October 25, 2017

Ikan Konsumsi yang Paling Laris? Berikut Nama dan Gambarnya

Ikan Konsumsi yang Paling Laris infoikan.com Sekarang ini berbagai jenis ikan konsumsi telah berkeliaran hingga tepat di depan kita.

Mengapa tidak? berbagai penjual macam-macam ikan entah itu ikan air tawar maupun ikan air laut berdatangan sendiri menuju pedesaan untuk usaha jual ikan.

Salah satunya yang terkenal dan populer adalah tenggiri. Ikan tenggiri merupakan ikan laut yang memiliki permintaan lumayan tinggi. Hal ini karena harganya yang ekonomis.

Tak heran jika pera petani khususnya nelayan sekarang ini sudah membuka usaha budidaya ikan tenggiri dengan tujuan untuk ekspor. 

Berikut beberapa ikan konsumsi yang paling laris dan berasal dari usaha budidaya petani Indonesia hingga sekarang ini.

Ikan Konsumsi yang Paling Laris



Ikan Konsumsi yang Paling Laris


1. Ikan Lele (Cat Fish)



Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat laris sampai sekarang.

Ikan yang dikenal dengan tubuh halus ini ternyata favorit setiap orang. Kenapa tidak? Pembuktiannya dapat sobat lihat di pinggir jalan, yakni banyaknya olahan pecel lele.

Untuk melakukan budidaya ikan lele sendiri sangat mudah. Harga bibitnya yang murah menjadikan petani semakin berlomba-lomba membuka usaha ternak lele.

Baca ini: Cara lengkap Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

2. Ikan Bawal



Ikan konsumsi yang paling laris berikutnya adalah bawal. Collossoma macropomum merupakan nama latin ikan bawal.

Walaupun dilihat dari warna dan bentuk tubuhnya hampir mirip dengan ikan piranha, namun ikan asli Indonesia ini tumbuh besar di lingkungan kita.

Selain harga ikan bawal yang murah, rasa nikmat dan lezat bisa kita rasakan saat mencicipi dagingnya yang tebal.

Dari sinilah masyarakat tak bosan menghias menu makan dengan lauk ikan bawal. Tak hanya itu, untuk budidaya ikan bawal mudah dikerjakan walaupun ada hambatan pertama kali tanam modal.

Yu, ketahui juga: Prospek Bisnis Ikan Bawal yang Menjanjikan

3. Ikan Nila



Ikan nila juga tak mau kalah sebagai ikan konsumsi yang paling laris. Penuturan dari sebagian petani bahwa budidaya ikan nila sangat menguntungkan sekali.

Asumsinya yang besar saat mudahnya merawat serta permintaan pasar yang terus meningkat membuat semangat untuk mengolah kolam hingga sekarang ini.

Namun, sebagian dari sebagian pembeli ada juga yang menemukan jenis ikan nila yang kekurangan daging. Hal ini mungkin salah memilih ukurannya saja.

Padahal, di warung dimana ditemukan aneka olahan ikan nila pasti akan memberikan kepuasan tersendiri dengan rasa daging yang tebal serta bergizi.

Baca ini: Sistem Budidaya Ikan Nila Banyak untung

4. Ikan Gurami



Sudah tahukah sobat, kalau ikan gurami sebagai ikan konsumsi ternyata memiliki daya tubuh yang dapat tumbuh besar seperti ikan patin?

Fakta ini dapat kita saksikan sendiri dengan mendatangi petani budidaya ikan gurami. Atau bisa juga mencicipi olahan warung lestoran maupun warung pinggir jalan.

Pasti akan dihidangkan satu ekor ikan gurami siap saji yang besarnya akan membuat kita letagihan. 

Tentunya akan berbeda lagi jika menjualnya di pasar umum. Tentu para pembeli lebih suka memilih jenis gurami yang berukuran kecil, hal ini menyesuaikan masalah harga.

Jangan lupa: Teknik Budidaya Ikan Gurame Hemat Biaya dan Menguntungkan 

5. Ikan Patin

 
Baca yuk,..Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen untuk Pemula

Jenis Ikan Konsumsi Air Laut yang Paling Laris


1. Ikan Tuna

Ikan Tuna


Selain ikan konsumsi yang berasal dari air tawar, ikan laut yang sulit kita mencarinya sendiri ternyata mudah kita beli.

Salah satu ikan laut yang sudah terkenal sebagai perenang handal adalah ikan tuna ini. Merah muda dan merah tua merupakan warna dagingnya.

Berawal dari murahnya harga serta tingginya permintaan, ternyata manfaat ikan tuna sangat penting untuk kesehatan kita.

Dari penelitian membuktikan kalau kandungan protein ikan tuna mampu meminimalisir datangnya stroke, mengatasi darah tinggi, menyehatkan jantung, dll.

Maka tak heran untuk sekarang ini sebagian dokter malah menganjurkan ibu hamil untik mengkonsumsi ikan tuna untuk diambil merkurinya.

Bagi sobat sudah tahu sekarang kalau jenis ikan yang cocok untuk ibu hamil salah satunya adalah ikan tuna. Namun, harus melalui resep dokter juga ya sebelum mengolahnya.

2. Ikan Teri

Ikan Teri


Sebagai ikan konsumsi yang paling laris, ikan teri ternyata memiliki panjang tubuh hanya tak lebih dari 5 cm saja.

Ikan bilis merupakan nama lain ikan teri. Saking banyaknya, hingga sekarang ini ikan teri mampu diekspor sampai ke luar negeri.

Walaupun jumlah penduduk Indonesia sendiri lumayan banyak, namun masih tak dapat menghabiskan ikan konsumsi ini.

Salah satu olahan yang paling sering orang buat adalah peyek teri. Malah sebagian lagi menjadikan teri sebaga makanan alami ikan peliharaannya.

3. Ikan Sarden

Ikan Sarden


Iya, ikan yang lebih dikenal dengan raja kaleng malah menjadi ikan konsumsi yang paling laris dikalangan menengah ke atas.

Jenis ikan yang dapat kita makan siap saji ini ternyata penggemarnya tak sedikit. Pasalnya, hingga tulangnya terasa empuk dan dapat kita makan juga.

4. Ikan Tongkol

Ikan Tongkol


Salah satu ikan konsumsi yang menjadi incaran para nelayan adalah ikan tongkol. Kawakawa, mackerel tunai, little tuna, false albacore merupakan nama lain ikan tongkol yang kerap dipanggil di Luar Negeri.

Salah satu jenis ikan laut yang hidupnya bergerombol bersama kelompoknya termasuk juga ikan tuna.

Salah satu makanan di alam bebeas kesukaan ikan tongkol berupa udang, ikan kecil, cumi-cumi, juga ikan cucut.

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan dapat kita rasakan seperti menghilangkan linu, kesehatan mata, mengatasi kusamnya kulit, obat anemia, serta dapat juga mencegah ejakulasi dini.

Ikan untuk ibu hamil salah satunya adalah ikan tongkol. Kandungan merkurinya sangat sedikit, bahkan difonis tidak ada. Malah nutrisinya sangat baik untuk kesehatan.

Namun, ada juga jenis ikan tongkol memiliki kandungan merkuri yang banyak, maka sobat harus tetap wapada, karena tidak baik bagi ibu hamil.

5. Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri sebagai ikan konsumsi yang paling laris ternyata daat juga dijadikan sebagai bahan utama membuat bakso, siomay, kerupuk, dan lainnya.

Ikan tenggiri juga merupakan salah satu jenis ikan laut yang hidupnya bergerombol, lebih sering muncul dekat pantai untuk menemukan makanannya.

6. Ikan Kuwe

Ikan kuwe merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang paling laris berasal dari air laut.

Sesuai namanya, ikan kuwe diambil dari dimana ia banyak ditemukan, yakni Indo-Pasifik. Malah sekarang ini ikan kuwe sudah terdaftar sebagai ikan pancingan, dan ikan dagang.

7. Ikan Kerapu

Ikan kerapu bisa dikatakan sebagai ikan konsumsi yang paling laris memiliki kelebihan tersendiri. Yakni ketika akan tiba masanya hari raya imlek.

Walaupun harga ikan kerapu juga sangat ekonomis, namun ketika dibutuhkan seperti hari imlek, maka harga ikan kerapu akan naik secara drastis juga menjadi mahal.

Tepatnya di bagian Asia Timur, Cina, Jepang, Taiwan, dan Hongkong merupakan penggemar daging ikan kerapu.

Hanya kalangat elit atau penghasilan menengah ke ataslah yang biasa mencicipi lezatnya daging ikan kerapu sebagai ikan konsumsi ini.

Beberapa manfaat ikan kerapu diantaranya dapat menurunkan resiko datangnya serangan jantung, menambah kecerdasan anak, hal ini kandungan omega 3 yang lumayan tinggi.

Namun, ikan kerapu salah satu jenis ikan yang kurang baik untuk ibu hamil. Merkuri yang tinggi dapat membuat bayi lahir cacat. Maka bagi bumil disarankan menghindari ikan kerapu.

8. Ikan Kakap

Mengapa ikan kakap menjadi ikan konsumsi yang paling laris? Tak lain karena di daerah Kepulauan Rio lebih populer dengan lauk ikan kakap serta mudahnya mendapatkan ikan konsumsi ini.

Ikan kakap juga diteliti termasuk jenis ikan laut yang hidup bergerombol bersama satu varietasnya.

9. Ikan Konsumsi yang Paling Laris - Ikan Kembung

Ikan konsumsi yang tentunya asing bagi daerah yang tak terdapat ikan kembung. Namun, jika sobat melihat ikan tenggiri, ikan tuna, dan ikan tongkol, pasti akan mudah mengenalnya.

Malah di lain daerah, ikan kembung menjadi salah satu incaran para nelayan walaupun bentuk dan ukuran tubuhnya kecil, namun peminatnya tak mau kala dengan ikan konsumsi lainnya.

10. Ikan Cumi-Cumi

Ikan konsumsi yang paling laris terakhir adalah ikan cumi-cumi yang masih tergolong suka hidup d air laut.

Lilogo Pealei merupkan salah satu ikan cumi-cumi yang dapat kita sajikan bersama nasi. Karena sebagian ada juga yang memiliki racun dan harus dibersihkan dulu.

Ukuran tubuh ikan konsumsi ini sekitar 5 cm saja. Namun, ada juga panjang mencapai 15 cm yang dikenal dengan cumi jumbo.

Dari fakta yang ada, ikan konsumsi ini jika sudah tumbuh besar malah dapat membuat bahaya bagi para nelayan khususnya penyelam. 

Mengapa demikian? Taka lain karena dalam tubuh cumi-cumi yang besara dilengkapi juga "tentakel" yang merupakan senjata untuk melawan musuhnya.

Selesai sudah sajian kita kali ini yaitu ikan konsumsi yang paling laris di pasaran dan sering dijadkan sebagai bahan masakan untuk lauk keluarga. Semoga bermanfaat.
loading...
Disqus Comments