May 9, 2017

Makanan Ikan Oscar untuk Segala Umur Sekaligus Warna

Makanan Ikan Oscar Infoikan.com Baik untuk oscar jantan maupun betina tercantik, dapat Anda pilihkan untuk beberapa daftar makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan sekaligus untuk tumbuh warna mulai dari bintik-bintik seperti batik. Hal ini oscar termasuk ikan hias yang mudah dipelihara

Jenis makanan hidup untuk oscar dapat dengan mudah didapatkan hanya dengan usaha mencari disekitar kita. Yang mana sudah dilakukan para petani budidaya ikan oscar ini, dari benih hingga tumbuh dewasa. Cari tau dulu makanan oscar untuk warna sekaligus makanan oscar agar cepat tumbuh. Berikut ini beberapa macam makanan ikan oscar yang dapat Anda cari dan beli.


Jenis Makanan Ikan Oscar untuk Segala Umur yang Baik untuk Pertumbuhan maupun Warna

Makanan ikan Oscar dapat berupa makanan hidup maupun pakan mati. Makanan ikan dari Amerikan Selatan ini bermacam-macam disesuaikan dengan stadia hidupnya. Makanan benih tentunya yang berukuran kecil agar bisa masuk ke mulutnya dan mudah dicerna. 

Sedangkan Oscar yang berukuran agak besar, meskipun boleh diberikan makanan berukuran kecil, namun sebaiknya dipilihkan jenis makanan yang berukuran besar untuk menghemat waktu dan tenaga.

Makanan yang diberikan Oscar harus banyak mengandung protein, karena makanan ini selain dibutuhkan untuk menjaga kondisi badannya untuk bekal pertumbuhannya dan untuk mempengaruhi perkembangan warna badaannya.

Bila makanan yang diberikan asal-asalan, baik jenis maupun jumlahnya, alamat Oscar akan cepat tumbuh dengan warna kusam dan warna batik merah yang bisa kita harapkan tidak muncul.

Berikut ini diuraikan jenis-jenis makanan ikan Oscar berdasarkan kelompoknya.
 

Jenis Makanan Hidup untuk Ikan Oscar
Yang dimaksudkan disini adalah jenis makanan yang diberikan untuk ikan Oscar dalam keadaan hidup. Kelebihan makanan hidup ikan oscar antara lain:
 

- Bila kelebihan tidak akan busuk sehingga kualitas air akan terjaga baik.
- Jenis makanan ikan Oscar hidup juga akan memberikan rangsangan bagi Oscar untuk menyantapnya, karena ia akan terasa ditantang untuk memburu mangsanya. 
- Makanan hidup yang diberikan pada Oscar ini selain berasal dari dalam air, biasanya juga dari hewan luar air seperti, serangga dan kelabang.

Makanan Ikan Oscar - Kutu Air
Sebangsa udang renik yang memegang peranan penting bagi keselamatan benih pada masa kritis adalah kutu air. Karena hanya dengan makanan yang berukuran kecil inilah, untuk pertama kali benih Oscar yang telah habis kuning telurnya mampu mengambil makanannya.


Udang renik ini berasal dari kelompok cladocera. Meski banyak jenis yang bernaung di bawah cladocera ini, namun yang sering hadir sebagai makanan ikan Oscar adalah daphnia dan moina sp.

Daphnia dan moina ini sering ditemukan pada perairan yang kandungan air bahan organiknya tinggi. Makanan ikan Oscar yang utama terdiri dari tumbuhan renik dan detritus. Dengan bentuk badannya yang unik pipih dengan kantung telur terletak di punggungnya, mereka membuat arus buatan dengan gerakan kakinya untuk menyeret makanan ke arahnya.

Ia cukup membuka mulutnya lebar-lebar dan tanpa tantangan makanan tersebut akan memenuhi perutnya. 

Kutu air ini sebenarnya banyak terdapat pada kolam atau waduk pengendali banjir yang subur, dan dapat ditangkap tanpa kesulitan. Pada comberan pun sering ditemukan kutu air ini.

Namun, bila kita sulit menemukan di alam kita bisa mengkulturnya (budidaya kutu air tanpa bibit) dalam bak kolam atau bak semen. Yang pasti, untuk memikatnya agar mau dan mampu berkembangbiak, media kultur harus dipersiapkan agar tumbuh makanan yang disukainya.

Untuk merangsang makanan yang disukainya, bak atau kolam harus dipupuk dengan pupuk organic atau anorganik. Pupuk organic yang dipakai biasanya pupuk kandang dengan dosisi 1 kg/m2 luas kolam atau bak.

Sedangkan pupuk buatan organik yang dipakai UREA atau TSP masing-masing 1,5 g/m2. Pupuk ditebarkan setelah bak atau kolam dijemur. Bak cukup dijemur 1 hari, sedangkan untuk kolam tanah paling tidak 3 hari. Kemudian air dimasukkan setinggi 50 cm.

Air boleh dari sumur atau sungai. Bila air dari sungai telah mengandung bibit kutu air, biasanya tanpa ditebarkan benih pun akan langsung meghasilkan kutu air dalam beberapa hari. 

Bila air sungai juga air sumur mandul, maka pada hari ke-3 harus ditebarkan kutu air. Dipilihnya hari ke-3 kerana sebagian pupuk ditebar sudah terurai, dan bisa dijadikan makanan udang renik ini.

Pada hari ke-7 kutu air sudah bisa di panen. 

Untuk menjaga makanan yang terus-menerus maka harus dilakukan pemupukan ulang setiap minggu sekali dengan dosis pupuk yang sama. Hanya saja pemupukan ulang dilakukan dengan menempatkan pupuk masih dalam tempatnya.

Dengan membuat lubang pada beberapa bagian diharapkan pupuk terurai dalam karung, namun hasil penguraian bisa menerobos keluar. Dengan demikian, maka pembongkaran pupuk yang menghasilkan energy dan amoniak tidak menggganggu kelangsungan hidup kutu air.

Dan kutu air dapat dipanen setiap pagi dengan serokaan halus selama 2 bulan berturut-turut.

Makanan Ikan Oscar - Cacing Sutera
Cacing sutera banyak diburu orang pada sungai yang mengalir tenang dan kaya akan bahan organic. 


Cacing ini berdiam di dasar sungai, bercampur dengan sampah organik dan lumpur lunak secara bergerombol. Mereka banyak diburu orang karena laku dijual sebagai makanan ikan hias. 

Cacing sutera sudah lama terbukti sebagai makanan yang sangat disukai ikan hias, selain terkenal juga untuk membongsorkan ikan dalam waktu singkat. Selain ditemukan di sungai, selokan kecil peternakan ayam, atau pun pasar.

Dengan kandungan lemaknya yang tinggi, cacing ini hanya pantas diberikan pada benih, untuk melengkapi makanannya disamping kutu air. Sedangkan untuk induk ikan Oscar kurang baik, kerana bisa menyebabkan telur terhambat oleh lemak.

Untuk pemeliharaan benih oskar sebaiknya pemberian cacing kadang-kadang saja, karena di khawatirkan akan menghambat perkembangan warna oskar. Tentang kekhawatiran ini perlu di lakukan uji coba lebih mendalam, karena masih besifat dugaan. 

Bila mengkultur cacing ini di anggap menguntungkan, dapat diikuti petunjuk berikut ini. Sediakan bak dari semen berbentuk memanjang yang mudah di airi dan di keluarkan airnya. 

Lapisilah dasar bak dengan lumpur halus setebal 5-10 cm. bisa juga dipakai lumpur bekas media hidup aslinya. Lapisan lumpur ini dicampurkan pupuk kandang kotoran ayam sebanyak 50 kg luas bak.
 

Kemudian mesukan bibit cacing sutra ini, di sebarkan di beberapa tempat. 2 hari kemudian akan terlihat cacing-cacing lembut ini menari-nari di tempat dengan lincahnya. Jangan lupa mengalirkan air pelan-pelan secara rutin untk memberi kesegaran bagi cacing sutra. 

Aliran air ini juga di masukan untuk menyediakan oksigen sekaligus membuang kotoran yang merugikan. 

Untuk menjaga kesejukan ini pula, di atas bak diberi peneduh dengan daun pisan beserta pelepahnya, maupun seng plastic. Cacing dipanen setelah bertambah banyak dengan menggunakan tangan. 

Makanan Ikan Oscar - Jentik-jentik nyamuk
Seperti setelah di singgung di atas untuk memberi makan benih yang semakin hari bertambah besar tidak cukup hanya dengan kutu air atau cacing. 


Makanan yang di anggap bisa memenuhi kebutuhan benih yang dengan mudah di dapat barang kali jentik-jentik nyamuk (cuk). Nyamuk yang aslinya bukan warga air itu, larvanya dapat di manfaatkan sebagai pakan hidup ikan hias. 

Jentik-jentik nyamuk sering di temukan pada pecomberan, selokan,kolam,rawa,dan genangan air lainnya. Meskipun semua larva nyamuk dapat di pakai untuk umpan ikan, namun yang kita harapkan dan coba kultur yang nantinya dari nyamuk jenis biasa (culex). 

Jentik-jentik nyamuk mampu hidup dalam air tergenang dan kotor karena ia mampu mengambil oksigen dari udara langsung dengan alat yang bernama trache. 

Keltur nyamuk ini akan cepat berhasil bila lokasinya dekat dengan sumber nyamuk sendiri, misalnya selokan,comberan. Untuk menjaga kesinambungan produksi maka setelah populasinyaa menurun media kultur bisa di perbaruhi lagi. 

Sebagian orang menambahkan peepah pisang yang di cacah atau air cucian beras untuk memikat nyamuk. Jentik-jentik nyamuk ini sebaiknya di cuci dulu sebelum di berikan ikan hias oskar. 

Makanan Ikan Oscar





Makanan Ikan Oscar - Ikan Seribu
Ikan seribu (Lebistes Reticulatus) dapat diberikan sebagai makanan ikan Oscar muda atau induk Oscar. Ikan berukuran mini yang semula ditebarkan sebagai pengendali nyamuk (yang ternyata malah merepotkan dengan pertumbuhannya yang super pesat) ini sering ditemukan banyak disungai atau di selokan.


Perkembangannya yang sangat besar dari ikan yang oleh sebagian orang dianggap hama competitor ini barang kali disebabkan oleh sifat reproduksinya yang beranak. Benih-benih muda keluar dari badan induknya sebagai individu yang sudah mampu berenang.

Dengan menggunakan serokan yang bermulut lebar, kawasan ikan seribu bisa kita tangkap. Sebelum diberikan pada ikan Oscar sebaiknya dicuci dulu dalam ember atau akuarium yang tidak dipakai. 

Pemberian makan Oscar dengan ikan seribu memang tidak perlu ritun, Karena diduga pengaruhnya terhadap perkembangan warna badan Oscar kurang.

Makanan Ikan Oscar
sumber gambra: id.wikipedia.oeg


Makanan Ikan Oscar – Mas Koki
Dalam melakukan budidaya mas koki (Carassius Auratus) sering didapati benih-benih yang below standart (BS). Benih-benih ini bila dipelihara hanya akan menghabiskan makanan saja, sedang harga jualnya rendah.


Oleh para peternak Oscar biasnaya mereka dipilih untuk umpan ikan Oscar. Barang kali itu pilihan yang tepat karena saying bila dibuang begitu saja atau diberikan pada orang secara gratis.

Hitung-hitung sambil menjaga mas koki yang diternakkannya, karena mustahil bila dicmpur bakal menghasilkan mas koki yang tidak ketahuan lagi jungtrungnya.

Mas koki yang dianggap below standar misalnya, mas koki mutiara yang berbentuk panjang tidak bulat bulat montok, redcap yang tidak keluar merah dikepalanya, atau semua strain yang sirip ekornya hanya muncul 2 saja.

Yang bagus berkecabang 4. Makanan ini hanya cocok untuk induk Oscar.

Makanan Ikan Oscar - Platy Koral
Ikan hias platy koral (Eyphophorus, Macolatus). Jauh beda dengan mas koki, sering terdapat benih yang below standar. Ikan hias beranak yang gampang sekali dikawinkan ini sering manghasilkan keturunan yang jauh dari harapan. 


Induk platy yang berwarna merah dan berwarna buntek sering menghasilkan anak yang berbentuk panjang dengan warna yang tidak cerah. Anaka-anak palty yang demikian ini harus segera disingkirkan karena akan membuang makanan percuma, dan menghabiskan lahan bak.

Meskipun ukuran platy koral tidak seberapa, namun dalam jumlah yang tidak sedikit dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan makan Oscar muda. Dengan bentuk mulutnya yang lumayan lebar, maka dengan sekali sambar platy bakal lenyap.

Makanan Ikan Oscar - Ikan Mujahir
Ikan mujahir yang kecil-kecil sudah gemar kawin dan meghasilkan keturunan ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan ikan Oscar. Postur badannya yang memang tidak mampu tubuh besar. 


Pada umur 4 bulan mereka bisa dikawikan dalam kolam tanah yang tida berapa luas. Pada dasar kolam sebaiknya dibuat berlumpur karena ia mempunyai kebiasaan menggali lubang untuk tempat percumbuan.

Dalam beberapa minggu benih-benih ini dapat ditemukan dalam air dan bisa dipanen.

Ikan-ikan yang berukuran kecil sejari atau dua jari bisa diberikan pada induk ikan Oscar. Namun bila dipertimangkan, lebih baik yang berukuran besar tetap menjadi induk, sedangkan yang di umpankan sebagai makanan Oscar hanya anak ikan mujahir saja.

Makanan Hidup Ikan Oscar – Udang Rebon
Jenis makanan hidup untuk ikan Oscar untuk warna baik remaja maupun induk yang paling top adalah udang.


Udang ini selain akan memberikan pertumbuhan yang pesat juga akan menumbuhkan dan merangsang munculnya bintik-bintik warna merah pada sisi badannya. 

Tak syak lagi inilah makanan inilah yang banyak dicari para petani untuk menaikkan derajat Oscar agar memperoleh harga yang tinggi.

Udang ini banyak ditemukan pada sungai-sungai maupun kolam-kolam peliharaan ikan konsumsi. Cara menangkapnya cukup dengan serokan yang berbingkai bamboo dan bermulut lumayan lebar.

Pada pinggiran sungai biasanya udang ini menempel pada batu, dan pada saluran air menempel pada dinding, juga dipinggiran pematang kolam dapat dengan mudah kita temukan udang-udang yang bergerak riang ini.

Dengan mencucinya terlebih dulu, kemudian udang-udang tersebut dimasukkan ke dalam kolam Oscar pun akan senang.

Makanan Ikan Oscar
refic.wordpress.com


Jenis Makanan Ikan Oscar – Pelet (Tambahan)

Selain makanan ikan Oscar berupa pakan hidup, Oscar juga terkenal sebagai ikan yang rakus menyantap makanan mati. Ikan yang mati, namun masih segar dapat diberikan pada biang Oscar secara utuh maupun dipotong-potong. 

Para petani sering memanfaatkan benih-benih ikan hias maupun ikan lele yang mati bukan karena serangan penyakit untuk memberi makan Oscar yang menigkat dan bertumbuh dewasa.

Namun, para petani budidaya ikan Oscar menyadari bahwa ikan yang mati ini hanya untuk mengenyangkan perut Oscar dan tidak membawa pengaruh baik bagi pertumbuhan warnanya.

Oleh karenanya, makanan tersebut hanya bersifat sebagai tambahan. 

Lain halnya dengan udang kali, meskipun sudah mati namun sudah cukup untuk memberikan warna cerah pada badan Oscar jika diberikan secara rutin dan cukup. Oleh karenanya tidak jarang udang segar ini disimpan dalam almari pendingin agar tahan lama, menunggu giliran diumpankan pada Oscar.

Udang rebon yang banyak didapatkan di pinggir pantai atau tambak pun sering dibawa ke darat untuk diberikan pada Oscar.

Lain lagi dengan kebiasaan para aquaris mancanegara, yang tidak jarang memberikan potongan hati sapi mentah pada hewan peliharaannya. Hati ini dipotong-potong sesuai dengan mulut Oscar. Dan Oscar pun dengan senang akan menyantapnya. 

Makanan Ikan Oscar


Demikian inilah beberapa jenis makanan ikan Oscar agar cepat besar dan warna. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara ikan hias Oscar ini.