Makanan Ikan Arwana dan Cara Memberikan yang Baik dan Bagus

loading...
Makanan Ikan Arwana infoikan.com Sudah tahu makanan ikan arwana biar cepat besar? Atau ingin tahu makanan arwana agar cepat merah?

Arwana didalam akuarium umumnya di beri pakan berupa pakan alami hidup. Pakan-pakan ini antara lain blood worm, ikan-ikan kecil, udang, anak katak, kadal, jangkrik, ulat sutra, kecoa, dan belalang. 

Selain sesuai dengan karakter arwana yang karnivora, pakan alami juga syarat kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral, protein diperlukan untuk pertumbuhan dan mengganti sel tubuh yang rusak, lemak dan kerbohidrat berfungsi seabagai  sumber energi. 

Sementara itu, vitamin dan mineral membantu proses metabolisme, mengatur proses metabolisme, mengatur proses fisiologi, membentuk enzim, dan menunjang kesehatan arwana. 

Bagi Anda pemula yang memeliharanya, berikut beberapa makanan ikan arwana yang bagus untuk warna serta cepat besar baik anakan kecil maupun besar dewasa.

Makanan Ikan Arwana

Gambar dan Foto Makanan Ikan Arwana

Jenis Makanan ikan arwana pakan alami juga berperan dalam membentuk dan mencemerlangkan warna arwana. Pasalnya, pakan alami biasanya mengandung pigmen penyusun warna. 

Jenis pigmen ini antara lain kelamin, guanin, dan karoten. Pigmen melanin menghasilkan warna coklat hingga hitam dan pigmen guanin berfungsi seperti cermin yang memantulkan cahaya dari luar tubuh ikan. 

Pigmen karoten selain menghasilkan warna merah, kuning, dan jingga, juga mencemerlangkan  warna sisik ikan. 

Agar arwana yang dipelihara didalam akuarium tetap berkualitas dan tampil prima, pemberian pakan hendaknya benar-benar di atur. 

Pemberian pakan yang tidak teratur dapat menyebabkan kualitas arwana menurun. 

Baca juga:
Jenis Penyakit Ikan Arwana dan Cara Mengobatinya

Jenis Pakan Arwana Agar Cepat Besar

Makanan Ikan Arwana yang berlebihan 

Gambar dan Foto Makanan Ikan Arwana

Gambar dan Foto Makanan Ikan Arwana

Pemberian pakan pada arwana sebaiknya tidak berlebihan. Pakan yang berlebihan dapat menurunkan kualitas air. Sisa pakan yang tidak termakan akan berserakan mengotori perairan. Sehingga air akuarium menjadi keruh. 

Air yang keruh selain dapat menurunkan kandungan c02 terlarut dalam air dan mengganggu  kesehatan, juga dapat menyebabkan warna arwana tidak cerah. 

Jika arwana yang dipelihara ingin cepat besar, penulis menyarankan agar frekuensi pemberian pakan sebanyak 3-4 kali sehari atau lebih kurang 4 jam sekali. 

Jenis pakan yang diberikan dalam 1 hari bisa di variasikan. Misalnya, pagi pukul 08.00-09.00 di beri pakan udang atau ikan-ikan kecil, kemudian siang pukul 13.00-14.00 dan sore pukul 17.00-18.00 di beri pakan berupa ulat hongkong. 


Makanan Ikan Arwana Berupa Pakan hidup 

Gambar dan Foto Makanan Ikan Arwana


Pakan alami ikan arwana yang diberikan sebaiknya dalam kondisi hidup. 

Pakan alami yang mati akan tenggelam kedasar perairan dan menyebabkan pandangan arwana selalu mengarah ke bawah. 

Jika hal ini secara teru-menerus  dalam jangka waktu lama akan menyebabkan mata arwana juling. 

Namun, jika arwana terpaksa harus di beri pakan alami yang sudah mati, sebaiknya di berikan secara terbatas, yakni sebanyak arwana mampu menghabiskannya.

Kemudian, sisa pakan harus segera dibersihkan agar tidak mengandung perhatian arwana. 

Pakan alami yang mati dan lama mengendap di dasar akuarium akan mengandung timbulnya penyakit. 

Baca ini:
Jenis Ikan Arwana yang Tersebar di Dunia

Ikan Arwana? Arwana Silver sebagai Pilihan Altenatif Dipelihara

Makanan Ikan Arwana yang Bagus

Gambar dan Foto Makanan Ikan Arwana

Jenis makanan ikan arwana berupa pakan hidup yang diberikan juga dapat membawa bibit penyakit atau patogen dari tempat asalnya. 

Hal ini bisa di sebabkan kelalaian sipemelihara akibat tidak mencuci atau mengarantina pakan terlebih dahulu. Karenanya sebelum diberikan, pakan hendaknya dicuci terlebih dahulu menggunakan air bersih. 

Caranya, pakan direndam dalam air yang digunakan untuk merendam dapat ditambah garam khusus untuk ikan. 

Sementara itu,agar lebih aman, pakan yang sudah mati yang akan diberikan disimpan terlebih dahulu didalam lemari es. 

Penyimpanan ini bisa membuat kuman penyakit atau patogen mati dan pakan tetap dalam kondisi segar. 

Beberapa jenis pakan tertentu, seperti udang, sebaiknya sebelum diberikan terlebih dahulu di buang cngkang dan bagian-bagian lainnya yang keras. 

Hal ini di maksudkan agar tidak melukai mulut dan kerongkongan arwana begitu. Begitu juga dengan kecoa dan jangkrik, kakinya juga harus di buang terlebih dahulu. 

Mengatur dan menentukan pertumbuhan arwana.

Makanan Ikan Arwana - Pakan untuk mencerahkan warna dan pertumbuhan serta Cepat Besar

Gambar dan Foto Makanan Ikan Arwana

Agar penampilannya prima, menu pakan arwana harus di atur. Misalnya, untuk meningkatkan kecerahan warna sisik, arwana bisa diberi pakan yang banyak mengandung kadar protei, seperti udang air tawar putih. 

Udang air tawar putih selain mengandung kadar protein sekitar 54%, juga mengandung pigmen karoten berupa astaxanthin. 

Meningkatkan kualitas warna arwana juga dapat dilakukan dengan memberi pakan buatan CR6. Aturan pakainya mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan. 

Untuk memacu pertumbuhan tubuh arwana, pakan yang diberikan harus mengandung kadar lemak cukup tinggi, seperti ulat sutera. 

Ulat sutera 29.75% lemak. Selain ulat sutra, anak ikan mas, anak kodok, dan cacing darah juga baik untuk menunjang pertumbuhan arwana. 

Arwana berumur kurang dari 1 tahun termasuk dalam kategori masa pertumbuhan. Setelah lewat 1 tahun, arwana sudak memasuki usia dewasa dan siap untuk kawin. Syarat agar memijah adalah sudah mencapai fase matang kelamin atau matang gonad. 

Karenanya, para penangkar biasanya memberi pakan berupa cacing dan siput, agar arwana cepat matang gonad. 

Baca:
Gambar Ikan Arwana Super Red dan Ciri-Cirinya

Sejarah, Klasifikasi Morfologi serta Karaktersitik Ikan Arwana

Makanan Ikan Arwana - Pilhan Pakan Arwana yang Baik yakni Pakan harus sesuai bukaan mulut 

Gambar dan Foto Makanan Ikan Arwana


Memberi pakan kepada arwana hendaknya disesuaikan dengan bukaan mulutnya. Pakan yang terlalu besar dan melebihi bukaan mulut jelas akan termakan. 

Pakan yang tidak termakan akan mengendap didasar akuarium dan berisiko mengandung penyakit. 

Arwana berukuran 10-20 cm bisa diberi pakan berupa udang air tawar putih, ulat sutera, ulat hong kong, cacing beku, dan pakan lain yang lebih kecil dari bukaan mulutnya. 

Setelah melewati fase ini, pakan seperti jangkrik, kelabang, kecoa, dan kodok kecil sudah dapat diberikan. Arwana yang sudah dapat mengkonsumsi pakan-pakan ini biasanya berukuran 25-30 cm.     

Selesai sudah kumpulan makanan ikan arwana untuk anakan kecil dan juga besar dewasa, baik dari pakan alami maupun buatan atau pelet cepat besar untuk warna harga murah.

No comments: