Bagian dari Ikan yang Bermanfaat dan Mengandung Vitamin serta Mineral

- 4:06:00 AM
Bagian dari Ikan yang Bermanfaat infoikan.com Sudah tahu apa saja bagian tubuh ikan yang mengandung vitamin dan mineral? Atau ingin tahu kulit ikan mengandung vitamin dan baik untuk dikonsumsi?

Memilih makanan sehat untuk buah hati anda haruslah selektif. Mamilih makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi mampu mencukupi kebutuhan gizi untuk tubuh buah hati anda.

Sebagai pilihannya, cobalah budidayakan makan ikan pada buah hati anda sejak dini karena ikan merupakan sumber makanan dan zat yang mampu mencerdaskan buah hati anda. 

Mulai dari ujung kepala hingga ekornya memiliki nilai gizi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecerdasan. 

Berikut merupakan informasi yang diperoleh dari direktorat jenderal pengolahan dan pemasaran hasil perikanan mengenai bagian - bagian dari ikan yang manfaat yang memiliki kaya akan gizi. 

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat
Baca juga:
Manfaat Makan Ikan untuk Anak Balita, SD, yang Harus Diketahui
Nilai Gizi Ikan Air Tawar dan Air Laut Segar serta Manfaatnya

Bagian tubuh ikan yang mengandung vitamin dan mineral adalah sebagai berikut:

Kepala dan mata 

Kepala dan fungsi mata ikan mengandung polysacharida yang dapat  memberi khasiat mengontrol aliran darah.

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat - Duri  

Duri ikan mengandung kalsium dan kolagen yang sangat bermanfaat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. 

Minyak ikan

Minyak ikan mengandung DHA yang sangat penting bagi pertumbuhan otak dan retina mata

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat - Daging 

Daging ikan mengandung protein berkualitas tinggi dan vitamin yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuh.

Manfaat Kulit ikan

Kulit ikan mengandung vitamin A dan B12 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat - Perut

Lemak dalam perut ikan mengandung lemak omega 3 yang berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah dan bisa menurunkan kolestrol. 

Ciri-ciri ikan yang memiliki mutu baik dan bermanfaat untuk ksehatan antaranya:

1. Mata terang, bening, dan cembung.
2. Insang berwarna merah terang sampai merah tua
3. Kulit dan lendir cemerlang
4. Sisik mengkilap dan tidak banyak yang lepas
5. Daging elastis
6. Daging bila disayat masih melekat kuat pada tulang 

Manfaat Bagian dari Ikan untuk Kesehatan

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat

Kita tahu bahwa ikan merupakan sumber yang kaya akan kandungan gizi. 
Pola mengkonsumsi ikan pada masyarakat eskimo dan jepang merupakan petunjuk yang kuat atas rendahnya terjangkit penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya pada mereka. 

Penelitian yang dilakukan pada kelompok masyarakat yang menjadikan ikan sebagai pangan yang dominan dan mereka mengkonsumsinya ikan secara terus – menerus.

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat - Vitamin Omega 3

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat

Hal menunjukkan bahwa bagian dari ikan yang bermanfaat diantaranya jenis lemak didalam ikan setelah melalui proses metabolisme dalam tubuh manusia akan menghasilkan asam lemak yang kemudian dikenal dengan nama omega 3. 

Omega yang terdapat pada ikan mampu mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya. 

Bahkan, akan indikasi bahwa masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan memiliki umur harapan hidup rata-rata lebih panjang daripada masyarakat yang jarang mengkonsumsi ikan.

Secara sederhana bisa dijelaskan, karakteristiknya, yang unik menyebabkan omega 3 mampu mencegah dan mengurangi penumpukan kolestrol dan melekatnya bintik – bintik  darah pada dinding pembuluh darah yang merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung dan stroke yang mematikan. 

Manfaat Omega untuk Ibu Hamil dan Janin

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat

Manfaat Omega 3 ikan selain bisa menurunkan kadar kolestrol dalam darah juga bisa mengatasi beban penderita asma, rematik, penyakit kulit, komplikasi diabetes, dan kanker peyudara. 

Bahkan, pertumbuhan sel otak manusia sangat tergantung pada omega 3, sejak bayi dalam kandungan sampai belita. 

Jika pada masa usia tersebut cukup tersedia omega 3 nya, maka anak tersebut akan tumbuh dengan potensi kecerdasan maksimal. 

Oleh karena itu, di anjurkan kepada ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang cukup sampai bayi yang di kandungan lahir. 
Baca juga: Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi

Manfaat Ikan untuk Anak

Bagian dari ikan yang bermanfaat adalah meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan kemampuan akademiknya. 

Setelah bayi anda bisa makan nasi tim, perkenalkan ikan sampai usia selanjutnya, banyak penelitian tentang peranan minyak ikan dalam menurunkan resiko penyakit jantung. 

Manfaat Minyak Ikan

Bagian dari Ikan yang Bermanfaat

Di dalam minyak ikan, terdapat asam lemak tidak jenuh omega 3 terutama yang disebut dengan eikosapentaenoat dan dakosaheksaenoat.

Percobaan pada hewan maupun manusia bisa membuktikan bahwa keduanya bisa menurunkan kadar kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein darah. 

Dengan demikian, minyak ikan mampu menurunkan resiko terjadinya atrosklerosis. Ini merupakan bagian dari ikan yang bermanfaat berupa cairan.

Minyak akan memiliki keunikan dan kelebihan terutama pada kasus kadar lemak darah tinggi, yaitu bisa menurunkan lemak darah tersebut. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, ikan juga mengandung kalori rendah sehingga bagi orang-orang yang sedang mengikuti program diet penurunan berat badan, akan bisa dikonsumsi asal ikan tersebut diolah dengan sedikit lemak. 

Nah, itulah nama dan bagian dari ikan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dengan dikonsumsi secara baik dijadikan daging yang enak. Semoga bermanfaat dan selamat mecoba.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search