Cara Budidaya Kuda Laut di Akuarium Air Tawar

Budidaya Kuda Laut infoikan.com Sudah tahu budidaya kuda laut bentuk pdf? Atau ingin tahu cara budidaya kuda laut di lampung?

Mengenal Kuda Laut
Kuda laut termasuk dalam ordo gasterosteiformes dan famili sygnathidae. Ikan - ikan famili sygnathidae termasuk ikan - ikan laut dan ikan air tawar yang berukuran sedang sampai besar dengan bentuk badan memanjang, terbungkus deretan lingkaran tulang. 

Mulut kecil biasanya terletak pada ujung moncong yang menyerupai tabung, celah insang kecil. 

Mempunyai satu sirip punggung biasanya dengan 15 - 60 jari - jari lunak, sirip dubur sangat kecil dengan 2 - 6 jari - jari sirip, tidak mempunyai sirip perut, mempunyai sirip ekor atau tidak mempunyai sirip ekor. 

Kuda laut kuning panjangnya dapat mencapai 25 cm, sedangkan spesies h.spinosissimus dapat mencapai 30 cm. wikipedia

Berikut cuplikan singkat cara budidaya kuda laut berdasarkan fakta yang sudah dikerjakan oleh petani secara sederhana.

Budidaya Kuda Laut

Budidaya Kuda Laut

Baca juga:
Nama Nama Ikan Laut Dangkal dan Dalam Bisa Dikonsumsi
Ikan Laut Konsumsi? Berikut Nama dan Gambarnya

Klasifikasi ilmiah

Kingdom : Animalia
Filum   : Chordata
Kelas   : Actinopterygii
Ordo    : Syngnathiformes
Famili  : Syngnathidae
Genus   : Hippocampus
Klasifikasi ilmiah


Bentuk kepala mirip kuda, badannya bersegmen dengan satu sirip punggung, sepasang sirip dada, satu sirip dubur yang sangat kecil, dan sirip perut. 

Ekornya dapat mencengkram dan dapat digunakan untuk memegang sesuatu. Kuda laut jantan dilengkapi dengan kantong pengeraman di bagian ekor. 

Jika kuda laut beristirahat, ekornya yang bisa dilengkungkan itu dikaitkan untuk berpegang pada ranting-ranting rumput laut atau akar bahar. 

Tubuh kuda laut indah berwarna warni, yaitu kuning, hijau, merah, dan hitam. Namun warna kuda laut bisa berubah bergantung banyak sedikitnya sinar matahari kemampuan mengubah warna tubuhnya hingga sesuai dengan lingkungannya. 

Kuda laut mempunyai mata yang unik, 

Badan kuda laut yang bersegmen semacan mempunyai baju besi, baju besi ini sangat kuat sehingga kuda laut yang telah mati dan mengering pun sulit di hancurkan dengan tangan. 

Kuda laut mempunyai ekor yang disebut ekor prehensile yang dapat di bengkokan untuk melilitkannya pada tanaman air atau karang yang yang berfungsi menambatkan  kuda laut. 

Spesies - spesies kuda laut yang umum ditangkap di antaranya kuda laut bermoncong panjang yang terdapat di pantai - pantai selatan inggris. 

Spesies bermoncong pendek ditemukan di sebelah utara pantai inggris. 

Jika kuda laut melepaskan diri dari pegangannya, gerakannya lamban melayang - layang dalam posisi vertikal, tenaga pendorongnya adalah lambaian sirip punggungnya yang kecil dan lemah yang kadang - kadang tak tampak jelas. 

Jika terbawa arus maka kuda laut dapat hanyut dan menempuh jarak yang sangat jauh meskipun kuda laut ini terkenal sangat malas.

Cara berenang kuda laut juga di pengaruhi oleh sistem yang sangat khusus terkait dengan udara pada kantung renangnya. 

Kuda laut bergerak naik turun di dalam air dengan cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya. 

Jika kantung renang ini rusak dan kehilangan sedikit saja udara, maka kuda laut akan tenggelam ke dasar laut. Kecekaan yang sedemikian dapat menyebabkan kematian kuda laut. 
Budidaya Kuda Laut di Akuarium

Makanan Kuda Laut

Kuda laut adalah pemakan plankton dan binatang-binatang kecil udang, ikan-ikan kecil, larva tiram, dan lain lain yang hidup di antara rumput - rumput laut, lamun, dan karang. 

Biasanya kuda laut menanti makanannya dengan sabar hingga makanannya datang sendiri mendekati kepalanya. 

Pada waktu muda, ketika baru dilahirkan oleh induknya, kuda laut memakanplankton. 

Dalam pemeliharaan, anak kuda laut di berikan fitoplankton dan rotifera dari umur 1 - 15 hari, kemudian diberikan nauplii artemia sesuai dengan ukuran mulutnya. 

Kuda laut dewasa diberikan udang rebon, udang jambret, dan artemia dewasa 2-5 kali sehari. 

Jumlah pakan yang diberikan 3 - 5% dari bobot biomassa. Yang perlu diperhatikan, pakan diberikan sedikit demi sedikit hingga diperkirakan kuda laut sudah cukup kenyang. 
Makanan Kuda Laut

Pembenihan Kuda Laut

Benih atau bibit kuda laut untuk budidaya diperoleh dari hasil penangkapan di alam dan pembenihan terkontrol di hatchri. 

Penangkapan benih kuda laut dilakukan diperairan dangkal pada padang lamun, rumput laut, dan ekosistem terumbu karang. 

Sedangkan benih kuda laut diproduksi hatchri tersedia di BBPBL lampung. 
Pembenihan Kuda Laut

Budidaya Kuda Laut di Akuarium atau Bak

Benih kuda laut yang digunakan pembesaran umumnya berumur 30 hari. Pada umur tersebut benih kuda laut yang disebut juwana sudah dapat memegang substrat dengan ekor prehensilenya. 

Pemeliharaan kuda laut dapat dilakukan di bak, hampang, kja, jkd, atau tambak.

Namun umumnya,  pemeliharaan kuda laut dilakukan di bak, baik bak papan yang dilapisi terpal/plastik, bak fiberglass, ataupun bak beton. 


Penebaran benih kuda laut di dalam wadah pembesaran dilakukan pagi dan sore hari agar benih tidak mengalami stress. Benih ditebar dengan kepadatan 5 - 10 ekor/liter. 

Dengan adanya sedikit ringkasan gambaran cara budidaya kuda laut di akuarium air tawar di atas, diharapkan sobat bisa mengambil langkah selanjutnya yakni memeliharanya.
loading...

0 komentar