Jenis Tanaman Pemicu Warna Ikan Koi yang Mudah Didapat

- 6:15:00 AM
Jenis Tanaman Pemicu Warna Ikan Koi infoikan.com Sudah tahu pakan koi untuk warna? Atau ingin tahu jenis sayuran untuk ikan koi?

Siapa tak kenal ikan koi, yang merupakan bagian dari jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Biasanya koi dipeliharan sebagai hiasan taman rumah makan.

Namun, belakangan ini sudah dapat kita temukan diberbagai tempat terutama bagi mereka yang bentuk rumahnya didesain minimalis.

Karena sangat cocok sekali merawat ikan koi di halaman rumah dengan dekorasi kolam berbentuk minimalis serta tambahan berbagai hiasan dari tumbuhan hidup.

Bagi sobat yang menginginkan beberapa jenis tanaman pemicu warna ikan koi, berikut ini beberapa nama tumbuhan yang dapat mempercantik warna ikan hias koi.

Jenis Tanaman Pemicu Warna Ikan Koi


Jenis Tanaman Pemicu Warna Ikan Koi


Kwalitas air kolam yang bersih merupakan salah satu keadaan koi menjadi sehat dan juga dari berbagai sisa kotoran yang berasal dari makanan.

Jika sobat memelihara ikan koi tanpa filter pembersih, alternatifnya dapat menyediakan tanaman hias yang dapat berfungsi sebagai penghilang bekas kotoran akuarium tesebut.

Karena sebagian pakan ikan koi agar cepat besar malah memberikan dampak yang kurang bagus buat air. Cepat tercemarnya akuarium oleh pakan tersebut.

Untuk itu, sobat dapat memberikan jenis sayuran untuk ikan koi yang sudah diperjual belikan di toko ikan hias. Untuk jenis tanaman pemicu warna ikan koi serta untuk mencerahkan warna, berikut ini contohnya.

1. Tanaman Teratai

Nama latin tanaman air teratai adalah Nyamphaea yang dikenal dengan sebuatn lili Air. Jenis tanaman inilah yang sudah beredar diperjual belikan dengan harga murah dari bibitnya.

Tanaman berbungan cantik ini memiliki warna yang indah. Daunnya layaknya laknya perahu yang mengambang di atas permukaan air.

Tanaman ini dapat tumbuh besar hingga 90 cm. Jika kecil kisaran 40 cm saja. 

2. Jenis Tanaman Tifa

Nama latin tifa Typha Latifolia yang tumbuh liar di perairan luas. Ciri dan tanda tumbuhan tifa bunganya berbentuk cerutu dengan batang yang memanjang.

3. Tanaman Enceng Gondok

Nama lain enceng gondok adalah gulma. Sedangkan nama latin enceng gondok Eichornia Crassipes yang sebenarnya juga hidup liar. 

Akan tetapi setelah populernya jenis ikan hias, sekarang ini enceng gondok menjadi tanaman favorit untuk hiasan aquarium.

Sama halnya tanaman lain, enceng gonsok sendiri hidup mengapung di atas air. Daun berwarna hijau dengan batang yang menggembung dan mampu tumbuh besar sekitar 15 cm.

Tanaman hias mudah tumbuh yang memberikan warna ini sekali hidup akan memenuhi kolam Anda.

Jika keadaannya semakin banyak, sobat dapat membuang sebagian tanaman air mudah tumbuh ini. Karena dapat memicu berkurangnya oksigen dalam air.

Untuk itu dianjurkan selalu sesering mungkin mengontrol keadaan kolam atau aquarium yang terdapat enceng gondoknya.

4. Jenis Tanaman Air Lotus

Tanaman air yang dikenal dengan water lily ini memiliki nama latin Nyamphaea Lotus. Layaknya teratai yang dapat tumbuh besar.

Ciri-ciri tanaman air lotus ini berdaun bulat yang melebar yang bervariasi lilin di tepinya. Bisa tumbuh besar sampai 10 cm.

Tanaman ini berbau layaknya minyak wangi yang semerbak. Bungannya berwarana-warni, ada ungu, putih, kuning, sampai merah jambu. 

Tanaman ini berakar hingga dapat tertancap di dasar kolam terpendam lumpur. Karena masuk daftar jenis tanaman deep water aquatics plants.

5. Bunga Saroja

Nama latin tanaman Seroja adalah Nelumbo Nucifera Gaertn yang bisa tumbuh subur mencapai 1,5 m dengan diameter bunga 50 cm.

Akan tetapi, bunga seroja ini dapat mekar musiman saja yaitu antara bulan Juli - agustus.

6. Tanaman Pisang Air

Layaknya pohon pisang yang memilki daun memanjang seperti talas. Nama latin pisang air adalah Typhonodorum Lindyeynum yang mampu tumbuh besar hingga 4 m tingginya.

Ciri-ciri tanaman pisang air memiliki daun yang bergelombang dengan bentuk oval berdiameter 1,5 m.

7. Tanaman Apu-Apu

Nama latin tanaman apu-apu adalah Pistia Stratiotes atau Pistia Crispate. Ciri-ciri tanaman apu-apu terdapat bulu halus di atas daun yang berwarna hijau.

Warna akar tanaman apu-apu adalah putih dengan bentuk pohon bertumpuk-tumpuk dan melingkar yang hidup alam bebas.

8. Jenis Tanaman Pemicu Warna Ikan Koi - Kala Lili

Nama latin kala lili Zantedeschia Aethiopica yang merupakan jenis tanaman layaknya sebuah lilin yang meleleh.

Ciri-ciri tanaman kala lili berwarna putih dengan bentuk seperti corong yang memiliki kepala putik bervariasi warna kuning yang cerah.

Aroma bunganya sangat lembut dihidung. Jika tak kebagian cahaya, maka tanaman kala lili ini akan tumbuh besar.

9. Jenis Tanaman Papytrus Paying

Nama latin jenis tanaman pemicu warna ikan koi Papytrus Paying adalah Cyperus alternifolius dengan ciri-ciri mempunyai batang segitiga yang dapat tumbuh subur mencapai 1 m bahkan lebih.

Bunganya berbentuk seperti daun yang hidup berkelompok dengan sejenisnya.

10. Jenis Tanaman untuk Warna Ikan Koi - Bumbu Air
Nama latin tanaman bumbu air Equisetum Hyemale yang tumbuh subur umumnya seperti pohon bambu.

Ciri-ciri tanaman bambu air diantaranya memiliki ukuran kecil, 25 - 100 cm merupakan besar tanaman ini dengan diameter 3 cm saja.

Yu, baca juga:
Fakta Informasi Seputar Ikan Koi 
Jenis Ikan Koi Blitar yang Laris di Pasaran dengan Harga Murah
Gambar Ikan Koi Terlengkap dan Terbaik Sekarang Ini 

Selesai sudah beberapa nama dan jenis tanaman pemicu warna ikan koi ini, silahkan sobat pilih salah satu berdasarkan desain kolam dan akuarium yang ada agar dapat tampil cantik dan indah serta sesuai dengan warnanya.
iklan disini akhir artikel...
 

Start typing and press Enter to search