Nilai Gizi Ikan Air Tawar dan Air Laut Segar serta Manfaatnya

- 2:58:00 AM
Nilai Gizi Ikan infoikan.com Sudah tahu kandungan gizi ikan laut? Atau ingin tahu kandungan gizi ikan air tawar?

Berikut beberapa komposisi nilai gizi ikan dan manfaatnya baik dari jenis ikan air tawar maupun ikan laut yang masih segar.

Nilai Gizi Ikan 

Nilai Gizi Ikan - Protein 

Nilai Gizi Ikan

Protein merupakan suatu zat makanan yang amat penting bagi tubuh. Karena zat ini di samping berfungsi sebagai bahan bakar dalam tubuh juga berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur. 

Protein adalah sumber asam - asam amino yang mengandung unsur - unsur C, H, O, dan N yang dimiliki pleh lemak dan karbohidrat. 

Kandungan gizi pada ikan yang bermanfaat pada perkembangan otak pada janin adalah protein.

Sebagai zat pembangun, protein merupakan bahan pembentuk jaringan -  jaringan baru yang selalu terjadi dalam tubuh. 

Pada masa pertumbuhan, proses pembentukan jaringan terjadi secara besar - besaran dan pada masa kehamilan, proteinlah yang membentuk jaringan janin dan pertumbuhan embrio. 

Protein juga mengganti jaringan tubuh yang rusak dan yang perlu di perbaiki. 
Fungsi utama protein bagi tubuh adalah untuk membentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang telah ada. 

Protein juga bisa di gunakan sebagai bahan bakar apabila kebutuhan energi tubuh tidak di penuhi oleh karbohidrat dan lemak. 

Protein ikut pula mengatur berbagai proses didalam tubuh, baik secara langsung maupun secara  tidak langsung dengan membentuk zat - zat pengatur proses dalam tubuh. 
Nilai Gizi Ikan


Protein dalam tubuh manusia yang berada dijaringan sel, bertindak sebagai bahan membran sel dan juga bisa membentuk jaringan pengikat, seperti kalogen dan elastin dan membentuk protein yang inert seperti rambut dan kuku. 

Disamping iitu, protein juga bisa lainnya dan juga bisa bekerja sebagai enzim yang bertindak dengan molekul lainnya dan juga bisa bertindak sebagai bagian sel yang bergerak. 

Kekurangan protein dalam waktu yang lama bisa menurunkan daya tahan tubuh dan tidak kebal terhadap penyakit. 

Protein yang dikonsumsi oleh manusia akan diserap oleh usus dalam bentuk asam amino. 

Terkadang, beberapa asam amino yang merupakan peptida dan molekul - molekul protein kecil yang bisadiserap melalui dinding usus kemudian masuk ke dalam pembuluh darah. 

Hal semacam ini yang bisa menimbulkan reaksi - reaksi dalam tubuh yang sering kali timbul pada orang yang makan makanan yang mengandung protein. 

Didalam tubuh manusia, terjadi suatu siklus protein, artinya protein dipecah menjadi komponen - komponen yang lebih kecil, yaitu asam amino dan peptida. Terjadi juga intesis protein baru untuk mengganti yang lama. 

Praktis, tidak ada sebuah protein pun yang di sintesis untuk di pakai seumur hidup. 

Semuanya akan dipecahkan dan di ganti dengan yang baru dengan laju yang berbeda - beda tergantung jenis dan kebutuhannya. 

Dalam tubuh, waktu yang diperlukan untuk mengganti separuh dari jumlah kelompok protein tertentu dengan protein baru disebut half life atau waktu separuh jangka hidup protein. 

Untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh anda, cobalah untuk mengkonsumsi ikan dan menjadikannya sebagai menu sehari-hari. 

Kandungan protein ikan sangat tinggi di bandingkan dengan protein hewan lainnya, dengan asam amino esensial sempurna karena hampir semua asam amino esensial terdapat pada daging ikan. 

Asam amino yang terdapat dalam daging ikan, protein yang terkandung didalamnya terdiri dari protein sarkoplasma,miofibrillar dan protein pengikat, protein pembentuk  atau pembentuk enzim, koenzim, dan hormon. 

Jenis Protein Ikan

Nilai Gizi Ikan

Protein ikan terbagi dalam tiga kelompok yaitu:
a. Kelompok yag terdiri dari tropomiosin, aktin, miosin, dan aktomiosin yang terdapat kira-kira 65% dari total protein dan larut dalam nutrium klorida netral dngan kekuatan ion lebih tinggi dari (0,50)

b. TERDIRI DARI GLOBIN, miosin, dan mioglobin yang terkandung sekitar 25 - 30 persen dari total protein yang di ekstrak dengan larutan netral yang memiliki kekuatan ion lebih rendah 0,15

c. Meliputi stroma protein yang terdapat kira-kira 3% dari protein ikan. Kelompok protein ini tidak dapat larut dalam larutan garam netral, asam encer atau alkali. 

Nilai Gizi Ikan – LEMAK 

Nilai Gizi Ikan

Lemak merupakan zat makanan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu lemak juga merupakan sumber energi yang lebih efektif di bandingkan dengan karbohidrat dan protein. 

Satu gram lemak bisa menghasilkan 9 kkal dan untuk karbohidrat dan protein hanya bisa menghasilkan 4 kkal/gram. 

Kandungan lemak ikan bermacam-macam tergantung pada jenis ikan, umur, dan jumlah daging merah serta kondisi makanan. 

Kandungan lemak erat kaitannya dengan kandungan protein dan kandungan air, pada ikan yang kandungan lemaknya rendah maupun mengandung protein dalam jumlah yang cukup besar. 

Berdasarkan kandungan lemaknya, ikan terbagi menjadi tiga golongan, ikan dengan kandungan lemak yang rendah terdapat pada kerang, cod, lobster, bawal, dan gabus. 

Ikan dengan kandungan lemak yang sedang terdapat pada rajungan, udang, ikan mas, lemuru, dan salmon. 

Ikan dengan kandungan lemaknya yang tinggi terdapat pada hering, salmon, tuna, nila. 

Ikan banyak mengandung asam lemak bebas berantai  karbon lebih dari 18. Asam lemak ikan lebih banyak mengandung ikatan rangkap atau asam lemak tak jenuh daripada mamalia. 

Keseluruhan asam lemak yang terdapat pada daging ikan kurang lebih 25 macam. 

Jumlah asam lemak jenuh 17-21% dan asam lemak tidak jenuh 79-83% dari seluruh asam lemak yang terdapat pada daging ikan. 

Asam lemak tak jenuh memiliki ikatan rangkap 1-6. Kebutuhan lemak per hari adalah 10-25 % dari total kebutuhan energi. Lemak yang di anjurkan untuk di konsumsi adalah lemak tak jenuh.    

Nilai Gizi Ikan – KARBOHIDRAT 

Nilai Gizi Ikan

Merupakan sumber kalori utama bagi hampir seluruh dunia. Khususnya bagi negara yang sedang berkembang. 

Meskipun jumlah kalori yang bisa dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat hanya 4 kal apabila dibanding dengan protein dan lemak, karbohidrat merupakan sumber kalori yang murah, selain itu, beberapa golongan karbohidrat  menghasilkan serat-serat yang berguna bagi pencernaan. 

Karbohidrat juga memiliki peranan penting dalam menentukan karakteristik bahan makanan, seperti rasa, warna, dan tekstur. 

Sedangkan didalam tubuh, karbohidrat berfungsi mencegah timbulnya ketosis, pemecahan protein tubuh yang berlebihan, kehilangan mineral, dan berfungsi untuk membantu metabolisme lemak dan protein. 

Ada tiga jenis karbohidrat yang dikelompokkan menjadi monosakarida, oligosakarida dan polisakarida. 

Karbohidrat dalam daging ikan merupakan polisakarida yaitu glikogen yang terdapat dalam sarkoplasma di antara miofibrill-miofibrill. 

Glikogen merupakan jumlah terbanyak dar karbohidrat yang terdapat pada daging ikan yaitu 0,05-0,085%. 

Disamping itu, juga terdapat glukosa 0,038%, asam laktat 0,005-0,43% dan berbagai  senyawa dalam metabolisme karbohidrat. 

Proses glikolisa juga terdapat dalam daging ikan yaitu, asam fruktosafosfor, asam fosfogliserat, dan asam piruvat. 

Selain itu, masih terdapat sejumlah kecil monosakarida dari golongan pentosa yaitu ribosa dan deoksiribosa yang merupakan hasil pemecahan asam - asam nukleat. 

Kedua monosakarida ini bisa membentuk protein-protein kompleks. Kebutuhan karbohidrat yang di anjurkan adalah 60-75% dari total kebutuhan energi. 

Nilai Gizi Ikan – AIR 

Nilai Gizi Ikan

Air merupakan bahan yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia dan fungsinya tidak pernah bisa di gantikan dengan senyawa lainnya. 

Air merupakan komponen yang sangat penting. Semua bahan makanan mengandung air dalam jumlah yang berbeda-beda, baik bahan makanan yang berasal dari hewan maupun tumbuh-tumbuhan. 

Air juga terdapat pada ikan, apalagi memang tempat tinggal ikan berada didalam air. Kadar air pada ikan adalah 66 - 84%. 

kadar air memiliki hubungan yang berlawanan dengan kadar lemak. Semakin tinggi kadar air maka semakin rendah kadar lemaknya. 

Air terdapat dalam ruang-ruang antar sel dan plasma. Air yang ditemukan dalam jaringan otot terdiri dari tiga tipe yaitu, air konstitusional merupakan air yang terletak dalam molekul protein 1%, air yang terikat kuat 0,3 g air 100 g protein dan air permukaan yang terletak pada permukaan multilayer protein dan terdapat pada celah-celah kecil. 

Sekitar 10% dari air tersebut ditemukan dalam ruang ekstraseluler yang bisa bertukar dengan air sel pada kondisi tertentu sehingga mengakibatkan perubahan protein miofibrill. 

Nilai Gizi Ikan – VITAMIN 

Nilai Gizi Ikan

Vitamin di utarakan oleh seorang ahli kimia polandia yang bernama funk. Dia percaya bahwa vitamin merupakan zat penangkal beri-beri yang larut didalam air adalah suatu amina yang sangat vital. 

Dan, dari itu, lahirlah istilah vitamine yang kemudian menjadi vitamin. Vitamin dikenal sebagai suatu kelompok senyawa organik yang tidak termasuk dalam golongan protein, karbohidrat, dan lemak terdapat dalam jumlah yang kecil didalam makanan, tetapi sangat penting peranannya bagi beberapa fungsi tertentu tubuh untuk menjaga kelangsungan kehidupan dan pertumbuhan. 

Vitamin suatu molekul organik yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal. 

Vitamin-vitamin tidak bisa di buat oleh tubuh manusia dalam jumlah yang cukup. 

Oleh karena itu, harus diperoleh dari bahan pangan yang dikonsumsi. Dalam bahan pangan, hanya terdapat vitamin dalam jumlah yang relatif sangat kecil dan terdapat dalam bentuk yang berbeda - beda. 

Vitamin adalah zat organik yang di butuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik. Vitamin membantu proses zat gizi lainnya dan pembentukan sel darah merah, hormon, senyawa genetik, dan zat kimia pada sistem syaraf tubuh.

Vitamin merupakan golongan yang heterogen. Antar vitamin tidak terdapat kesamaan dalam rumusnya, seperti pada karbohidrat, lemak, dan protein.

Vitamin digolongkan kedalam kelompok senyawa organik esensial yang di butuhkan dalam jumlah kecil pada proses metabolisme tubuh.

Peran vitamin sangat penting dalam penyediaan energi untuk pertumbuhan. Tubuh tidak bisa membuat vitamin sendiri. 

Oleh karena itu, tubuh harus mendapat asupan vitamin untuk kelangsungan prose kesehatan. 

Vitamin yang larut dalam lemak disimpan didalam tubuh. Jika terlalu banyak, maka bisa menjadi racun. Termasuk vitamin A, D, E, dan K. 

kelebihan vitamin yang larut dalam air bisa dihilangkan oleh tubuh secara alami. 

Termasuk vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12. 

Vitamin A, D, E adalah vitamin larut dalam lemak yang diproses di hati. Selain berfungsi sebagai tempat menyaring zat racun yang masuk melalui makanan, hati juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan vitamin dan mineral. 

Maka, jika kadar vitamin larut dalam lemak berlebihan akan menyebabkan fungsi hati terganggu. 

Nilai Gizi Ikan – MINERAL   

Nilai Gizi Ikan

Sebagian besar bahan makanan, yaitu sekitar 96% terdiri dari bahan organik dan air. Selebihnya, terdiri dari unsur-unsur mineral. 

Mineral sangat penting bagi beberapa proses tubuh, seperti pembentukan  tulang dan sintesa enzim, pengaturan otot jantung, dan berfungsi pernapasan.

Tiga macam mineral yang sangat di butuhkan tubuh adalah kalsium, fosfor, dan zat besi. 

Mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh adalah chromium, kobalt, tembagam fluorin, iodine, magnesium, mangan, molybdenum, pottasium, selenium, sodium, sulfur, dan zinc. 

Nilai Gizi Ikan – KALSIUM 

Nilai Gizi Ikan

Peranan kalsium didalam tubuh pada umumnya dapat di bagi dua, yaitu membantu membentuk tulang dan gigi dan mengukur proses biologis dalam tubuh. 

Kebutuhan kalsium terbesar pada waktu pertumbuhan, tetapi keperluan-keperluan kalsium juga msih diteruskan meskipun sudah mencapai usia dewasa. 

Pada pembentukan tulang, bila tulang baru di bentuk, maka tulang yang tua di hancurkan secara simultan. 

Kalsium yang berada dalam sirkulasi darah dan jaringan tubuh berperan dalam berbagai kegiatan, seperti mentransmisi impuls syarat, kontraksi otot, pengumpalan darah, pengaturan permeabilitas membran sel, dan keaktifan enzim. 

Nilai Gizi Ikan – FOSFOR 

Nilai Gizi Ikan

Adalah mineral kedua terbanyak, melakukan fungsi lebih banyak dari mineral lainnya dan memainkan peran hampir  semua reaksi kimia dari tubuh. 

Peranan fosfor mirip dengan kalsium, yaitu untuk pembentukan tulang dan gigi dan penyimpanan dan pengeluaran energi. 

Pada umumnya, jumlah fosfor yang di anjurkan untuk dikonsumsi sama halnya dengan kalsium. 

Nilai Gizi Ikan - ZAT BESI 

Nilai Gizi Ikan

Zat besi dibutuhkan pertumbuhan myoglobin yang membawa oksigen ke jaringan otot dan hemoglobin yang memberi oksigen ke darah. 

Besi dalam badan sebagian terletak dalam sel-sel darah merah sebagai beme, suatu pigmen yang mengandung semua pigmen inti sebuah atom besi. 

Dalam sebuah molekul hemoglobin terdapat 4 beme. Sel darah merah memiliki masa hidup yang terbatas, yaitu 120 hari. 

Didalam tubuh terdapat 20000 militer sel darah merah. Jangka hidup tersebut memberi gambaran bahwa sel-sel darah merah di rusak dan diproduksi pada kecepatan 115 juta butir per menit. 

Perusakan sel darah merah terjadi didalam limpa, dan zat besi yang telah lepas digunakan kembali dalam metabolisme. 

Apabila tubuh membutuhkan zat besi dalam waktu cepat, maka zat besi bisa melewati dinding usus kecil langsung ke dalam aliran darah. 

Apabila jumlah zat besi yang diserap  lebih dari yang diperlukan, maka kelebihannya disimpan dalam sel-sel mukosa usus kecil dalam bentuk senyawa yang disebut feritin. 

Besi yang berasal dari hewani ternyata lebih mudah diserap daripada besi yang berasal dari nabati. 

Nilai Gizi Ikan – SELENIUM 

Nilai Gizi Ikan

Selenium sudah di akui sebagai unsur esensial oleh manusia dan merupakan bagian penting dari enzim yang berperan dalam membuat antioksidan. 

Selenium membantu mencegah kerusakan DNA yang disebabkan oleh zat kimiawi dan radiasi. 

Hasil penelitian pada hewan percobaan menunjukkan kekurangan selenium bisa menimbulkan gejala pertumbuhan lambat, dystrophy otot dan necrosis jantung, ginjal dan hati. 

Nilai Gizi Ikan - CO-ENZYME Q10 

Nilai Gizi Ikan

Ikan adalah salah satu sumber co-enzym Q10 yang sanga baik. Meskipun lebih dari 40 tahun yang lalu co-enzym Q10 telah dikenal berfungsi sebagai suatu antioksidan, namun baru akhir-akhir ini mendapat perhatian  yang berkaitan dengan sumber makanannya. 

Konsentrasi co-enzym Q10 meningkat di bawah pengaruh tekanan seperti latihan fisik dan dalam kondisi degeneratif otak, seperti kepikunan/alzheimer. 

Nilai Gizi Ikan – TAURIN  

Ikan laut banyak mengandung taurin. Asam amino ini telah dikenal berperan dalam formasi dan eksresi garam empedu yang di pecah menjadi kolestrol. 

Taurin juga berperan dalam fungsi retina dan fungsi kognitif. 

Nilai Gizi Ikan – IODIUM 

Fungsi iodium adalah sebagai komponen esensial tiroksin dan kelenjer tiroid. Peranan tiroksin adalah meningkatkan laju oksidasi dalam sel-sel tubuh sehingga meningkatkan BMR. 

Tiroksin menyebabkan mitokondrita sel-sel tubuh nmembesar baik bentuk maupun jumlahnya dan meningkatkan permeabilitas membran  sehingga memudahkan masuk keluarnya zat-zat yang terlibat dalam kegiatan respirasi dan pemindahan energi. 

Sebagian besar iodium diserap melalui usus kecil, tetapi beberapa di antaranya langsung masuk kedalam saluran darah melalui dinding lambung. 

Ternyata, penyerapan iodium berlangsung sangat cepat, yaitu dalam waktu 3-6 menit setelah makanan dicerna dalam mulut. 

Nilai Gizi Ikan –ZINC   

Zinc merupakan komponen penting dari berbagai enzim. Paling sedikit, 15-20 metalo-enzim yang mengandung zinc telah di isolasi dan di murnikan. 

Bagi anak - anak yang kekurangan zinc bisa mengakibatkan tubuhnya menjadi kerdil, hati dan ginjalnya membengkak, dan terjadinya gejala anemia gizi besi. 

Diperkirakan kebutuhan zinc adalah 15 mg bagi setiap anak di atas usia 11 tahun. Telah di buktikan bahwa zinc yang berada didalam protein nabati kurang tersedia. 

Para ahli gizi menganjurkan untuk mengkonsumsi protein yang berasal dari hewani. Zinc yang paling besar terdapat pada ikan karena ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan merupakan sumber utama zinc. 

Nilai Gizi Ikan – FLUOR 

Kini, telah diketahui bahwa fluor penting dalam pertumbuhan dan pembentukan struktur gigi agar memiliki daya tahan yang maksimal. 

Terhadap penyakit gigi. Fluor yang terdapat pada makanan laut mengandung 5-15 ppm fluoride. 

Nilai Gizi Ikan – TIAMIN 

Tiamin dikenal sebagai vitamin B. bentuk murninya adalah tiamin hidroklorida. Vitamin ini merupakan satu-satunya vitamin yang pertama kalinya ditemukan di indonesia yang dulu masih di sebut hindia-belanda. 

Dalam makanan, tiamin bisa ditemukan dalam bentuk bebas atau dalam bentuk kompleks dengan protein atau kompleks protein-fosfat. 

Bentuk yang terikat akan segera berpisah setelah terserap di duodenum atau jejunum. 

Tiamin tidak bisa disimpan banyak oleh tubuh, tetapi dalam jumlah terbatas bisa di simpan didalam hati, ginjal, otak,dan otot. 

Bila tiamin terlalu banyak di konsumsi, kelebihannya akan di buang melalui air kemih. 

Konsumsi tiamin yang di anjurkan untuk per orang per hari bagi anak-anak di bawah 10 tahun antara 0,4- 0,7 mg. Untuk orang dewasa 0,7-1,0 mg. 

Nilai Gizi Ikan – RIBOFLAVIN 

Riboflavin merupakan komponen suatu sistem enzim yang dikenal sebagai flavoprotein dan terlibat dalam reaksi-reaksi metabolisme intermediat. 

Riboflavin merupakan bagian dari dua koenzim, riboflavin fosfat yang juga disebut flavin mono nukleotida dan flavin adenine dinukleotida. 

Konsumsi riboflavinyang di anjurkan untuk orang indonesia per orang hari untuk bayi antara 0,4 - 0,6 mg, anak-anak antara 1,2 - 1,6 mg, sedangkan untuk orang-orang yang sedang mengandung dan menyusui masing-masing 1,5-1,7 mg. 

Nilai Gizi Ikan – NIASIN 

Niasin atau niasin amida merupakan dua senyawa yang memiliki sifat biologis sama. Niasin sangat mudah di serap oleh usus kecil, dan beberapa cadangan disimpan oleh tubuh. 

Triptofan merupakan precursor niasin, sehingga ransum yang mengandung jumlah triptofan cukup, maka akan mencukupi kebutuhan niasin. 

Perubahan triptofan menjadi niasin membutuhkan adanya vitamin B. seperti vitamin - vitamin B lainnya, niasin berperan dalam reaksi enzimatik dalam tubuh atau metabolisme karbohidrat, lemak, protein, yaitu kenzim I dan koenzim II yang  keduanya bertindak sebagai penerima hidrogen. 

Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dalam jaringan tubuh berjalan normal. 

Kekurangan niasin bisa menyebabkan terjadinya penyakit pellagra dengan ciri-ciri tenggorokan, lidah, dan mulut sakit. 

Awalnya, kulit berwarna merah, bengkak, lunak, dan menyerupai sunburn. Sehingga menyebabkan kulit bersisik dan terkadang terjadi luka. 

Selesai sudah pembahsan kali ini akan nilai gizi ikan dan manfaatnya yang super lengkap baik dari ikan air tawar maupun ikan laut.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search