Cara Budidaya Ikan Nemo di Akuarium Air Tawar dengan Pakan Alami

- 8:20:00 AM
Budidaya Ikan Nemo infoikan.com Sudah tahu cara budidaya ikan nemo air tawar? Atau ingin tahu apa saja makanan ikan badut?

Mengenal Ikan Nemo Air Tawar
Ikan klon , nemo, giru, clow fish, tergolong dalam famili pomacentridae. Ikan dari famili ini berukuran kecil, cantik, berwarna mencolok, dan gerakannya cepat. 

Bentuk badannya bulat, panjang, dan pipih. Mulut berukuran kecil, terminal, dan sedikit protraktil. Sisik berukuran besar dan stenoid. Pipi dan operkulumnya bersisik. wikipedia

Gurat sisi memanjang sampai ke belakang dasar sirip punggung dan dapat berlanjut sampai ke dekat dasar ekor. Pre-operkulum bergerigi. 

Tepi sirip ekor berlekuk atau bercagak. Ikan dalam famili ini mempunyai satu sirip punggung yang terdiri dari 9 - 14 jari - jari keras dan 11 - 18 jari-jari lemah, serta sirip dubur yang terdiri dari 2 - 3 jari-jari. 

Ikan hias dalam famili pomacentridae mempunyai beberapa genera, yaitu amphiprion, dascyllus, neopomacentrus, paraglyphidodon, dan premas. 

Dua spesies dari genera amphiprion yang telah dibenihkan secara terkontrol adalah amphiprion ocellaris dan a.perculla. 

Di bawah ini beberapa cara budidaya ikan nemo air tawar di akuarium dan juga bak fiber lengkap dengan cara pembenihannya.
Budidaya Ikan Nemo

Budidaya Ikan Nemo

Baca juga:

Pembenihan Ikan Nemo

Pembenihan klon telah dilakukan sejak tahun 2005 di BBPBL gondol, bali. 

Ikan ini mempunyai tubuh yang mencapai ukuran 15 cm. Badannya berwarna dasar kuning kecoklatan dengan 3 belang di bagian kepala, badan, dan pangkal ekor. 

Tulang di muka dan di bawah mata tidak berduri panjang tetap bergigi pendek. Jari - jari keras sirip punggungnya tidak sama panjang. Bentuk sirip ekor bundar dan membundar. 
Pembenihan Ikan Nemo


Ikan ini mempunyai tubuh berwarna kuning atau orange. Bagian depan badan berwarna cokelat gelap atau hitam kecoklatan. 

Di badannya terdapat tiga belang putih dengan tepian hitam. Belang tersebut memanjang dari bagian belakang sirip punggung berjari - jari keras sampai dubur lalu ke arah dasar sirip dada, di sekeliling operculum, dan pangkal sirip ekor.  

Tepi sirip ekor, sirip punggung berjari - jari lemah, sirip dubur dan sirip dada berwarna putih, sedangkan tepi sirip perut berwarna hitam.

Sirip punggung mempunyai 10 - 12 jari-jari keras dan 14 - 18 jari-jari lemah. Sirip dubur mempunyai 2 jari - jari keras dan 11 - 13 jari - jari lemah. 

Habitat Ikan Nemo atau Badut atau Klon

Habitat Ikan Nemo atau Badut atau Klon

Bagian belakang sirip punggung jari - jari keras bertakik. Sirip membundar.   
Habitat ikan klon adalah terumbu karang di perairan dangkal hingga pada kedalaman 2 m. 

Klon hidup bersimbosis dengan anemo. Ikan klon mendapat keuntungan dari anemo karena mendapat tempat berlindung dari musuh - musuhnya. 

Tentakel anemo mempunyai sel - sel jalatang yang dapat menyegat ikan lain. 
Tetapi tidak terhadap ikan klon, karena klon telah memiliki kekebalan. 

Sebaliknya anemo memperoleh keuntungan, karena klon selalu bergerak di antara tentakel-tentakel yang membawa oksigen bagi anemon. 

Di samping itu, produk-produk sisa dari anemon segera di bersihkan atau di makan oleh klon. 

Klon merupakan karnivora atau pemakan hewan/daging. Makanannya berupa cacing, udang, dan hewan - hewan kecil lainnya. 

Dalam pemeliharaannya, klon diberikan pakan berupa rotifera, artemia, cacing, dan udang. 

Bibit Ikan Nemo

Untuk budidaya, benih ikan klon di peroleh dari alam maupun dari pembenihan terkontrol di hatchri. 

Penangkapan benih dan klon dewasa dilakukan di daerah terumbu karang. Klon telah di benihkan di BBPBL gondol - bali dan BBPBL lampung. 
Bibit Ikan Nemo


Budidaya Ikan nemo di Akuraium atau Bak

Ikan klon merupakan ikan berukuran keil, hanya mencapai ukuran 15 cm. Karena itu, pemeliharaan klon dilakukan di akuarium atau bak. 

Bak untuk pemeliharaan klon berupa bak papan di lapisi plastik, bak fiberglass, atau bak beton. 

Padat penebaran benih klon di dalam bak adalah 1 - 2 ekor/liter untuk benih ukuran panjang 2 - 3 cm/ekor dan bobot 1-1,50 gr/ekor. 
Budidaya Ikan nemo di Akuraium atau Bak


Jenis Makanan Ikan Nemo

Pakan yang diberikan berupa artemia, rebon, atau cacing tubifek. Dosis pakan yang diberikan 4 - 5% bobot total ikan dan diberikan 2 kali sehari, pagi dan sore. Setelah selama 3 bulan, klon akan mencapai ukuran 6 - 7 cm/ekor. 

Selama pemeliharaan, kualitas air perlu dipertahankan pada kisaran optimal. Oksigen terlarut 4 - 7 ppm. 

Suhu 24-29 derajat c, salinitas 29-33 ppt, dan ph 7,2-8,5. Untuk menjaga kualitas air, di dalam bak perlu dilengkapi aerasi.  


Dirasa sampai disini dulu sedikit ringkasan budidaya ikan nemo atau ikan klon dalam akuarium dan juga bak yang sangat sederhana lengkap dengan cara memeliharanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search