Manfaat Makan Ikan untuk Anak Balita, SD, yang Harus Diketahui

- 4:18:00 PM
Manfaat Makan Ikan untuk Anak Balita infoikan.com Sudah tahu pentingnya makan ikan bagi anak? Atau ingin tahu manfaat ikan mujair untuk balita?

Masa balita hanya terjadi satu kali. Perkembangan otaknya tidak bisa diperbaiki apabila mereka kekurangan gizi pada masa pertumbuhannya. 

Pertumbuhan fisik dan dan intelektualitasnyaakan mengalami gangguan. Hal tersebut mempengaruhi generasinya dan negara akan kehilangan sumber daya manusia yang berkualitas. 

Salah satu cara untuk membangun mereka kembali adalah menyediakan menu makanan yang berbahan dasar ikan dan seefood. 

Dari sinilah maka sebagaiorang tua kita harus menyediakan ikan, karena manfaat ikan untuk anak balita berperan aktif mempercepat perkembangan kecerdasannya.

Manfaat Makan Ikan untuk Anak Balita

Manfaat Makan Ikan untuk Anak Balita


Keadaan gizi rendah pada balita dan usia sekolah tidak boleh di anggap remeh karena bisa menimbulkan akibat yang lebih lanjut dan kompleks, yang berdampak  pada menurunnya kualitas sumber daya manusia. 
Baca juga:
Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan dan Kecerdasan Anak
Nilai Gizi Ikan Air Tawar dan Air Laut Segar serta Manfaatnya
Nama Ikan Terapi yang Sudah Diperjual Belikan

Hal ini disebabkan empat hal:
1. Pertama, masalah gizi di usia muda akan menghambat laju pertumbuhan dan perkembangan fisik anak. 

2. Kedua, masalah gizi menghambat perkembangan kecerdasan. 

3. Ketiga, penyakit degeneratif usia muda, yang bukan disebabkan oleh faktor genetika atau bisa ditimbulkan karena masalah gizi. Pada penderita gizi buruk, struktur sel – sel tubuh tidak tumbuh sempurna. 

Seperti, pertumbuhan sel otak tidak maksimum, terjadinya jantung koroner, dan rusaknya pankreas yang mengakibatkan insulin tidak berfungsi optimal sehingga anak menderita diabetes. 

4. Keempat, malnutrisi yang berkepanjangan meningkatkan angka kematian anak. 

Ada beberapa variabel yang menyebabkan rendahnya minat masyarakat indonesia untuk mengkonsumsi ikan. 

Pertama, faktor sosiologis. Dikalangan masyarakat pesisir, pola makan ternyata ada katannya dengan stasus sosial. 

Semakin sering mengkonsumsi daging, maka semakin tinggi status sosialnya. Kedua, faktor ekonomi. Yaitu, rendahnya daya beli masyarakat. Ketiga, pengaruh globalisasi pola pangan. 

manfaat konsumsi ikan untuk pertumbuhan anak

Manfaat Makan Ikan untuk Anak Balita

Mengkonsumsi ikan sangat perlu ditingkatkan. Ada dua alasan mengapa mengkonsumsi ikan perlu ditingkatkan. 

1. Pertama, faktor biologis. Mengingat umumnya ikan mengandung protein yang sangat tinggi yang di butuhkan oleh tubuh manusia.  

Dengan mengkonsumsi ikan yang cukup, maka bisa memberikan dua keuntungan bagia anda, yaitu baik untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. 

2. Kedua, asam lemak tak jenuh termasuk asam lemak omega 3 yang ada pada ikan. Omega 3 ini membantu perkembangan sel otak yang bisa meningkatkan kecerdasan manusia. 

Manfaat Makan Ikan Setiap Hari

Manfaat Makan Ikan untuk Anak Balita

Masalah rendahnya konsumsi ikan di negara indonesia memang sangat kompleks sehingga cara untuk mengatasinya pun juga harus memperhatikan beberapa variabel. Pertama, dari sisi permintaan. 

Bagaimana caranya agar masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi ikan. Instrumennya adalah dengan mengkampanyekan untuk mengkonsumsi ikan. 

Melalui gerakan mengkonsumsi ikan secara sistematis akan mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya kandungan gizi yang ada pada ikan. 


Kedua, dari sisi penawaran. Dengan cara bagaimana mengusahakan ketersediaan ikan baik dalam bentuk bentuk mentah, maupun dalam bentuk olahan dengan jumlah cukup dan harga yang terjangkau.  

Dengan demikian masyarakat Indonesia akan semakin tahu akan pentingnya manfaat makanikan untuk anak balita setiap hari bagi pertumbuhan dan kecerdasan.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search