--> Skip to main content

Penggunaan Garam Ikan Hias Sesuai Takaran

Penggunaan Garam Ikan infoikan.com Sudah tahu jenis garam ikan untuk aquascape? Atau ingin tahu takaran garam ikan untuk arwana?

Siapa sih yangk tak mengenal garam, terutama ibu-ibu rumah tangga yang suka masak. Harga garam sangat murah dan dapat dijangkau semua kalangan.

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). wikipedia.org/pengertian-garam

Jenis garam sendiri beraneka macam, salah satunya dapat kita gunakan untuk ikan hias. Bagaimana cara menerapkan pada ikan hias di aquarium?

Berikut ini beberapa manfaat dan cara penggunaan garam ikan hias yang bisa Anda persiapkan untuk meminimalisir munculnya penyakit di aquarium.

Penggunaan Garam Ikan Hias

Penggunaan Garam Ikan Hias 


Param (Sodium Klorida) yang sudah sangat kita kenal adalah bahan kimia yang paling mudah didapatkan dan sangat murah. 


Pembuatanya pun dilakukan oleh orang-orang dengan teknologi sangat sederhana dipinggir-pinggir pantai dan bahkan ada dipedalaman daratan seperti di Beleduk, Jawa tengah.

Beberapa manfaat dan cara pengguanaan garam ikan hias dan jenis ikan konsumsi lainnya dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Penggunaan Garam Ikan disebabkan oleh Parasit

Perendaman ikan dalam air dengan kadar garam 2,0% sampai 5% selama beberapa jam pada kolam atau bak karantina yang disirkulasi dengan putaran (trun over) 1-2 kali per jam, sangat manjur dalam menggendalikan parasit yang menyerang tubuh ikan.

Yang tergolong parasit ikan hias antara lain adalah : 

  1. Gangguan fungsi insang karena Dactylogyrus;
  2. Serangan lernea semacam cacing yang menempel ditubuh ikan ; 
  3. kutu ikan Argulus ; bintik-bintik bening atau kecoklatan karena Placobdella sp atau Gyrodactylidiasis yang menyebabkan ikan merasa gatal-gatal dan mengosokan badanya kedinding/dasar kolam.


Setiap ikan memiliki ketahanan tubuh yang berbeda terhadap larutan garam, oleh karena itu sejak mulai perendaman harus selalu diperhatikan perubahan yang terjadi pada ikan.

Bila ikan tampak lemas, Melayamg-layang, segera pidahkan ke air non garam dan berikan aerasi penuh untuk pengembalian kesengaran.

2. kendali kolmnaris

Penambahan garam dalam kolam sangat efektif mencegah serangan bakteri fexibactercolumnaris, yang bila menginfeksi ikan akan muncul tanda putih di mulut koi seperti terserang jamur.

Perawatan secara rutin minimal sebulan sekali sangat baik bagi ikan koi kita, bahkan dalam cuaca panas seharian yang rata-rata diatas 300 C, perlakuan dapat dilakukan seminggu sekali.

Kadang tampak tanda yang lebih parah , yakni ada semacam luka di ingsang bila sudah demikian garam saja tak akan cukup. 

Segera beri pakan yang telah di campur dengan teramicin (1,5 gram per 20kg berat ikan )untuk 10 hari.

3. Manfaat garam untuk ikan - kendali jamur sprolegnia

Perawatan rutin dengan rutin dengan garam akan menghindarkan ikan dari berbagai jamur, termasuk saprolegnia yang tanda seranganya berupa munculnya serabut mirip kapas berwarna kehijauan.

Perendaman kedalam air dengan air garam 2-3% selama 15% hari sekali sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan telur saprolegnia.

Bila jamur sudah menyerang, maka perendaman lebih lama diperlukan. Anda bisa mendatangi tempat jual garam di toko terdekat yang menjual perlengkapan ikan hias.

4. Untuk Mengurangi keasaman hujan

Penurunan pH secara mendadak akan menyebabkan stress bagi ikan. Biasanya ikan tampak resah dan mencoba untuk lari kesana kemari, bahkan ada yang melompat - lompat.

Ketika kondisi semacam ini terlihat setelah air garam akan sangat mengurangi stress pada ikan. Bila keasaman air kolam meningkat maka penggunaan garam ikan hias berlanjut sampai 3 hari.

Pada kasus tertentu dimana tingkat keasaman tidak kunjung normal, maka diperlukan penambahan buffer untuk menurunkan keasaman, seperti hydrated time yang dapat diperoleh di toko ikan.

5. Pembersihan Kotoran Akibat Air Keruh 

Jika air menjadi keruh setelah hujan lebat terjadi atau syndrom pasca pembersihan filter chamber yang menyebab kan banyak padatan melayang-layang di kolam, penambahan garam akan membantu dalam pelepasan partikel-partikel yang melekat pada ingsang ikan.

6. Mengurangi Stress Saat Handling & Penyortiran

Pembilasan dengan air garam sesaat sebelum memilih, menyortir atau penaganan lainya, akan membantu ikan menjadi lebih tenang dan siap bila harus mendapat tekanan yang tak diduga seperti dikejar kejar jaring, diangkat, dibolak-balik, dll.

Garam akan membebaskan ingsan dari kelebihan air merangsang pelepasan amoiak dan nitrat dari dalam darah.

Ini terutama membantu menciptakan keseimbangan kadar darah dan jaringan tubuh lainya. Dimana beli garam ikan? Sobat dapat mencarinya di toko khusus penjual aksesoris untuk ikan hias saja.

7. Mengurangi Stres Pengangkutan ikan

Penggunaan garam ikan hias dalam bak pengangkutan adalah perlakuan umum untuk mengurangi stres perjalanan. Biasanya ini garam untuk ikan cupang untuk kontes.

Konsentrasi setinggi 0,8% dapat digunakan secara aman dalam kurun waktu yang agak lama, sesampai di-tempat tujuan, garam juga masihdiperlukan untuk kepentingan yang sama, mengurangi stress dan relak sasi bagi otot- otot tubuh ikan.

8. kendali problem ingsang

Salah satu masalah ikan di kolam adalah adanya sisa-sisa pakan (bila pemberian berlebihan) yang berakumulasi dan menjadi `tamu`asing di jaringan ingsang.

Kondisi semacam inilah yang sering mengundang problem kesehatan ingsang.

Pemberian garam secara rutin, sedikitnya semingu sekali akan membersihkan ingsang dan juga kulit tubuh dari kelebihan lendir yang berisi `tamu-tamu` asing dan partikel /organisme lain yang menempel.

9. Pertolongan Saat Kandumgan Oksingen Rendah 

Ketika ikan tampak megap-megap di permukaan air kolam karena oksigen rendah, pemberian garam 1-3% akan dengan cepat membebaskan stress dan bahkan mampu mengurangi resiko kematian

10. Penggunaan Garam Ikan Hias Oleh Alga


Garam akan menyatu di filamen alga yang licin dipingir-pingir kolam dan akan mengontrol pertumbuhan alga.

Tidak seperti perlakuan kimiawi garam dapat dengan aman digunakan tanpa dipengaruhi suhu kolam.

Dari beberapa manfaat garam untuk ikan, ada juga jenis ikan yang peka terhadap garam. Untuk itu, sobat dapat membedakannya.

Meskipun demikian, pengunaan garam ikan hias tidak dapat mengantikan peranan lain yang mesti kita perhatikan dalam pemeliharaan kolam seperti pembersihan filter, mengatur kepadatan ikan dalam kolam dan juga menghundari pemberian pakan berlebihan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar