Nama Ikan Terapi yang Sudah Diperjual Belikan

Nama Ikan Terapi infoikan.com Sudah tahu penjual ikan terapi surabaya? Atau ingin tahu harga ikan garra rufa?

Nama - nama ikan yang ada di Indonesia jenisnya sangat beragam, baik itu ikan konsumsi maupun berfungsi sebagai ikan hias.

Yang secara pasti dari jenis ikan tersebut memiliki fungsi tersendiri secara umum maupun khusus.

Seperti yang populer sekarang ini, yakni mempunyai kemanfaatkan dapat dijadikan sebagai alat terapi yang telah beredar diperjual belikan.

Mungkin sebagain dari kita ada yang kurang tahu akan nama ikan terapi tersebut, berikut beberapa namanya dan juga kegunaannya sebagai ikan terapi yang juga sudah dijual di jogja.

Nama Ikan Terapi


Nama Ikan Terapi


Sudah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan yang terbiasa menggunakan terapi dengan alat bantu berupa ikan ini.

Malah sudah dijadikan sebagai pengobatan alternatif pembunuh racun juga beberapa penyakit yang bisa dikatakan berbahaya lainnya.

Hingga sekarang ini yang menjual ikan terapi Jawa Tengah sudah tidak bisa dihitung, baik yang harga mahal maupun murah dengan fungsi kurang lengkap.

Berikut beberapa jenis nama ikan terapi yang biasa dijual dengan harga murah:

1. Nama Ikan Terapi - Nilem Mangut

Nama latin ikan nilem adalah Osteochilus hasseltii. Ikan ini sudah berhasil didaftarkan sebagai ikan terapi, karena telah diteliti dapat menyembuhkan yakni oleh Puslit Biologi-LIPI

Adakah efek samping atau bahaya ikan terapi bagi kita?

Secara medis, efek samping terdapat pada permasalahan penekanan biaya pengobatan yang dinilai agak terlalu mahal.

Diantara bentuk terapi tersebut ada yang berupa jasa pijat dengan alat ikan, dan juga secara terbuka langsung dengan ikan yang menggigit anggota badan kita.

Malah, pernah dibuka uji coba yang tidak gratis yang dilakukan di tempat terbuka seperti di mall dan juga tempat wisata bogor.

Akhirnya sampai sekarang nama ikan terapi ini banyak diburu untuk dibudidayakan sebagai ajang usaha dan bisnis penjualan bagi yang membutuhkan.

Tempat untuk Terapi dengan Ikan

Seperti yang telah ditulis pada penjelasan di atas tadi kalau tempat untuk terapi dengan ikan ini tergantung si jasa tersebut.

Kalau seorang cewek, kebanyakan di dalam ruangan yang tertutup. Sedangkan kalau cowok rata-rata lebih memilih di tempat yang terbuka.

Baik itu di kolam taman, seperti yang sudah-sudah yakni Taman Wisata Matahari. Yang bikin orang bangga melakukan pengobatan alternatif ini ikannya berasal dari lokal sendiri.

Yakni Ikan nilem (Native spesies). Berbeda jika jenis ikan yang digunakan dari luar negeri, pastinya akan mengganggu pikiran kita. Hal ini ikan asli Indonesia sendiri sangat banyak.

2. Ikan Kutil

Tepatnya di daerah Sulawesi Tenggara, Wowuni. Nama ikan terapi ini berfungsi sebagai penghilang kutil, yaitu dengan cara merendamkan kaki kita di dalam air yang terdapat ikan ini.

Akan tetapi kekurangan ikan terapi ini tak dapat kita manfaatkan untuk memijat layaknya ikan nilem. Hal tersebut dsebabkan oleh giginya.

Ikan kutil termasuk jenis ikan air payau (Estuarin), tepatnya lebih banyak ditemukan bagian hilir sunga. 

3. Ikan Sumatera (Barbodes sumatrana, family: Cyprinidae)

4. Gara borneensis (Family: Cyprinidae)

5. Rasbora spp (Family: Cyprinidae)

Semua nama ikan terapi tersebut asli berasal dan ditemukan di Indonesia bagian barat yang tepatnya di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Habitat aslinya di Sungai dan Danau yang lebih suka makan tumbuhan. Ikan rasbora sendri masih termasuk ikan hias yang kini populer dipelihara.

Nama Ikan Terapi Berasal dari Luar Negeri


1. Ikan Garra Rufa (family: Cyprinidae)

2. Ikan Chinchin (Oreochromis mossambicus, family: Ciclididae)

Ikan terapi garra rufa merupakan ikan asli dari Turki, sedangkan ikan Chinchin didatangkan dari Afrika.

Kelebiahan terapi dengan ikan nilem mangut:
  • Ikan berukuran pas yang kita butuhkan yakni sedang
  • Merupakan jenis ikan tidak punya gigi (bergigi)
  • Mampu menghisap pada benda yang ditempelinya
  • Ikan pemakan dedaunan (Herbivora)
  • Termasuk jenis ikan lunak atau tidak galak
  • Dapat dibudidayakan
  • Mimiliki jongot layaknya otot yang berfungsi sebagai penghisap

Manfaat Melakukan Terapi dengan Ikan
  • Dapat memperhalus kulit
  • Menghilangkan bekas kulit mati

Nah, itulah beberapa jenis nama ikan terapi yang hingga sekarang terdapat di Indonesia dan sudah berhasil diperjual belikan serta dibudidayakan untuk ajang usaha dan bisnis.
loading...