Budidaya Ikan Napoleon di Tambak dan KJA

Budidaya Ikan Napoleon infoikan.com Sudah tahu harga ikan napoleon? Atau ingin tahu ikan napoleon terbesar di dunia?

Ikan napoleon tergolong dalam famili labridae. Dalam famili tersebut terdapat beberapa genus di antaranya anampses, bodianus, cheilinus, coris, dan holichoeres. 

Ikan famili labridae mempunyai badan berbentuk bulat telur sampai memanjang dan pipih. 

Mulut terminal dan dapat disembulkan. Sisik lingkaran dari sedang sampai besar. Garis rusuk hampir lengkap atau dengan lekukan di bawah belakang sirip punggung. 

Sedangkan genus cheilinus dikenal dari badan lonjong sampai agak memanjang. Lengkung kepala bagian atas dari lurus sampai sangat menonjol. 

Daerah antara mata bersisik. Garis rusuk terputus di bawah bagian belakang sirip punggung sedangkan garis lurus di batang ekor lurus. 

Selaput antara jari - jari keras sirip punggung dari sedikit berlekuk sampai dengan lekukan tajam. Di bawah ini cara budidaya ikan napoleon secara singkat yang biasa dijadikan sebagai ikan bakar.
Budidaya Ikan Napoleon


Budidaya Ikan Napoleon

Baca juga:

Napoleon hidup di ekosistem terumbu karang yang dalam dan merupakan ikan karnivora yang memakan ikan lemuru, tembang, kembung, teri, kepiting, rajungan, udang, dan hewan lainnya. 

Ikan ini dapat mencapai ukuran 200 cm dan tersebar di daerah indo pasifik. Napoleon merupakan jenis ikan konsumsi termahal dipasaran asia, terutama hongkong dan singapura. 

Napoleon mempunyai badan agak tinggi. Pada ikan-ikan muda lengkung kepala bagian atas agak cembung, pada ikan dewasa bagian ini berkembang sangat menonjol. 

Rahang menonjol keluar dengan bibir tebal. Tulang penutup insang dan badan tertutup oleh sisik lingkaran yang besar sampai dasar sirip punggung, sirip dubur, dan sirip ekor. 

Garis rusuk terputus di bawah bagian belakang sirip punggung. Sirip dada membundar dan lebih besar dari sirip perut. Sirip ekor membundar. 

Sirip punggung mempunyai 9 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak. Sirip anal 3 jari-jari keras dan 8 jari - jari lunak. Sirip perut terdapat 12 jari-jari lunak. 

Pada ikan – ikan muda badan abu-abu kecoklatan. Sedangkan ikan dewasa kehijauan. Kepala bagian bawah terdapat garis coklat kehijauan yang bergelombang. 

Sekitar mata dengan sepasang garis coklat yang mulai dari ujung rahang menuju mata dan dari belakang mata menuju ke awal garis rusuk. 

Di atas mata dengan bintik-bintik hitam. Sirip perut keputih - putihan. Sirip punggung, sirip dubur dan sirip ekor dengan bintik-bintik coklat. Pinggiran sirip ekor putih. 
Pembenihan Ikan Napoleon


Pembenihan Ikan Napoleon

Benih ikan napoleon untuk budidaya berasal penangkapan di alam dan pembenihan terkontrol.

 Penangkapan benih dan napoleonukuran besar dilakukan di daerah terumbu karang. Sedangkan benih dari pembenihan terkontrol baru tersedia di BBPBL gondol bali. 
Budidaya Ikan Napoleon di KJA


Budidaya Ikan Napoleon di KJA

Pemeliharaan ikan napoleon di kja yang di mulai dari benih berukuran relatif kecil. Memerlukan beberapa tahapan. 

Tahapan ini antara lain berguna untuk menghindari tingkat mortalitas yang biasanya tinggi. 

Dalam tahapan ini, ikan di seleksi berdasarkan ukurannya, untuk menghindari sifat kanibal dan agar pertumbuhan ikan lebih seragam. 

Dalam pemeliharaan, di bedakan adanya tiga tahap pemeliharaan, yaitu pendederan, penggelondongan, dan pembesaran. 


Cukup singkat dan padat berbagi akan cara budidaya ikan napoleon air laut ini. Semoga dapat memberikan gambaran sebelum melangkah membuka usaha.
loading...

0 komentar