Cara Budidaya Ikan Belanak di KJA dan Tambak

Budidaya Ikan Belanak infoikan.com Sudah tahu cara membuat makalah budidaya ikan belanak? Atau ingin tahu budidaya ikan belanak pdf berdasarkan habitatnya?

Dari awal sudah dijelaskan kalau salah satu nama ikan laut adalah belanak. Ikan ini banyak ditemukan para pemancing daerah tepian pantai.

Salah satu jenis ikan laut yang masih populer dan banyak dicarai adalah ikan belanak.

Klasifikasi Ikan Belanak
Klasifikasi ilmiah
Kingdom  : Animalia
Filum      : Chordata
Kelas      : Actinopterygii
Ordo      : Mugiliformes
Famili    : Mugilidae
Genus    : Moolgarda
Spesies  : M. seheli
Nama binomial   Moolgarda seheli

Ikan belanak yang biasanya disebut gorues ada beberapa jenis. Namun, jenis yang umum di kenal adalah mugil cephalus m.labiosus, dan liza oligolepsis. 

Belanak merupakan ikan – ikan pantai yang kadang-kadang masuk ke dalam tambak. Berikut tis budidaya ikan belanak di KJA dan juga tambak yang dapat dijadikan sebagai makalah bentuk pdf.


Ikan Belanak


Budidaya Ikan Belanak

Belanak mempunyai kepala gepeng dan warnanya keperak-perakan. Giginya sangat kecil atau tidak ada sama sekali. Matanya dapat diliputi oleh kedua selaput bening yang vertikal. 

Habitat Ikan Belanak

Belanak hilir mudik dipermukaan pantai, muara sungai, dan masuk hutan - hutan mangrove. 

Belanak sering kali berenang secara berkelompok sebanyak 20 – 30 ekor. Belanak dapat mencapai ukuran 50 cm. Namun, ukuran umum belanak yang tertangkap antara 20-30 cm. 

Cara Pembenihan Ikan Belanak

Pembenihan Ikan Belanak

Benih belanak diperoleh dari penangkapan di alam. Benih belanak ukuran 2 – 3  cm berenang secara berkelompok mencapai ratusan ekor di pinggir pantai dan muara sungai. 

Benih belanak sering tertangkap bersama benih bandeng dan udang dipantai dan muara sungai. 

Budidaya Ikan Belanak di Tambak dan KJA

Budidaya Ikan Belanak di Tambak dan KJA

Pemeliharaan belank tidak jauh berbeda dengan bandeng. Belanak di produksi sebagai ikan konsumsi langsung, ukuran 300-500 gr/ekor. 

Benih belanak ukuran 0,5 - 1,0 gr/ekor atau panjang 3 – 5 cm ditebar dengan kepadatan 1 – 5 ekor/m2 atau 10.000 - 50.000 ekor/ha. 

Padat penebaran pada tambak tradisional antara 0,3-0,8 ekor/m2. Belanak dapat dipelihara bersama dengan ikan bandeng. 

Belanak dapat pula dipolikultur dengan udang, rumput laut, dan kepiting bakau di tambak. Belanak juga dapat dipolikultur dengan rajungan di jkd. 


Cukup disini dulu sobat ringkasan budidaya ikan belanak di tambak dan KJA ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuka usaha.
loading...

1 komentar: