Nama Makanan Ikan Berdasarkan Kebiasaan Makan

- 3:00:00 PM
Nama Makanan Ikan infoikan.com Sudah tahu jenis makanan ikan alami? Atau ingin tahu jenis pakan ikan air tawar?

Kebiasaan makan ikan atau yang umum disebut feeding habit sebenarnya melingkupi 2 kategori, yaitu cara makan ikan dan jenis makanan ikan.

Merupakan suatu hal yang penting untuk kita mengatahui kebiasaan makan jenis ikan tertentu, seperti ikan hias dan juga ikan yang sering dibudidayakan.

Semua itu tak lain untuk mempermudah kita dalam merawat ikan tersebut. Baik jenis ikan hias maupun ikan konsumsi.

Salah satu contohnya saja yang hingga saat ini sedang diburu adalah jenis makanan ikan hias air tawar. Baik berupa pakan alami yang berhasil dilestarikan maupun pakan buatan.

Berikut beberapa nama makanan ikan berdasarkan kebiasaan makan di alam liar juga mudah kita temukan dan kita kembangkan lagi.

Nama Makanan Ikan


Nama Makanan Ikan


Dalam ilmu biologi, makanan ikan ternyata masih digolongkan ke dalam 5 kelompok, yaitu makanan hewani, nabati, campuran antara keduanya, berupa plankton, dan detritus.

1. Makanan Nabati

Jenis makanan yang umum kita jumpai berupa dedaunan dan tumbuh-tumbuhan merupakan bentuk dari makanan nabati. Biasanya tumbuhan ini dapat tumbuh besar dan dapat kita lihat.

Jenis ikan pemakan tumbuhan (Ikan Nabati) umum dikenal dengan ikan herbivora (Vegetaris)

Jenis tumbuhan yang tergolong sebaga makanan nabati untuk ikan seperti ganggang, alga filamen, ganggang benang: Cladophora, Spirogyra, Chaetomorpha, Enteromorpha.

Selain tumbuhan, pakan nabati ada juga berupa sayuran, contohnya daun talas, kangkung air, daun pepaya, dan juga enceng gondok.

Untuk jenis ikan herbivora yang biasa makan tumbuhan ketika di alam bebas contohnya, ikan nilem, tawe, sepat siam, baronang, bandeng, jelawat, gurame besar.

Jika sobat peternak atau sudah membuka budidaya ikan konsumsi tersebut, bisa juga sediakan pakan buatan seperti dedak halus, bungkil kelapa, sisa sayuran, isi perut hewan ternak.

2. Pakan Hewani

Nama makanan ikan yang berasa dari pakan hewani tentunya mampu kita untuk memberikan gambaran atau contoh, yaitu berupa daging.

Kelompok karnivora merupakan jenis ikan pemakan daging, yang juga populer dengan sebutan ikan buas atau rakus.

Bangkai atau hewan merupakan salah satu jenis daging yang sudah umum dberikan pada ikan pemakan daging dan berukuran kecil.

Jenis ikan karnivora yakni pemakan daging contohnya ikan kepala timah, ikan seribu, ikan teri, ralan curing atau sisik mulik, dan anakan ikan.

Sedangakn jenis ikan pemakan daging yang masih kecil atau anakan pada umumnya makan cacing, siput kecil, dan serangga.

Jenis ikan karnivora contohnya ikan sidat, betutu, ikan gabus, belut sawah, oscar, arwana, kakap putih, kakap merah, kerapu, dan cucut macan.

Jika di rumah sobat terdapat nama ikan hias dan konsumsi tersebut, bisa dicoba memberikan makanan tambahan. Biasanya ikan peliharaan tadi akan menolak dan lebih cocok dengan daging cincangan serta gilingan.

Dapat juga kita sediakan berupa pakan tambahan, namun butuh proses yang lumayan lama agar beradaptasi dulu seperti ikan gabus.

3. Campuran Nabati dan Hewani

Nama makanan ikan selanjutnya berasal dari gabungan antara kedua jenis makanan di atas.

Jika berasal dari pakan nabati dan masih hidup contohnya seperti lumut, ganggang algae, larva serangga, dan cacing.

Sementara untuk jenis makanan yang sudah tidak bernyawa misalnya, limbah industri, kotoran hewan, bangaki, bisa juga kotoran manusia.

Omnivora merupakan jenis ikan pemakan segalanya yaitu campuran antara pakan nabati dan hewani tadi.

Contoh ikan omnivora yaitu ikan lele, ikan mujair, ikan mas tombro, dan ikan maskoki.

Jika sobat sekarang ini lagi ternak ikan konsumsi tersebut, merupakan kesempatan emas untuk mudahnya memelihara dengan menyediakan jenis makanan yang mudah didapat.

Mengapa demikian? Emang ikan makannya apa? Untuk jenis ikan omnivora ini selalu mau menerima jenis makanan tambahan, baik nabati maupun hewani.

Jenis ikan yang cepat tumbuh besar adalah kelompok dari ikan Omnivora tersebut.

Bukti nyata seperti ikan lele, banyak yang sudah berhasil dalam budidaya ikan lele, malah hanya butuh 45 hari saja. Ya iya, kan ternaknya milih bibit yang agak besar.

4. Nama Makanan Ikan - Plankton

Plankton merupakan salah satu makhluk hidup yang umum biasa tumbuh di dalam air dan permukaan air yang bergerak bebas mengikuti arah dimana air mengalir.

Jenis palnkton ada dua macam, yakni planton nabati yang dikenal dengan nama Fitoplankton, dan palnkton hewani populer dengan nama Zooplankton.

Chlorella, Isochrysis, Skeletonema, Dunaliella, Spirulina, dan Tetraselmis mrupakan contoh plankton nama pakan ikan.

Sedangkan Artemia, Daphnia, Calanus, Moina, Cyclops, Trigiopus, dan Brachionus merupakan contoh Zooplankton.

Contoh jenis ikan yang digolongkan pemakan plankton di alam bebas adalah ikan layang dan tambakan.

Makanan buatan dan tambahan bisa diberikan oleh jenis ikan ini. Akan tetapi, usahakan menyediakan yang ssudah berbentuk tepung, serpihan halus, dan butiran.

5. Nama Makanan Ikan - Detritus

Detritus merupakan jenis makanan yang sudah hancur, biasanya berupa bahan-bahan organik seperti sisa tumbuhan, bakteri, protozoa, dan alga.

Detritus fedeer merupakan nama populer untuk ikan pemakan makanan ini. Contoh jenis ikan pemakan detritus adalah ikan belanak.

Makanan ikan belanak lebih suka mencari lumut yang sudah hancur, mencari makanan di dasar air berupa lumut yang menempel pada usus ikan dan ayam yang terbuang.

Nama Makanan Ikan Hias Air Tawar


Pakan Alami

1. Artemia (brine shrimp)

Hewan kecil berupa udang-udang. Biasanya cara membuat makanan ikan cupang diambil dari bahan udang kecil ini.

2. Daphnia atau disebut juga kutu air
3. Cacing sutera  
4. Jentik nyamuk

Pakan Segar

Nama makanan ikan hias air tawar segar ini biasanya berupa tumbuh-tumbuhan, contohnya berikut ini:
  1. Wortel 
  2. Timun 
  3. Kacang polong
  4. Jantung sapi

Pakan Buatan
  1. Pelet
  2. Granule
  3. Flake (pakan ikan yang berbentuk lembaran)
  4. Tablet (berbentuk bundar menyerupai tablet obat)

Itulah beberapa daftar nama makanan ikan yang sering disediakan buat memelihara semua jenis ikan untuk mempermudah dalam perawatan. Baik jenis makanan ikan laut, maupun ikan air tawar.
iklan disini akhir artikel...
 

Start typing and press Enter to search