesonanya. 

Memilih Ikan Oscar yang Bagus




Dimana Sebaiknya Membeli dan memilih Ikan Oskar yang Bagus Berkualitas?

Tempat untuk mendapat ikan oskar terkadang menjadi persoalan yang cukup pelik bagi kita, karena menyangkut soal biaya dan waktu. Jika kita mempunyai cukup banyak uang dan hanya sedikit waktu yang tersedia, kita bisa membeli oskar yang bagus di toko-toko ikan hias dan akuarium yang banyak berjajar di pusat-pusat keramaian dan perbelanjaan. 

Sebaliknya jika kita mempunyai cukup banyak waktu yang terluang dengan hanya sedikit uang di kantung, kita bisa memburu untuk mendapatkan oskar yang  bagus langsung di petani, yang jelas tinggalnya jauh dari pusat keramaian dan perbelanjaan.

Tips Merawat Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah memilih ikan oscar yang bagus dalam merawat oskar. Kadang-kadang suatu hal yang kelihatannya sepele, bisa berakibat merepotkan apabila lalai di perhatikan oleh para hobiis ataupun pemula. Juga masalah tempat yang sering luasnya tidak sesuai bila dibandingkan dengan jumlah oskar yang kita punyai. 

Untuk mengurangi kendala dalam merawat oskar-oskar kesayangan kita, hendaknya di perhatikan hal-hal seperti berikut;

Kualitas Air

Meski oskar terkenal tidak pedulian terhadap perubahan kualitas air sepanjang masih jernih, namun untuk mendapatkan oskar yang sehat dan bagus, hendaklah air mendapatkan perhatian ekstra.
Suhu air
 

Suhu air berpengaruh terhadap metabolisme ikan. Dengan kondisi suhu yang optimum. Maka oskar akan memperoleh kenyamanan hidup sehingga mampu tumbuh wajar. 

Suhu air yang optimum ini juga sangat penting peranannya apabila kita berminat memijahkan oskar, yaitu saat menetaskan telur-telur oskar. Suhu yang rendah akan menyebabkan penetasan telur bertambah lama sehingga kemungkinan jamur menyerang akan lebih besar. 

Jika suhu air sampai pada batas yang tidak dapat ditolelir, akan menyebabkan telur tidak bisa menetas.

Oskar dapat tahan hidup pada kisaran suhu yang besar antara 22-29 drajat c. Malah pada suhu 21 derajat c masih dianggap bagus. Sedangkan untuk keperluan pemijah karena menyangkut suhu untuk penetasan telur oskar lebih memilih antara 25-26 derajat c. 


Meski sudah disebutkan bahwa ikan dapat hidup pada kisaran suhu yang tinggi, namun berarti goncangan suhu boleh terjadi seenaknya. Ikan ini toh akan stres jika terjadi perubahan suhu, terlebih yang terjadi mendadak, dengan skala yang sangat besar.

Keasaman (PH) air 

Memilih ikan oscar yang bagus harus diimbangai dengan merawatnya yang sesuai. Keasaman yang di nyatakan sebagai ph (puissance negative de H) merupakan logaritma negative dari dari kepekatan ion-ion H yang terlepas dari suatu cairan/larutan. Keasaman air ini akan mempengaruhi terhadap kelangsungan hidup tumbuh-tumbuhan dan hewan dalam air. 

Untuk menyatakan PH air ini di pakai 1 sampai 14 . Angka 7 disepakati sebagai angka netral, di bawahnya asam, sedangkan di atasnya basa. Untuk mengukur keasaman air dipakai kertas Ph yang pada kotaknya terdapat skala yang menunjukkan angkanya berdasarkan warna kertas Ph yang sudah di celup. Ambil sebuah sebuah kertas ph dan celupkan ke dalam air, cocokkan warnanya dengan skala ph.
 

Untuk budidaya oskar, kita perlukan ph yang agak basa yaitu kurang lebih 7,5. Untuk mendapatkan ph air yang sesuai biasanya air di tampung dulu selama kurang lebih 24 jam. Air yang tua (lama di tampung) ph.nya tinggi.

Kandungan Oksigen
Oksigen sangat di butuhkan oleh makhluk hidup terutama saat memilih ikan oscar yang bagus dalam akuarium penjual. Karena merupakan bagian utama dalam metabolisme. Untuk ikan Oscar, oksigen diambil dari air yang masuk melalui insang. Oleh selaput insang oksigen ini di pisahkan dan di serap dari air. Air keluar melalui lubang insang sedangkan oksigen masuk ke dalam tubuh ikan bercampur dengan sel-sel darah merah.
 

Sedemikian pentingnya fungsi oksigen bagi ikan  sehingga kekurangan oksigen dapat mengganggu keseimbangan ikan. Bila ikan kekurangan oksigen dalam tempo lama misalnya terangkat dari air saat dipindahkan  maka ikan dapat “lumpuh” . Namun demikian ada beberpa ikan yang mempunyai ketahanan terhadap kadar oksigen rendah, yaitu golongan ikan labirinth dan lele-lelean. 

Golongan ikan ini mempunyai alat pernafasan tambahan pada rongga insangnya sehingga ia mampu mengambil oksigen langsung dari udara. Sehingga sekalipun kandungan oksigen dalam air rendah, tidak berpengaruh bagi mereka.
Kandungan oksigen yang dikehendaki untuk membudidayakan oskar ini minimal 1-3 ppm. 


Karena pemeliharaan oskar dilakukan pada tempat yang terbatas, maka kekurangan oksigen akan lebih mudah di atasi, misalnya diberi aerasi. Aerasi bisa di berikan dengan menggunakan blower atau aerator. 

Memilih Ikan Oscar yang Bagus


Demikian inilah beberapa cara memilih ikan oscar yang bagus untuk sobat semua. Semoga bisa jadi referensi untuk menemukan hasil yang berkualitas untuk usaha dan bisnisnya. Selamat mencoba merawat.