October 2, 2017

5 Sirip Ikan Beserta Keterangannya yang Harus Sobat Diketahui

Sirip Ikan Beserta Keterangannya infoikan.com Sudah tahu fungsi sirip dada pada ikan? Atau ingin tahu fungsi sirip dorsal ikan, baik ikan konsumsi maupun jenis ikan hias?

Ikan merupakan salah satu hewan yang hidup di bagian air, baik air tawar, air payau, dan air laut. 

Nama-nama ikan sendiri beraneka ragam, baik ikan konsumsi maupun nama ikan hias air tawar. Begitu juga dengan anggota tubuhnya, ternyata memiliki kegunaan tersendiri.

Salah satunya yang mudah kita tebak adalah ekor, fungsi ekor pada ikan tak lain untuk memberikan tambahan tenaga supaya kuat berenang. Ini merupakan fungsi secara umum dan mudah kita analisa.

Dilengkapi pula dengan sisik, sisik ini layaknya kita adalah sebagai pakaian. Untuk fungsi sisik pada ikan sebagai hiasan, pelindung saat berenang terutama ketika melawan arus yakni supaya mudah menyesuaikan air tersebut.

Keberlanjutannya bagian dari ikan yang akan kita perinci yaitu sirip ikan beserta keterangannya. Berikut fungsi bagian tubuh ikan yang harus sobat ketahui.

Sirip Ikan Beserta Keterangannya


Sirip Ikan Beserta Keterangannya


Mungkin sebagian dari kita yang sudah dewasa tak akan menghiraukan dari pada semua bagian dari ikan. Namun, untuk pelajar biasanya muncul pertanyaan apa sih fungsi sirip pada tubuh ikan?

Berikut beberapa nama sirip ikan beserta fungsinya dan nama latinyya:
Jumlah sirip ikan ada 6 diantaranya yang populer diketahui adalah sebagai berikut:
  1. sirip dada (Pinnae Pectoral),
  2. sirip punggung (Pinnae Dorsalis),
  3. sirip ekor (Pinnae Caudalis),
  4. sirip dubur(Pinnae Analis),
  5. sirip perut (Pinnae Ventralis),
  6. dan Adipose fin
Sebenarnya sirip pada ikan dibagi lagi dalam 2 jenis, yaitu sirip tunggal contohnya sirip anus, punggung, ekor. Dan satu lagi sirip berpasangan contohnya sirip bagian dada dan perut.

Di bawah ini merupakan jumlah 6 sirip ikan dan fungsinya:

1. Sirip Dada (Pinna Pectorali)

Fungsi sirip dada pada ikan yaitu digunakan sebagai penambah daya enrgi supaya dapat maju, belok ke samping, serta dapat diam. 

Letak sirip dada terletak di bagian posterior operculum yakni pada bagian tengah-tengah tubuh ikan dan terdapat di sisinya.

2. Sirip Punggung (Pinna Dorsalis)

Fungsi sirip punggung pada ikan adalah sebagai penstabil saat berenang. Biasanya digunakan bersamaan dengan pinna analis (sirip dubur) jika si ikan ingin putar balik badan dengan cepat kilat. Letak sirip punggung terdapat di sebelah bagian dorsal.

3. Sirip Perut (Pinna Ventralis)

Fungsi sirip perut ini adalah untuk berperan si ikan ketika berenang yakni agar dapat stabil. Selain itu, dapat pula berfungsi agar posisi tubuh ikan tersebut dapat tetap pada kedalaman tertentu. 

Letar sirip perut ada pada bagian perut.

4. Sirip Dubur (Pinna Analis) 

Letak sirip dubur terdaat di bagian belakang tepatnya di posterior anal yang tak lebih jauh bersama dubur ikan.

Fungsi sirip dubur pada ikan tak jauh beda dengan fungsi sirip perut yaitu sebagai penyeimbang atau menstabilkan tubuh ketika sedang berenang.

5. Sirip Ekor (Pinna Caudalis)

Fungsi sirip ekor pada ikan tak lain adalah untuk membantu memberikan dorongan saat ikan berenang maju, serta berfungsi mengemudi saat ikan bermanuver. Letak sirip ekor terletak di bagian posterior yakni ekor (ujung ikan).

6. Adipose Fin

Pada umumnya bagian sirip ikan yang terakhir ini tidak disebutkan, hal ini karena tidak semua jenis ikan memiliki jenis sirip adipose fin. Letak sirip adipose fin ada di bagian dorsal namun agak ke depan dekat pinna caudalis.

Fungsi Bagian Tubuh pada Ikan


Keadaan sirip punggung untuk jenis ikan yang berasal dari kelas Condrichthyes telah diapit oleh beberapa tulang rawan yaitu rawan basal dan tulang rawan radial.

Tulang rawan basal terletak di bagian bawah yang bertumpu pada cucuk neural. Sedangkan tulang radial terletak tepat di atas tulang rawan basial yang mempunyai peran sebagai penunjang jari-jari sirip.

Selesai sudah uraian singkat tentang sirip ikan beserta keterangannya yang sudah dijabarkan di atas. Semoga tambah lagi ilmu pengetahuannya masalah perikanan. Semoga bermanfaat.
loading...
Disqus Comments