Cara Memilih Ikan Hias yang Baik untuk Dipelihara dan Kontes

- 2:56:00 AM
Cara Memilih Ikan Hias yang Baik infoikan.com Sudah tahu cara memilih ikan koi kecil? Atau ingin tahu cara memilih ikan koi yang berkualitas?

Siapa sih yang tak menginginkan punya peliharaan ikan hias cantik sehat lengkap pula anggota tubuhnya.

Jenis ikan inilah yang diinginkan oleh banyak orang. Mampu memberikan inspirasi dalam aquarium maupun ikan dalam aquascape yang membuat indahnya ruangan.

Mengapa harus cantik dan sehat? Terutama pada warnanya? Tak lain jika sobat melihat indahnya ikan koi, pasti warna ikan koi termahal akan memberikan pandangan.

Untuk itu, sobat harus tahu bagaimana cara memilih ikan hias yang baik berdasarkan kriteria dapat hidup lama serta dapat juga djadikan untuk kontes.

Cara Memilih Ikan Hias yang Baik


Cara Memilih Ikan Hias yang Baik


Berawal dari perjalanan melihat ikan cupang dan ikan koi yang kemaren baru saja dijadikan kontes, karena salah satu keberhasilan dalam kontes adalah dapat mengetahui motif ikan koi yang bagus itu seperti apa.

Bukan hanya ikan koi saja, namun dapat juga kita terapkan pada semua jenis ikan hias. Baik nama ikan hias harga termahal maupun jenis ikan hias dan harganya yang murah.

Yuk, kita lanjut untuk lebih tahu seperti apakah kriteria ikan hias yang baik itu?

Suatu rahasia jika terlalu lama disimpan pasti akan bocor, begitu juga dengan cara memilih ikan koi jantan dan betina yang saat ini sedang diperbincangkan dalam arena.

1. Lihat Pergerakan Ikan

Sebelum membeli ikan hias harga murah maupun harga mahal, perhatikan dulu pergerakannya.

Pilih yang aktif dalam berenang atau bergerak kesana kemari. Ciri ini merupakan yang mudah kita ketahui secara umum. 

Karena dengan pergerakannya tersebut, maka asumsi kita akan memberikan patokan bahwa ikan tersebut keadaan sehat.

2. Lihat Motif Warnanya

Warna ikan hias yang baik dan sehat biasanya mulus dan tidak terdapat bercak-bercak yang tidak sesuai kebiasaan. Mak secara normal sobat hindari jenis ikan yangdemikian.

Namun, jika bercak-bercak tersebut memang alami dari kecil ikan tumbuh, maka tidak mengapa jika kita pilih. Bertanya pada penjualnya akan lebih baik.

Hindari memilih warna ikan yang terlihat pucat, salah satu tanda atau indikasi ikan terkena penyakit stress adalah muncul warna pucat alias kurang segar dilihat.

Efek sampingnya, jika sudah sampai di rumah maka bisa dipastikan tidak akan berumur panjang.  

Begitu juga dengan warna ikan koi yang membawa hoki, sobat harus dapat menguasai dan teliti berdasarkan kriteria melihat waran pada umumnya ikan koi.

3. Lihat Juga Siripnya

Jika nomor satu dan dua sudah sobat temukan, jangan lupa untuk memeriksa lebih lanjut akan keadaan sirip yakni benar-benar utuh atau hilang salah satunya.

Sirip inilah salah satu yang dapat menimbulkan atau membawa bibit penyakit. Karena pada umumnya jika ikan saling kejar mengejar pasti akan terkena lukan pada bagian sirip.

Selain itu itu, sobat dapat memberi tahu penjual ikan hias tadi untuk tetap berhati-hati jika mengambil ikan dalam aquarium. Jangan sampai siripnya terkoyak.

Tips Merawat Ikan Hias yang Baik


Jika sudah sampai rumah, usahakan jangan langsung menaruhnya bersama atau dicampur dengan ikan lain dalam aquarium. 

Akan tetapi, masukkan saja bersama plastik tadi. Hal ini untuk menyesuaiakn dengan tempat baru terutama airnya. Merendam ikan bersama plastik merupakan cara terbaik merawat ikan dari perjalanan.

Kisaran 15 menit, kemudian bisa diangkat dan ikan dibiarkan berenang bersama ikan lain yang sesuai ukuran besar tubuhnya. Cara melepaskannya juga harus hati-hati atau pelan-pelan saja.

Hindari lagi untuk tidak mengatur dulu bebatuan maupun hiasan aquarium setelah ikan baru saja dimasukkan. Hal ini untuk menghindari timbulnya atau penyabab ikan stress.

Nah, dirasa itulah beberapa tips cara memilih ikan hias yang baik dan bagus sesuai kriteria untuk kontes maupun dipelihara sendiri agar hidup sehat lama tidak mudah mati dan berkualitas unggul.
iklan disini akhir artikel...
 

Start typing and press Enter to search