Jenis Jenis Ikan Arwana yang Tersebar di Dunia Hingga Sekarang

- 4:40:00 AM
Jenis Ikan Arwana infoikan.com Sudah tahu jenis arwana super red? Atau ingin tahu jenis ikan arwana dan harganya?

Jenis arwana cukup banyak. Keberadaannya tersebar di bagian wilayah. Karenanya, ikan ini memiliki keindahan yang khas sesuai dengan tempat asalnya. 

Beberapa daerah asal arwana ini antara lain amerika selatan, australia, afrika, brasil, filipina, malaysia, dan papua nugini. 

Meskipun demikian, keindahan arwana asli indonesia konon cukup tersohor di antara arwana dari beberapa daerah tersebut, sehingga tidak mengherankan jika permintaan arwana dari berbagai negara setiap tahunnya tinggi. 

Beberapa negara tersebut adalah jepang, hongkong, singapura, malaysia, cina, amerika serikat, taiwan.

Berikut ini merupakan jenis ikan arwana yang tersebar di dunia dan khususnya di Indonesia.
Jenis Ikan Arwana


Jenis Ikan Arwana

Pengelompokan jenis - jenis ikan arwana sifatnya tidak mutlak. Artinya, pengelompokan jenis - jenis ini terdiri dari beberapa versi dengan dasar yang berbeda – beda. 

Ada yang mengelompokkannya berdasarkan genus spesies, berdasarkan warna sisik, dan ada pula berdasarkan daerah dan penyebarannya. 

Seperti umumnya ikan hias, pengelompokkan ini hanya bersifat untuk memudahkan. Dengan cara demikian, orang akan lebih mudah untuk mengindetifikasinya. 

Satu hal yang penting di ingat jenis – jenis ikan arwana ini yang pasti jumlahnya akan terus bertambah. 

Hal ini tentunya seiring di temukannya arwana – arwana jenis baru, baik dari hasil penangkapan maupun perkawinan silang antar jenis hasil penangkapan. 

Di bawah ini di uraikan beberapa jenis ikan arwana berdasarkan genusnya. 

Jenis Ikan arwana Genus  scleropaghus
Jenis Ikan arwana Scleropaghus formosus

Baca juga:
Ikan Arwana? Ini Dia Arwana Silver Sebagai Pilihan Alternatif Untuk Dipelihara
Jenis Pakan Ikan Arwana Agar cepat Besar, Warna untuk (Anakan dan Dewasa)
Gambar Ikan Arwana Termahal dan Terbesar di Dunia

Jenis Ikan Arwana Super Red

Jenis Ikan Arwana Super Red

Arwana super red termasuk jenis arwana yang hampir punah. Oleh para hobiis arwana ini di anggap sebagai primadona. 

Pasalnya, kualitas warna sisik dan penampilannya tampak lebih sempurna di bandingkan dengan strain lain. 

Arwana ini memiliki sisik yang berwarna merah menyala dan memancarkan kilau kekuningan. Dibeberapa negara, seperti RRC dan jepang, 

Arwana super red dianggap sebagai lambang keperkasaan karena sisiknya yang menyala layaknya mirah delima. 

Karena itu, permintaan RRC, JEPANG, dan beberapa negara lain terhadap arwana jenis ini terbilang cukup tinggi, sehingga harga jualnya melonjak. 

Jika dibandingkan jenis lain, arwana super red super mahal. 

Ciri – ciri arwana super red di antaranya di bagian antara kepala dan punggung terdapat batas sisik menyerupai ring. 

Batas sisik ini kadang – kadang bisa merata bisa hingga ke seluruh bagian tubuh. 

Di bagian tepi sirip-sirip terdapat warna merah terang. Warna merah ini menonjol di bagian ujung ekor. Lingkaran sisiknya berwarna merah kekuningan hingga merah terang.

Bibirnya tampak seperti bergincu. Kornea mata arwana super red berwarna hitam lembut dan di kelilingi warna kuning kecoklatan yang tampak merata. 

Arwana super red banyak menghuni danau dan sungai dan tidak berbatu di kalimantan. 

Di habitat aslinya, arwana super red mendiami perairan di wilayah hutan gambut. Kondisi lingkungan seperti ini menciptakan lingkungan yang khas bagi ikan purba tersebut. 

Kondisi mineral, lingkungan air gambut, dan cadangan pakan yang tersedia di wilayah hutan gambut, memberi pengaruh positif terdapat efolusi super red. 

Warna merah super red lebih menyala dan lebih pekat di bandingkan dengan super red dari penangkapan.

Pengaruh geografis ini juga menyebabkan terciptanya berbeda – beda bentuk morfologi, seperti badan lebih lebar kepala seperti sendok. 

Jenis Ikan ARWANA GOLDEN RED

Jenis Ikan ARWANA GOLDEN RED

Arwana golden red memiliki warna sisik kuning keemasan. Warna kuning keemasan ini tampak lebih menonjol disisik bagian kepala. 

Batas sisiknya berwarna kehitaman. Tepi siri-siripnya berwarna kemerahan, tetapi tidak seterang arwana super red. 

Tempat asal ikan ini adalah di perairan di provinsi riau, jambi, dan sumatra utara.  

Jenis Ikan ARWANA HIJAU

Jenis Ikan ARWANA HIJAU

Disebut warna hijau karena sisik arwana ini berwarna hijau. Namun, saat masih kecil, warna hijau ini tampak sedikit sekali, yakni dibagian ekornya. Itupun tertutup warna kemeraha. 

Setelah dewasa, warna hijau akan jelas karena semakin bertambah usia, semakin warna hijausisik arwana ini. Arwana hijau ini berasal dari indonesia. 

Arwana ini banyak mendiami perairan yang berwarna coklat, seperti di sungai kapuas dan pekan baru. 

Jenis Ikan Arwana - ARWANA MALAYAN BONYTONGUE

Jenis Ikan Arwana - ARWANA MALAYAN BONYTONGUE

Arwana golden red tidak hanya terdapat di indonesi, tetapi juga di malaysia, seperti perak, trengganu, danau bukit merah, dan johor. 

Karena itu, arwana ini sering di beri julukan sesuai tempat asalnya, seperti golden pahang, bukit merah blue, taiping golden, dan malaysia gold. 

Sebagai genus sclerophages, arwana malaysia gold memiliki kemiripan fisik dengan arwana golden red. 

Meskipun demikian, ada cirikhas khusus yang membedakan kkeduanya. Sisik dipunggung arwana asal indonesia tanpa ring, sedangkan arwana golden red asal malaysia semua sisiknya dipenuhi ring. 

Arwana golden red malaysia ada dua jenis, yakni yang berwarna sisik kuning dengan ring ungu dan yang berwarna sisik ungu dengan ring kuning. 

Dikalangan hobiis,  arwana golden red menempati urutan kedua setelah primadona, super red.  

Jenis Ikan Arwana dari Genus Arapaima

Jenis Ikan Arwana dari Genus Arapaima

Arapaima gigas, piracucu, atau paiche
Arwana yang satu ini dijuluki sebagai arwana raksasa sekaligus. Dikenal sebagai ikan air tawar terbesar. Karenanya, arwana ini diberi nama arapaima gigas atau giant arapaima. 

Di alam, panjang tubuh arwana ini bisa mencapai 4 - 6 m. Jika dipelihara didalam akuarium, panjang tubuhnya hanya 2 - 3 m. 

Di brazil, arwana ini lebih populer dengan nama pirarucu, diperu dikenal dengan nama paiche, dan di indonesia dikenal dengan nama arapaima. 

Ikan ini tergolong keluarga osteoglossidae atau ikan berlidah tulang. Meskipun masih satu keluarga dengan arwana, di habitat aslinya, anak – anak arwana justru menjadi santapan kegemarannya. 

Jika perhatikan, kepala arwana arapaima mirip dengan kepala ikan gabus, yakni bulat lonjong seperti terpedo, bentuk tubuhnya gepeng di bagian depan, lonjong di bagian tengah, dan ekornya pipih. 

Sisiknya tampak lebar-lebar dan tebal menyerupai lempengan logam yang berkilau. 

Warna sisik ikan ini ada yang keemasan, kecoklatan, atau hijau perunggu dengan totol – totol merah tua di pinggir ekornya. 

Arapaima sangat menyenangi daerah perairan yang gelap. Ikan ini mampu bertahan hidup diperairan yang berkadar oksigen rendah. 

Pasalnya, ikan ini memiliki gelembung udara yang berguna untuk membantu proses pernapasan. 

Karenanya, kira-kira setiap 12 menit sekali, arapaima dewasa akan naik ke permukaan air untuk bernapas. 

Sama dengan halnya arwana nil, arapaima juga tidak mengerami telur di dalam mulutnya. 

Arwana ini akan menggali dasar sungai yang berarus tenang sebagai tempet penyimpanan telur. Sebelum memijah, lubang di ganti oleh induk jantan. 

Kemudia, setelah memijah kedua induk bergantian menjaga telur - telur hingga menetas. 

Setelah menetas, tugas menjaga anak hanya dilakukan oleh induk jantan agar larva yang baru menetas tidak tersesat dan di mangsa ikan lainnya. 

Ikan muda biasanya akan berkerumun di sekitar kepala induk jantan. Hal ini terjadi karena ada sejenis cairan substansi yang keluar dari kalenjer di bagian kepala induk jantan yang menarik ikan muda. 

Jenis Ikan Arwana dari genus clup sudis

Jenis Ikan Arwana dari genus clup sudis

clupisudis niloticus atau herotus nilotic
Atau dikenal dengan sebutan african bonytongued. 

Arwana ini banyak dijumpai di sungai nil, sehingga sering disebut arwana nil. Arwana nil ini memiliki bentuk tubuh gepeng dan mulut kecil. 

Warna sisik tubuhnya akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. 
Saat kecil, warna  sisik tubuh arwana ini kuning kemerahan  dengan kombinasi kehitam-hitaman dan setelah dewasa berubah menjadi coklat susu. 

Di habitat aslinya, panjang tubuh arwana ini bisa mencapai 90 cm. Sementara itu, jika dipelihara didalam akuarium, ukuran tubuhnya hanya 40 – 50 cm. 

Uniknya, arwana nil ini tidak mengerami telur di dalam mulutnya, tetapi membangun sarang busa di dasar sungai untuk menyimpan telur hingga menetas. 

Jenis Ikan Arwana dari GENUS OSTEOGLOSSUM BICIRRHOSUM (Arwana Silver)

Jenis Ikan Arwana Silver

Banyak ditemukan disungai amazon, amerika selatan. Kendatipun demikian, negara asal arwana ini adalah berasil. Karenanya, arwana ini lebih dikenal dengan nama arwana brasil. 

Warna tubuh arwana brasil yang keperak-perakan akan tampak indah memesona saat ditimpa cahaya matahari atau lampu akuarium. 

Bentuk tubuhnya yang pipih, memanjang, dan tidak terlalu lebar, menyebabkan arwana ini menyerupai naga. Karenanya, arwana ini juga di juluki arwana naga perak. 

Warna dan bentuk tubuh arwana silver akan tumbuh seiring dengan pertambahan usia. Saat masih kecil, warna sisik tubuhnya terlihat kebiru-biruan dengan bentuk tubuh meruncing ke belakang. 

Begitu dewasa, warnanya berubah menjadi perak kehijauan dan merata di sekujur tubuh. Demikian juga dengan bentuk tubuh, terlihat lebih ideal dan proposional. 

Warna sirip punggung, sirip bawah, dan sirip ekor arwana silver merupakan kombinasi dua warna, yakni merah muda dan hijau toska. 

Pada awal tahun 2003, harga satu ekor arwana silver berukuran 15-20 cm sekitar 100-1500 ribu. 

Jenis Ikan Arowana Osteoglossum ferreirai atau black brazil

Jenis Ikan Arowana Osteoglossum ferreirai

Sesuai dengan namannya, arwana black brasil juga berhasil dari brasil. Penampilan fisik arwana ini serupa dengan arwana silver. Perbedaannya hanya warna sisiknya. 

Sebenarnya, julukan black yang di sandangnya ternyata tidak selaras dengan warna sisiknya. 

Warna hitamnya lebih dominan saat arwana ini masih kecil hingga menjelang remaja. Setelah dewasa, warna sisiknya arwana black brasil berubah menjadi perak kekuningan. 

Kemudian, warna hitam ini akan menghilangkan dengan sendirinya. Sisa-sisa warna hitam hanya akan tampak transparan di bagian bawah perut dan sirip. 

Ciri lain arwana black brasil di antaranya sirip punggung dan sirip perutnya tampak menyatu dengan sirip ekor. 

Sirip-sirip ini berwarna biru muda hingga biru tua dan di bagian tepinya berwarna merah. Sisik tubuh arwana black brasil memancarkan kilauan sinar putih perak semburat biru. 

Karena itu, arwana hitam sesungguhnya lebih tepat disebut dengan arwana biru karena tubuhnya di dominasi semburat biru. 

Arwana black brasil ini menurut para hobiis lebih indah di bandingkan dengan arwana silver. 

Karena itu, harganya punlebih mahal. Pada awal tahun 2003, seekor black brasil ukuran 12 - 15 cm harganya 250 – 350 ribu. 

Jenis Ikan Arwana SCLEROPAGES JARDINI ARWANA IRIAN 

Jenis Ikan Arwana SCLEROPAGES JARDINI ARWANA IRIAN

Arwana ini ditemukan dibagian utara sungai queensland, bagian selatan sungai jardina dan sungai adelaede, australia. Arwana ini lebih dikenal dengan nama arwana jardini. 

Arwana jardini juga ditemukan di teluk carpentaria hingga bagian selatan pulau papua. Karenanyadi indonesia, arwana ini lebih dikenal dengan nama arwana irian. 

Ciri arwana irian antara lain di sebut jur tubuhnya terdapat bintik – bintik merah tampak lebih menonjol di bagian ekor sirip yang memiliki warna dasar coklat kehijauan. 

Meskipun demikiandi bagian bawahb perut berwarna keperakan. 

Arwana irian termasuk salah satu yang paling banyak di buru kolektor. Ikan perenang ulung ini menyukai air tawar yang segar. 

Sekali bertelur, arwana irian dapat menghasilkan 60-100 butir telur berukuran besar-besar. 
Arwana irian bisa bertahan pada suhu 24 derajat c ph dan ph tidak lebih dari 7,8. 

Jenis Ikan Arwana Scleropages Leichardti

Jenis Ikan Arwana Scleropages Leichardti

Arwana ini berasal dari sungai-sungai di australia, seperti sungai mary, sungai dawson, sungai burnett, dan sungai fitzroy. 

Meskipun demikian, tidak jarang arwana ini juga ditemukan ditempat yang sama dengan arwana jardini. 

Ciri arwana ini adalah tubuhnyaberwarna perak kehijauan dihiasi bintik oranye, sehingga tampak menyerupai kain batik. 

Yang istimewa dari arwana ini adalah daya tahannya terhadap suhu panas yang mencapai 40 derajat c. 

Meskipun demikian, kisaran suhu ideal untuk arwana ini antara 26-27 derajat c. Arwana ini banyak ditemukan diperairan yang agak asam hingga sedang. 

Selesai sudah beberapa jenis ikan arwana yang tersebar di dunia dan indonesia ini, jika ada yang kurang mungkin lain kali bisa kita tambahkan lagi. Semoga bermanfaat.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search