Perbedaan Ikan Neon Tetra dan Ikan Cardinal yang Mudah Diingat

Perbedaan Ikan Neon Tetra dan Ikan Cardinal infoikan.com Sudah tahu harga ikan cardinal tetra? Atau ingin tahu cara merawat ikan neon cardinal?

Salah satu jenis ikan hias yang sering jadi pertanyaan jika melihatnya adalah jenis tetra. Nama ikan hias ini berakhiran sama, sudah dipastikan pasti akan bingung ketika melihatnya.

Teruntuk bagi pemula yang ingin membeli di toko ikan hias, pastinya akan selalu bertanya mulai dari jenis pakan ikan neon tetra hingga cara merawat serta perbedaan yang mudah kita lihat.

Untuk itu, sobat jangan khawatir karena berikut ini beberapa perbedaan ikan neon tetra dan ikan cardinal baik segi warna, bentuk, dan ukuran besar kecilnya tubuh ikan hias ini.

Perbedaan Ikan Neon Tetra dan Ikan Cardinal




Perbedaan Ikan Neon Tetra dan Ikan Cardinal


Cardinal Tetra vs Neon Tetra

Dari kabar yang sudah memelihara ikan ini, memberitahukan kalau keduanya jika dipelihara dalam aquarium yang lengkap dengan hiasan, maka akan mengeluarkan cahaya yang memantul.

SUdah umum jika jenis tetra ini hingga sekarang masih menjadi favorit yang cocok untuk ditempatkan dalam aquarium satu gerombol maupun dicampur bersama ikan hias kecil lainnya.

Apalagi sekarang ini telah menjad populer yakni ikan neon tetra albino yang memiliki harga ekonomis namun tetap mempesona ketika ditaruh dalam aquascape.

Berikut beberapa perbedaan antara ikan neoan tetra dan cardinal tetra.

1. Dilihat dari Warna

Cardinal tetra dapat sobat ketahui dengan adanya warna merah pada keseluruhan bagian ekor hingga kepala.


Untuk neon tetra jika dilihat ternyata hanya sebagian saja warna merahnya, yakni tidak sampai pada ekornya.

2. Dilihat dari Asal-Usul Ikan

Ternyata walaupun nama ikan hias ini hampir mirip dan sama, namun hasil penemuannya berbeda.

Cardinal tetra ditemukan dari sungai Orinoco Atas dan di Amerika Selatan tepatnya di sungai Rio Negro.

Sedangkan ikan neon tetra banyak ditemukan di sungai blackwater tepatnya pada daerah Kolombia dikenla dengan nama clearwater, Brazil bagian Barat, Peru Timur, yang memiliki suhu air kisaran antara 20 ° C - 26 ° C (68 ° F dan 79).

3. Dilihat dari Bentuk Sirip

Ikan neon tetra mempunyai bentuk sirip yang lebih besar dibandngkan ikan cardinal tetra sirip atasnya terlihat kecil.

Makanan Ikan Neon Cardinal


Untuk jenis makanan kedua jenis tetra ini tan jauh berbeda. Sobat bisa memberikannya jenis pakan yang standar dan terdapat di toko ikan hias saja.

Yang perlu diingat ketika sobat sudah merawatnya, jangan sampai telat dalam pemberian pakan ataupun airnya keruh, karena ikan neon gampang mati ketika salah dalam memeliharanya.

Yuk, baca juga:
Panduan Lengkap Budidaya Ikan Hias untuk Pemula
Budidaya Ikan Hias Neon Tetra Kecil Tahan Lama
Jenis Ikan Aquascape yang Kuat dan Tahan Lama


Itulah beberapa perbedaan ikan neon tetra dan ikan cardinal tetra yang secara umum mudah kita ingat sebelum membeli dan merawatnya. Semoga bermanfaat dan selamat memelihara.
loading...