7 Jenis Ikan Kerapu Populer di Indonesia yang Cantik dan Mahal

- 5:17:00 AM
Jenis Ikan Kerapu infoikan.com Sudah tahu jenis ikan kerapu termahal? Atau ingin tahu jenis ikan kerapu air tawar?

Jenis ikan laut yang sudah dikelompokkan jumlahnya beraneka ragam, dari satu spesies saja masih terdiri dari beberapa jenis.

Contohnya saja kerapu, ikan ini masih mempunyai macam macam lagi, mulai yang biasa hingga terlihat tercantik dengan harga mahal.

Selain itu, tak hanya di air laut saja, namun ikan kerapu dapat dipelihara dan dikembangbiakkan dalam air tawar.

Sayangnya, isu yang beredar ternyata mengembalikan fakta. Apa itu? Salah satunya mengandung racun. 

Mungkinkah demikian? Tidak, dari beracun malah ada kelebihannya yakni manfaat ikan kerapu yang super luar biasa untuk kesehatan manusia.

Yuk lanjut baca jenis ikan kerapu dan gambarnya berikut ini.
Jenis Ikan Kerapu


Jenis Ikan Kerapu

Klasifikasi Ilmiah Ikan Kerapu

Kingdom  : Animalia
Filum       : Chordata
Kelas       : Actinopterygii
Ordo       : Perciformes
Famili      : Serranidae
Subfamili : Epinephelus

Ikan Kerapu Batik (E. polyphakeion syn. E. microdon)

Ikan Kerapu Batik
Gambar Ikan Kerapu Batik

Jenis ikan kerapu batik ini hidup di kawasan terumbu karang, pulau-pulau, dan atol. 

Namun demikian, kerapu batik juga ditemukan di daerah esturia, sekitar mangrove, muara sungai yang terdapat diperairan-perairan dangkal hingga 100 cm di bawah permukaan laut. 

Selain perairan karang, lokasi kapal tenggelam juga menjadi rempon yang nyaman bagi kerapu. 

Ikan tersebut akan berdiam dalam lubang-lubang karang atau rumpon dengan aktivitas yang relatif rendah. 

Kerapu dikenal mencari makan sambil berenang di antara batu-batu karang, lubang, atau celah-ceah batu yang merupakan tempat persembunyiaannya dan hanya kepalanya saja yang terlihat. 

Dari tempat itulah kerapu menunggu mangsanya. Bila mangsa tampak dari jauh, kerapu melesat cepat untuk menangkap dan menelannya, kemudian segera kembali ke tempat persembunyiannya.
Baca juga: nama nama ikan laut dan gambarnya lengkap

Ikan Kerapu Bebek/Tikus (Chromileptes altivelis)

Ikan Kerapu Bebek
Gambar Ikan Kerapu Bebek

Jenis ikan kerapu bebek atau biasa juga di sebut kerapu tikus yang dalam perdagangan internasional dikenal dengan nama polkadot, grouper, atau hump backed rocked, mempunyai tubuh agak pipih dengan warna dasar terang abu-abu kehijauan dan terdapat bintik hitam. 

Kerapu bebek hidup di kawasan terumbu karang yang terdapat di perairan-perairan dangkal hingga 100 m di bawah permukaan laut. 

Selain perairan karang, lokasi kapal tenggelam juga menjadi rumpon yang nyaman bagi kerapu bebek. Ikan tersebut akan berdiam dalam lubang-lubang karang atau rumpon dengan aktivitas yang relatif rendah.

Kerapu bebek di kenal sebagai ikan pemangsa yang memangsa berbagai jenis ikan kecil, plankton hewani, udang-udangan, cumi-cumi, dan hewan - hewan kecil lainnya. Ikan kerapu di kenal sebagai atau pemangsa yang rakus. 

Ikan Kerapu Kertang (Plectropomus leopardus)

Ikan Kerapu Kertang
Gambar Ikan Kerapu Kertang

Jenis ikan kerapu kertang hidup di bawah di kawasan terumbu karang, teluk, estuaria, sekitar mangrove, murai sungai yang terdapat di perairan-perairan dangkal hingga 100 m di bawah permukaan air laut. 

Selain perairan karang, lokasi kapal tenggelam juga menjadi rumpon yang nyaman bagi kerapu. 

Ikan tersebuta akan berdiam dalam lubang-lubang karang atau rumpon dengan aktivitas yang relatif rendah. 

Kerapu di kenal sebagai ikan pemangsa yang memangsa berbagai jenis ikan kecil, plankton hewani, udang-udangan, cumi-cumi dan hewan - hewan kecil lainnya. Ikan kerapu dikenal sebagai pemakan hewan/daging atau karnivora. 
Baca ini: Nama Nama Ikan Hias Air Laut Beserta Gambarnya

Ikan Kerapu Lumpur (Epinephelus bleekeri Vaillant)

Ikan Kerapu Lumpur
Gambar Ikan Kerapu Lumpur

Jenis ikan kerpu yang disebut sebagai kerapu lumpur tergolong dalam genus epinephelus dan terdiri dari beberapa spesies. 

Namun yang banyak di tangkap dan dibudidayakan adalah epinephelus suillus dan e. Coioides. 

Kerapu lumpur hidup di habitat berlumpur sehingga disebut kerapu lumpur. Dalam perdagangan internasional disebut estuary grouper. 

Kerapu lumpur dapat di tangkap dengan pancing, sero, bubu, jaring insang, jaring sodo, dan bagan. 

Kerapu lumpur, sebagaimanan kerapu lainnya. Dikenal sebagai ikan pemangsa predator yang memangsa berbagai jenis ikan keci, plankton, hewani, udang-udanga, cumi-cumi, dan hewan - hewan kecil lainnya. 

Ikan kerapu dikenal sebagai pemakan hewan/daging atau karnivora yang rakus atau piskivor. 

Ikan Kerapu Macan (E. fuscoguttatus)

Ikan Kerapu Macan
Gambar Ikan Kerapu Macan

Jenis ikan kerapu macan dikenal sebagai flower cod, brown marble grouper, bentuk badannya agak tinggi. 

Bintik-bintik pada tubuhnay gelap dan rapat. Sirip dada berwarna kemerahan dan sirip-sirip yang lain mempunyai tepi cokelat kemerahan. Garis rusuk bersisik sebanyak 110 - 114 buah. 

Kerapu macan, sebagaimana kerapu lainnya, dikenal sebagai ikan pemangsa predator yang memangsa berbagai jenis ikan kecil, plankton hewani, udang-udangan, cumi-cumi, dan hewan-hewan kecil lainnya. 

Ikan kerapu dikenal sebagai pemakan hewan/daging atau karnivora yang rakus atau piskivor. 

Sementara dari hasil pengujian diperoleh bahwa untuk menghasilkan pertumbuhan yang optimal, kerapu macan membutuhkan protein 45-55%. 

Kerapu Malabar (E. coioides)

Ikan Kerapu Malabar
Gambar Ikan Kerapu Malabar

Jenis ikan kerapu sebagaimana kerapu dari genus epinehelus lainnya, kerapu malabar toleran terhadap perubahan salinitas. 

Kerapu malabar hidup pada perairan dengan salinitas 10-35 ppt, bahkan lebih rendah sehingga ikan ini msuk ke luar muara sungai. 

Namun demikian, untuk pemeliharaannya di tambak, salinitas harus dipertahankan pada angka optimal 20-30 ppt. 

Kerapu malabar sebagaimana kerapu lainnya, dikenal sebagai ikan pemangsa yang memangsa berbagai jenis ikan kecil, plankton hewani, udang-udangan, cumi-cumi dan hewan-hewan kecil lainnya. 

Ikan kerapu di kenal sebag pemakan daging/hewan atau karnivora. 

Ikan Kerapu sunu

Ikan Kerapu sunu
Gambar Ikan Kerapu Sunu

Jenis ikan kerapu sunu ada dua spesies yang di budidayakan dan disebut sebagai kerapu sunu, yaitu spesies atau biasa di sebut spotted coral trout. 

Tubuh kerapu jenis ini memanjang agak gilik. Mempunyai 6 - 8 jari-jari keras pada sirip punggungwarna tubuh sering mengalami perubahan tergantung dari kondisi lingkungan, terutama ikan dalam stres. 

Sering berwarna merah atau kecoklatan sehingga kadang juga disebut kerapu merah. 

Pada stadia larva, kerapu sunu adalah pemakan plankton dan akan menjadi karnivora dan predator sejak mencapai stadia juwana. 

Makanannya berupa ikan-ikan kecil, udang, cumi-cumi, dan berbagai fauna akuatik lainnya. 

Sebagaimana kerapu lainnya, kerapu sunu juga bersifat hermoprodit protogini. Transisi dari betina ke jantan terjadi setelah ikan mencapai 1,5 kg. 

Ikan-ikan yang berbobot lebih dari 2 kg telah berkelamin jantan, sedangkan induk betina berbobot antara 1 - 1,5 kg, atau pada ukuran panjang antara 23 - 62 cm atau panjang total rata - rata 42 cm ikan mengalami perubahan klamin. 

Ikan-ikan yang ukurannya 42 cm kemungkinan masih berkelamin betina. 

Itulah rangkuman akan beberapa jenis ikan kerapu yang cantik populer di perairan Indonesia dan sudah diperjual belikan dengan harga ekonomis.
sumber:
iklan disini akhir artikel...
 

Start typing and press Enter to search