Ciri Morfologi Ikan Hiu (Carcharhinus Longimanus) dan Gambarnya

Ciri Morfologi Ikan Hiu infoikan.com Sudah tahu morfologi ikan pari? Atau ingin tahu ciri khusus hewan ikan hiu dan fungsinya?

BIOLOGI dan SIFAT Ikan HIU 

Ikan Hiu Termasuk ikan purba 

Ikan hiu tidak di anggap sebagai binatang langka mengingat jumlahnya masih jutaan ekor meskipun ribuan ekor telah di tangkap setiap tahunnya. 

Ciri-ciri ikan hiu yang di jumpai 69 milyar tahun yang lalu tidak berbeda dengan yang ada sekarang ini. 

Artinya, si buas dari samudra ini paling tidak telah puluhan milyar dengan sedikit mengalami perubahan. 

Uniknya, ikan hiu ini sangat berbeda dengan ikan-ikan lainnya. Bahkan, Ciri Morfologi Ikan Hiu tidak di temukan adanya kesamaan biologis maupun fisiologis antara hiu dengan ikan bertulang keras lainnya. 

Ciri Morfologi Ikan Hiu

Ciri Morfologi Ikan Hiu


Klasifikasi Ikan hiu

Klasifikasi ilmiah ikan hiu
Kingdom     :Animalia
Filum          :Chordata
Subfilum     :Vertebrata
Kelas          :Chondrichthyes
Subkelas     :Elasmobranchii
Superordo   :Selachimorpha
Ordo:
Carcharhiniformes
Heterodontiformes
Hexanchiformes
Lamniformes
Orectolobiformes
Pristiophoriformes
Squaliformes
Squatiniformes

Seekor ikan pada dasarnya dapat di klasifikasikan sebagai ikan hiu jika memiliki insang seperti kisi-kisi yang terpasang di kedua sisi kepalanya.

Seperti ikan lain, hiu termasuk kelas pisces dengan subkelas elasmobranchii atau chndrithyes dalam filum chordatta. 

Yaitu jumlah sirip dorsal dan kisi-kisi insang, ada tidaknya duri sirip, posisi mulut, dan katup ususnya. 

Jika hiu tidak memiliki sirip anal maka perlu diperiksa bentuk tubuh, posisi, serta bentuk moncongnya. 

Sebagai contoh, hiu yang memiliki satu sirip dorsal dengan 6-7 pasang kisi-kisi insang dikelompokkan dalam bangsa hexan chiformes. 

Jika hiu tidak memiliki sirip anal, tetapi memiliki tubuh pipih seperti ikan pari dengan mulut di ujung moncong maka hiu tersebut termasuk bangsa squatiniformes. 

Ciri Morfologi Ikan Hiu - Morfologi dan anatomi hiu

Ciri Morfologi Ikan Hiu

Ciri khusus hewan ikan hiu dan fungsinya

Insang jendela

Insang ikan dilindungi oleh penutup insang yang sekaligus berfungsi untuk memompa air agar masuk ke dalam rongga insang sehingga oksigen dapat di absorbsi. 

Tutup insang semacam itu tidak di jumpai pada hiu. Insang hiu terdapat di dalam rongga insang yang tutupnya berlubang-lubang seperti jeruji jendela. 

Tidak ada fasilitas pompa untuk memasukkan air ke dalam rongga insang begitu saja. 

Karena tidak ada air masuk kedalam insang maka proses pernapasan pun tidak terjadi. Namun, tanpa pernapasan jelas tidak mungkin. 

Artinya, tentu ada mekanisme lain yang memungkinkan terjadinya pernapasan pada hiu. 

Ciri Morfologi Ikan Hiu - Kulit, sisik, gigi, dan daging 

Ciri Morfologi Ikan Hiu


Kulit hiu juga spesifik. Struktur kulit berupa serat-serat yang tersusun malang melintang membentuk susunan bagai anyaman. 

Disisi luar kulit yang tampaknya halus terdapat sisik halus yang placoid plates. 
Karena khasnya, sisik ini di sebut dermal denticle. Dengan kondisinya yang demikian, sisik ini mampu menyebabkan pisau cepat tumpul dalam sekejap. 

Susunan jaringan daging juga sangat spesifik dan sangat kontras dengan ikan lain. 

Jaringan daging hiu menempel laangsung kee kulit yang memiliki struktur berserat dengan susunan malang melintang tanpa ada lapisan perantara. 

Dengan daging menempel langsung ke kulit yang berserat saling silang ini maka ikatan daging dengan kulit sangat kuat. Kondisi ini akan menyulitkan pemisahan kulit dari dagingnya. 

Karena itulah, diperlukan kerja ekstra untuk memisahkan kulit dari daging.

Sirip Ikan Hiu dan Fungsinya


Banyak yang unik pada hiu. Selain cara hidup, insang, dan kulit, siripnya pun khas. Ada ungkapan jenaka tentang sirip ini. 

Kalau saja hiu itu berenangnya seperti ikan bertulang keras lainnya maka restoran cina akan kehilangan sebagian uangnya . 

Sirip hiu memang tidak di gunakan untuk berenang sebagaimana ikan lainnya. Sirip pektoral di pakai sebagai alat keseimbangan, sedangkan sirip dorsal di pakai sebagai stabilisator. 

Untuk tugas seperti  itu tidak perlu tulang keras seperti ikan lain. Serat kolagen lunak dan serat elastin saja sudah cukup. Karena itulah sirip hiu dengan kalogen dan elastin tersebut cocok di masak. 

Kandungan urea ikan hiu tinggi 

Ikan pada umumnya dan hiu sebenarnya sangat berbeda.daging hiu memiliki rasa sangat spesifik terhadap perubahan post-mortem dari pada daging ikan bertulang keras. 

Oleh karena itu, daging hiu praktis tidak dapat di olah dengan baik jika tidak di sertai penanganan yang sesusai. 

Dulu, adanya bau dan rasa amoniak ini di jadikan tanda beberapa cepatnya daging hiu mengalami kebusukan. Urea ini di bentuk di dalam darah dan cairan tubuh semua ikan laut yang bertulang keras maupun ikan laut yang bertulang rawan. 

Kandungan merkuri ikan hiu tinggi

Ada dua hal yang menjadi ganjalan dalam pemanfaatan daging hiu. Pertama, bau rasa daging hiu pesing. Kedua adanya anggapan bahwa kandungan merkuri pada daging hiu cukup tinggi. 

Memang kandungan merkuri dapat menimbulkan masalah yang tidak kecil karena ambang batas amannya sangat rendah. 

Sedikit saja merkuri terdapat di dalam daging hiu maka hal itu dapat menimbulkan masalah. 

Sifat-sifat khas ikan hiu

Sifat hiu yang menarik untuk di ketahui dii antaranya adalah cara hiu beberapa. Jika di lihat habitatnya mencapai kedalaman lebih dari 200 m di bawah permukaan laut, hiu tentu memiliki kemampuan berenang yang luar biasa. 

Cara hiu berenang memang menarik karena tidak seperti ikan lainnya. Hal yang lebih menarik lagi, hiu ternyata tidak memiliki kantong udara seperti ikan lain. 

Bagi ikan, kantong udara ini berfungsi sebagai alat untuk mengambang atau tenggelam. 

Hiu memiliki cara unik agar tidak jatuh tenggelam kedasar perairan. Faktor-faktor yang menyebabkan hiu dapat berenang adalah bentuk tubuh dan sirip. 

Baca juga:
Nama - nama Ikan Laut dan Gambarnya

Nama - Nama Ikan Laut dangkal dan Bisa Dikonsumsi

Ciri Morfologi Ikan Hiu - Gerakan dan hatinya

Ciri Morfologi Ikan Hiu


Hiu memiliki hati yang cukup besar. Rata-rata hiu mempunyai hati dengan berat hingga 25-30 % berat total tubuhnya. 

Berdasarkan volumenya, hati hiu dapat mencapai 30% dari volume total tubuhnya. 

Di dalam hati yang besar tersebut tersimpan sejumlah besar lemak dalam bentuk minyak yang jumlahnya sering kali  mencapai lebih dari 80%  dari berat hati. 

Ciri Morfologi Ikan Hiu - HABITAT dan DAERAH PENYEBARAN HIU 

Ciri Morfologi Ikan Hiu


Populasi hiu termasuk melimpah dan dapat di temukan hampir seluruh lautan tropis maupun subtropis. 

HABITAT Ikan HIU

Habitat hiu adalah lautan. Mereka umumnya di temukan di jeram-jeram dalam yang berkarang atau perairan yang dasarnya berpasir dengan kedalaman bervariasi tergantung jenisnya. 

Hiu biasanya di temukan diperairan dalam yang berkoral karang dengan dasar yang tidak teralalu terjal. 

Pada siang hari, hiu sering di jumpai di perairan karang yang lebih dangkal, sedangkan yang lebih dalam hiu dapat di temukan setiap saat. 

DAERAH PENYEBARAN Ikan Hiu

Umumnya, hiu hidup di laut, meskipun ada juga yang hidup diperairan air tawar seperti hiu sentani yang di jumpai di danau sentani, irian jaya. 

Namun, sebagian jenis hiu tidak memiliki domisili yang tetap. Kadang kala di suatu tempat, dan saat lain pindah ke tempat lain. 

Memang hanya beberapa jenis hiu yang bersifat migrasi, sedangkan jenis yang lain menetap. Hal yan relatif tetap tidak berubah adalah kedalaman habitatnya. 

Ciri Morfologi Ikan Hiu - HIU MENGANCAM MANUSIA VERSUS MANUSIA MENGANCAM HIU 

Ciri Morfologi Ikan Hiu

Hiu memang dapat di golongkan sebagai jenis ikan migrasi. Karena itu, umumnya nelayan beranggapan bahwa sumber daya hiu tidak pernah habis. 

Ancaman terhadap sumber daya itu juga di sebabkan oleh adanya persepsi nelayan yang tidak benar. 

Mereka umumnya berlomba menangkap ikan sebanyak mungkin. Alasannya sederhana. Jika mereka tidak menangkap hiu sebanyak mungkin maka nelayan lainlah yang akan melakukannya. 

KOMPOSISI BERAT dan GIZI HIU

Ciri Morfologi Ikan Hiu – KOMPOSISI BERAT


Persentase bagian tubuh hiu ternyata tidak sama untuk setiap jenis. Ukuran dan berat hiu sangat bervariasi tergantung jenis dan habitatnya. 

Pada umumnya, persentase berat rata-rata bagian badan hiu mencapai 51% dengan kisaran antara 33,6-67,3% dari berat totalnya. 

Daging fillet dapat mencapai 42% dengan kisaran 20,8-54,4%, sedangkan bagian kepala mencapai sekitar 24% dengan kisaran 14,9-38,6%. 

KANDUNGAN GIZI Ikan hiu

Ciri Morfologi Ikan Hiu


Seperti ikan lainnya, hiu merupakan sumber protein hewani yang potensial. Selain itu, hati hiu kaya lemak dalam bentuk minyak. Di dalam minyak hati hiu terdapat sejumlah besar vitamin A dan senyawa biokos penting skualen. 

Di dalam siripnya terdapat suatu senyawa yang dipercaya memiliki efek awet muda. 

Ciri Morfologi Ikan Hiu – Manfaat Ikan Hiu


PERKEMBANGAN PEMANFAATAN HIU 

Bagian lain tubuh hiu yang telah di manfaatkan secara komersial adalah sirip. 

Manfaat SIRIP HIU

Sirip hiu harganya cukup mahal. Hampir semua hiu dapat menghasilkan sirip yang di jadikan santapan lezat dan mewah di restoran mewah. 

Hal yang agak unik, jika sirip tersebut tidak lengkap dalam satu set, harganya lebih murah. 

Satu set hiu biasanya terdiri dari dua sirip pektoral, sirip dorsal pertama, dan sirip ekor. 

Bahkan ada pedagang yang agak fanatik, tidak mau membeli sirip hiu yang tidak dalam satu set lengkap. Karena itu, biasanya sirip kembali semuanya dan dikelompokkan menjadi satu set. 

Manfaat HATI Ikan HIU


Hati hiu terkenal mengandung minyak sangat tinggi. Di dalam minyak hati hiu ini terdapat vitamin A dalam jumlah sangat tinggi pula. 

Keunggulan minyak hati hiu ini tidak hanya pada kandungan vitamin A saja. Minyak dari ikan ini dikenal mengandung skulen hidrokarbon yang tinggi. 

Jumlahnya termasuk sangat tinggi karena dapat mencapai 5-15% dari berat tubuhnya. Sekulen ini termasuk senyawa yang di anggap ajaib khasiatnya sebagai obat dan bahan kosmetik. 

DAGING HIU

Pemanfaatan daging hiu di berbagai daerah biasanya hanya sekedar di asinkan di asap saja. Selebihnya terbuang sia-sia. 

Padahal daging hiu mengandung protein cukup tinggi dan esensial bagi pertumbuhan. 

Seperti pada ikan lain, daging hiupun mengandung suatu senyawa yang belum banyak dikenal tetapi diketahui mampunyai efek memau pertumbuhan tubuh. 

Daging hiu tidak hanya dapat di asinkan atau di asap, tetapi juga dapat di jadikan produk. Beberapa produk yang dapat di buat dari daging hiu dan hasilnya cukup memuaskan di antaranya bakso, abon, sosis, sashimi, dan tepung ikan. 

Manfaat KULIT Ikan HIU


Kelenturan dan kekuatan kulit hiu tidak kalah di bandingkan kulit semak dari hewan darat. Kulit hiu memiliki keistimewaan yang tidak di miliki kulit hewan darat, yaitu pola-pola pada permukaan kulit. 

Pola ini sangat spesifik dan indah sehingga harga kulit hiu pun tergolong mahal. 
Pemanfaatan kulit hiu membutuhkan keahlian dan pengalaman sebab kulit hiu tergolong mudah rusak dan susah dikuliti. 

Pengolahan dan penyamakannya pun memerlukan pengalaman agar diperoleh kulit yang bermutu tinggi. 

Jika kulitnya yang lebar dapat di awetkan atau di samak menjadi produk kulit yang istimewamaka kulit yang tersisa pun dapat di manfaatkan, yaitu di buat kerupuk kulit. 

Sekalipun hanya tampil di acara TV, tapi kini Ciri Morfologi Ikan Hiu dapat Anda baca secara detail untuk mengenal lebih dekat tentang ikan hiu, semoga bermanfaat.
loading...

0 komentar