Budidaya Ikan Kuwe di KJA dan Tambak untuk Usaha Pemula

- 1:01:00 AM
Budidaya Ikan Kuwe infoikan.com Sudah tahu jenis ikan kuwe rambe? Atau ingin tahu habitat ikan kuwe?

Salah satu jenis ikan laut yang masih menjadi incaran para pemancing adalah ikan kuwe. 

Para hobiis mancing mania tak henti - hentinya menciptakan umpan jitunya untuk mendapatkan sensasi dimakan ikan kuwe tersebut.

Dari beberapa jenis ikan kuwe, salah satunya memiliki daging yang dapat menggoda lidah serta bikin ketagihan untuk mengkonsumsinya.

Selain itu, kandungan gizi ikan kuwe tauh jauh kalahnya dengan ikan konsumsi air laut lainnya. 

Maka tak herah jika beberapa penggemarnya selalu menanyakan akan harga ikan kuwe dari jenisnya. Jika ingin budidaya ikan kuwe, berikut ini cara singkatnya yang dapat diambil referensi.


Budidaya Ikan Kuwe
ikan kuwe


Budidaya Ikan Kuwe

Baca:
Nama Nama Ikan Laut Dangkal dan Dalam Bisa Dikonsumsi
7 Jenis Ikan Kerapu Populer di Indonesia yang Cantik dan Mahal
Nama-Nama Ikan Laut Terlengkap Beserta Gambarnya

Budidaya Ikan Kuwe Biru

Ikan Kuwe Biru

Benih kuwe biru untuk budidaya berasal dari penangkapan di alam. Penangkapan benih kuwe biru dilakukan di daearah terumbu karang, teluk, atau laguna. 

Benih ikan kuwe hidup bergerombol dalam jumlah besar. Kuwe biru  belum dibenihkan secara terkontrol, sehingga pembudidayaan mengandalkan benih dari penangkapan. 

Budidaya Ikan Kuwe Biru di KJA (Keramba Jaring Apung)

Kuwe biru merupakan ikan berukuran besar, dapat mencapai 100 cm. Pemeliharaan kuwe biru bisa dapat dilakukan di kja. Kuwe biru untuk konsumsi di jual pada ukuran 300 gr/ekor. Untuk menghasilkan ikan konsumsi diperlukan waktu pemeliharaan 6-9 bulan. 

Jika benih yang diperoleh ukurannya 3-5 cm/ekor, maka pendederan di mulai dari ukuran tersebut. 

Namun benih kuwe biru yang ditangkap di alam ukurannya 20 gr/ekor. Jika benih ukurannya 20-50 gr/ekor maka padat penebarannya, antara 60-70 ekor/m3.

Setelah dipelihara 1-1,5 bulan, benih akan mencapai ukuran 60-80 gr/ekor. 

Budidaya Ikan Kuwe Macan

Ikan Kuwe Macan

Benih Ikan Kuwe Macan

Benih kuwe macan untuk budidaya berasal dari penangkapan di alam dan dari pembenihan terkontrol di hatchri. 

Penangkapan benih kuwe macan dilakukan di daerah teluk, padang lamun, dan sekitar terumbu karang. Sedangkan benih dari hatchri telah di produksi di BBPBL gondol bali. 

Pemeliharaan Kuwe Macan di KJA

Kuwe macan dapat di pelihara di bak dan kja. Untuk produksi ikan hias, kuwe macan dipelihara di bak-bak. 

Kuwe macan mulai di pasarkan sebagai ikan hias pada ukuran 3-5 cm. Sedangkan untuk produksi ikan konsumsi, kuwe macan di jual pada ukuran 300 gr/ekor. 

Benih kuwe macan mulai di pasarkan pada ukuran 3-5 cm/ekor. Benih kuwe macan yang di tangkap di alam ukurannya 20-50 gr/ekor. 

Untuk pendederan dilakukan pada benih ukuran 3-5 cm. Padat penebaran benih kuwe macan di kja adalah 70-80 ekor/m3 untuk benih ukuran 3-5 cm. 

Setelah masa pemeliharaan 1,5-2 bulan ikan akan mencapai ukuran 20-45 gr/ekor, maka padat penebaran diturunkan, 60-70 ekor/m3.  

Budidaya Ikan Kuwe Putih

Ikan Kuwe Putih

Kuwe putih adalah penghuni perairan dangkal berkarang, dapat juga hidup diperairan payau dan kadang-kadang masuk ke muara sungai. 

Kuwe putih juga tergolong ikan pemangsa yang memakan ikan-ikan kecil dan hewan - hewan lainnya.

Kuwe putih dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 150 cm, namun yang banyak tertangkap dan dipasarkan umumnya berukuran 50-60 cm. 

Kuwe putih dan kuwe biru adalah jenis kuwe yang paling cepat pertumbuhannya bila dipelihara. 

Benih Ikan Kuwe Putih

Benih kuwe putih untuk budidaya berasal dari penangkapan di alam. Benih kuwe putih merupakan ikan hidup bergeromboldalam jumlah besar, sehingga dapat di tangkap dalam jumlah besar. 

Kuwe putih belum di benihkan secara terkontrol. 

Pemeliharaan Ikan Kuwe Putih di KJA

Untuk menghasilkan kuwe putih ukuran konsumsi 300 gr/ekor, ikan dipelihara di kja selama 6-9 bulan. Pemeliharaan dilakukan secara bertahap sebagaimana ikan-ikan laut lainnya. 

Jika benih yang diperoleh ukurannya 3-5 cm/ekor, maka pendederan di mulai dari ukuran tersebut. Namun benih kuwe putih yang di tangkap di alam ukurannya 20 gr/ekor. 

Jika benih ukurannya 20-50 gr/ekor maka padat penebarannya, antara 60-70 ekor/m3. Setelah dipelihara 1,1,5 bulan, benih akan mencapai ukuran 60-80 gr/ekor.

Kiranya ringkasan kali ini tentang budidaya ikan kuwe untuk usaha dan bisnis dapat memberikan gambaran bagi sobat pemula yang ingin menekuni usaha ternak ikan laut konsumsi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search