October 13, 2017

Jenis Ikan Koki Kontes? Lihat Daftarnya Berikut Ini

Jenis Ikan Koki Kontes infoikan.com Sudah tahu daftar harga ikan mas koki? Atau ingin tahu ikan mas koki terbesar?

Jika sobat merupakan seorang pecinta ikan hias, tentunya sudah tidak asing lagi dengan ikan yang memiliki bentuk dan ukuran tubuh sangat lucu ini, teknis mas koki.

Untuk sekarang ini, ternyata untuk semua jenis ikan hias memiliki kelebiahan dan kekurangan sendiri. Bukan hanya betta fish atau ikan cupang yang dapat dijadikan kontes, banyak juga dari mas koki ini.

Berawal dari individu membentuk sebuah komunitas ikan hias, inilah yang kemudian terbentuk sebuah kontes yakni memperlihatkan kecantikan serta keberanian ikan tersebut.

Bagi sobat pemula yang kurang tahu akan jenis ikan koki kontes, berikut ini ada beberapa daftar yang dapat sobat pilih atau kembangkan dengan kriteria khusus untuk kontes.

Jenis Ikan Koki Kontes


Jenis Ikan Koki Kontes


Walaupun masih dilakukan secara berkala, terutama di kota-kota besar khususnya pecinta ikan mas koki tetap melakukan persaudaraan dengan cara melakukan kontes.

Akan tetapi dari semua jenis mas koki, tak semuanya dapat kita jadikan untuk mengikuti perlombaan kontes, namun harus dipilih berdasarkan kriteria yang bagus dan cantik.

Jika sobat merupakan seorang penghobi ikan mas koki dan ingin mengikuti kontes, berikut macam-macam mas koki yang bisa dipilih dan dirawat sesuai peraturan kontes.

Nama-Nama Ikan Mas Koki untuk Kontes

1. Koki Kontes - Ranchu

Nama ranchu dapat dikiaskan sebagai "Raja" yang ditandai dengan cantik dan gagah ketika berenang di dalam aquarium bersama hiasan.

Ciri-ciri mas koki rancu dapat Anda kenali dengan memiliki warna kuning layaknya emas, bervariasi warna bercak putih dan hitam tanpa sirip punggung.

Pada bagian badan terdapat warna merah dan biru. Ciri utama koki ranchu ternyata memiliki gelembung pada bagian wajah berbentuk kecil, inilah yang membuat koki ranchu semakin cantik dan indah serta menggemaskan untuk dipelihara.

2. Jenis Ikan Koki Kontes - Suihogan

Bentuk tubuhnya agak langsing dibanding koki ranchu, serta tak terlihat gelembung-gelembung.

Namun, gelembungnya terdapat di bagian matanya. Gelembung nilah yang membuat koki suihogan tampak unik. Maka tak heran jika keunikan koki ini dapat dijadikan untuk kontes.

3. Mas Koki Oranda untuk Kontes

Koki oranda dicirikan memiliki 4 buah ekor yang sama panjang. Pada bagian kepalanya membentuk layaknya sebuah raspberry dengan tata letak bergerombol.

Kebanyakan, para hobies ikan mas koki lebih memilih jenis oranda yang memiliki warna putih polos tanpa variasi, serta pada bagian kepala yang terdapat warna merah membentuk sebuah tudung.

4. Ikan Mas Koki Kontes - Ryukin

Bentuk dan ukuran mas koki kontes ini terlihat gagah dengan warna yang bervariasi.

Dengan perbandingan 1:1 terlihat kokoh saat berenang yaitu antara bagian perut dan punggungnya.

Salah satu ciri dan tanda mas koki Ryukin dapat dipilih dan dijadikan sebagai kontes adalah memiliki sirip yang panjang serta bentuk mulut runcing. 

Jika dipelihara hingga besar, mas koki ryukin dapat tumbuh hingga 25 cm, ini merupakan ukuran yang lumayan besar dibanding dengan jenis koki lainnya.

5. Jenis Ikan Koki yang Dijadikan Kontes - Black Moor


Ikan dengan tanda memiliki bentuk mata agak menonjol ke depan bervariasi tubuh tidak besar membuat black moor terkenal serta cocok untuk dijadikan kontes.

Nama lain black moor yakni popeye yang sudah dikenal jauh hari oleh sebagian hobies. Selain warna hitam, proporsional tubuhnya merupakan salah satu yang dinilai saat kontes.

Yuk, baca juga:
Mengenal Ikan Mas Koki Black Moor Secara Detail
Jenis Ikan Mas Koki Terbaik dan Terbesar serta 
Mengenal Ikan Mas Koki Bubble Eye (Mata Balon) 

Sobat dapat memilih salah satu dari beberapa jenis ikan koki kontes di atas, atau bisa juga memlihara semuanya sekaligus untuk ikut serta dalam daftar kontes dengan kriteria dan peraturan yang sudah ditetapkan.
loading...
Disqus Comments