--> Skip to main content

Cara Membuat Tebing Air Terjun Paludarium dan Akuarium

Membuat Tebing Air Terjun Paludarium infoikan.com Sudah tahu cara membuat tebing tebingan? Atau ingin tahu tutorial membuat tebing buatan sendiri?

Untuk mendapat hasil terbaik diperlukan perencanaan yang matang. Sebelum merancang putuskan terlebih dahulu ide yang hendak dituangkan. 

Pikirkan benar ide yang hendak di wujudkan. Ide dapat berasal dari imajinatif. Ide nyata pada pembuatan paludarium lebih mudah dipahami. 

Ide tersebut biasanya berupa bentang alam, misalnya gua, danau, bukit, air terjun, atau perkampungan bentuk minimalis.

Dalam hal ini sketsa atau gambar grafis harus dipakai sebagai acuan pembuatan desain. Selain itu cara membuat tebing air terjun aquascape dan akuarium tak jauh beda.

Sesuai dengan perkembangan teknologi, membuat tebing air terjun paludarium desain dapat menggunakan komputer. 
Membuat Tebing Air Terjun Paludarium


Baca juga:
Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh
Model Akuarium Kecil untuk di Kamar yang Cantik Unik dan Keren
Gambar Hiasan Akuarium Kecil yang Unik dan Cantik Sekarang Ini

Berdasarkan ide tersebut kemudian dibuat rancangan letak. Tahap ini penting dilakukan agar bentang alam dapat tercakup seluruhnya di areal yang terbatas.

Membuat Tebing Air Terjun Paludarium

Membuat Tebing Air Terjun Paludarium

Selanjutnya gambarkan rencana tersebut dengan perbandingan skala. Gambar skala harus di buat dengan benar. 

Komponen tebing yang terdiri dari tebing air dan ornamen harus diperhitungkan benar diletakkan secara tepat. Jangan sampai terjadi tumpang tindih. 

Hal lain yang juga perlu dipikirkan adalah perencanaan bentuk dan akuarium paludarium. 

Kemudian tentukan bagian depan atau bagian yang akan menjadi pusat perhatian. 

Misalkan bagian yang dipilih sebagai poin of view adalah air terjun. Maka, bagian tersebut harus diberi ruang yang cukup untuk membangun tebing.

Bedasarkan gambaran atau rancangan sederhana itu, pembuatan air terjun dapat dilakukan dengan lebih leluasa. Selain itu, pengerjaan tahap demi tahap hingga terbentuknya tebing pun akan terbantu. 

Membuat Tebing Air Terjun Paludarium – desain dudukan

Membuat Tebing Air Terjun Paludarium

pengertian dudukan adalah lempengan semen yang digunakan untuk meletakkan fondasi. Lempengan semen tersebut disuaikan dengan ukuran paludarium yang hendak di buat. 

Jangan lupa untuk membuat ukuran dudukan yang selalu lebih kecildaripada ukuran paludarium. 

Jarak antara dudukan dan bagian samping akuarium paling kurang 5 cm. Hal ini di maksudkan agar tebing dapat dengan mudah di masukkan ke dalam akuarium. 

Cara pembuatan dudukan air terjun paludarium sebagai berikut:
Membuat Tebing Air Terjun Paludarium

1, Buat mal dari bahan papan triplek sebagai dasar dan kayu reng sebagai bahan tepinya.

2. Gunakan kawat sebagai konstruksi agar dudukan kokoh dalam menahan beban.

3. Setelah itu buat adukan pasir semen dengan perbandingan 1:1 jangan lupa mengayak pasir dengan ayakan 0,5 cm. 

Biarkan hingga benar – benar kering, sekitar dua hari. Setelah itu, buka mal. Dudukan pun telah siap. 

Membuat Tebing Air Terjun Paludarium – pembuatan fondasi

Membuat Tebing Air Terjun Paludarium

Atas dasar rancangan yang telah dibuat, pembangunan tebing dapat di mulai. Namun, sebelum pembangunan di lakukan, fondasi harus di buat terlebih dahulu. 

Untuk itu, pilih batu apung yang kuat, untuk memperkokoh fondasi, semen untuk melekatkan batu apung di atas dudukan juga harus semen yang baik. 

Prinsip pembuatan fondasi adalah prinsip keseimbangan. Titik tumpu harus dibuat sehingga keseimbangan terjaga. 

Di areal yang dikehendaki, tempatkan tiga titik tumpu fondasi atau lebih, tergantung pada bentuk bentang alam yang direncanakan.

Di titik-titik tersebut pasang batu fondasi. Lalu tepat di tengah segi tiga di buat bangunan tebing. Ringkasnya, pembuatan fondasi didasarkan pada pembuatan pola bentukan tebing. 

Memasang Pipa Penyaluran Air Terjun

Membuat Tebing Air Terjun Paludarium

Fungsi pipa adalah untuk menyalurkan air dari bagian akuarium ke puncak tebing. Supaya air dapat tersalurkan ke atas, ukuran pipa paralon harus sama. 

Pipa yang dipakai biasanya pipa paralon berdiameter 0,5 inci. Pemasangan pipa paralon tersebut juga harus memperhitungkan tinggi pompa yang akan dipasang dengan pengertian, jarak antara dasar dudukan dan pipa paralon harus sesuai dengan besarnya ruang pompa. 

Pemasangan pipa penyalur air ini dilakukan bersamaan dengan pembuatan tebing. Karena itu, pemasangan pipa paralon harus dilakukan dengan hati – hati agar tidak pecah.  


Ini hanya sebuah gambaran ringkasan cara mudah membuat air terjun paludarium bikinan sendiri secara sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar